Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
5 Oleh-oleh Khas Pekanbaru yang Paling Dicari!
14 November 2018
oleh oleh pekanbaru

Mengunjungi suatu kota atau daerah terutama Pekanbaru rasanya tak lengkap jika tak membawa pulang ciri khas berbentuk oleh-oleh dari kota Pekanbaru. Membeli oleh-oleh seakan suatu kewajiban karena setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khasnya masing-masing. Begitupun dengan Kota Pekanbaru Riau yang memiliki oleh-oleh Khas yang unik, pastinya membuat Sahabat ketagihan untuk membelinya. Nah, sudah penasaran apa saja oleh-oleh khas Pekanbaru? Yuk, simak informasi tentang apa saja oleh-oleh khas pekanbaru.

1. Kacang Pukul

Yang pertama ada kacang pukul, sekilas kacang pukul ini mirip seperti camilan ting-ting khas Jawa. Namun, kacang pukul khas Pekanbaru ini memiliki tekstur yang  cenderung lebih padat dan rasanya lebih manis daripada ting-ting. Untuk proses pembuatan kacang pukul juga cukup sederhana loh, Sahabat. Cukup mencampurkan kacang tanah dan gula lalu di aduk hingga tercampur rata dan kemudian tinggal dibentuk sedemikian rupa sesuai dengan yang diminta. Sangat mudah bukan?

Awalnya oleh-oleh satu ini berkembang di wilayah Rokan Hilir, Bagan Siapi-api. Warga Tionghoa biasanya membuat kacang pukul ini sebagai camilan manis dikala bersantai. Kemudian mulai banyak orang yang suka dengan camilan manis ini dan akhirnya menjadi oleh-oleh Khas Pekanbaru yang diminati oleh banyak wisatawan asing yang berkunjung ke Pekanbaru. Sahabat bisa mendapatkan kacang pukul dengan mudah karena banyak dijual di pusat oleh-oleh Pekanbaru. Harga kacang pukul juga sangat terjangkau dijual mulai Rp 25.000 per kotaknya. 

2. Batik Corak Riau

Oleh-oleh khas Pekanbaru yang juga tidak kalah populernya dengan kacang pukul yaitu Batik Corak Riau. Kalau Sahabat pergi ke Pekanbaru yang tidak boleh ketinggalan untuk di jadikan oleh-oleh adalah Batik Corak Riau ini. Batik ini berbeda dengan batik Jawa pada umumnya yang tidak terikat pakem motif, untuk motifnya sendiri Batik Corak Riau ini biasanya terinspirasi dari hewan dan tumbuhan. Beberapa motif batik Riau di antaranya bunga tanjung, bunga cempaka, bunga kesumbi, hingga bunga matahari kaluk berlapis.

Jika Sahabat sedang berlibur ke Pekanbaru dan ingin membeli batik ini, toko yang menjual batik corak Riau salah satunya berada di Jalan Durian No 21A, Simpang Empat Pemancar TVRI Riau, Pekanbaru. Harganya sendiri cukup beragam, tergantung dari kualitas bahan dan corak batik. Bagi penggemar batik jangan sampai ketinggalan ya Batik Corak Riau untuk di bawa pulang.

3. Lopek Bugi

Selanjutnya nih Sahabat, oleh-oleh khas Pekanbaru yang gak kalah unik yaitu Lopek Bugi. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, lopek berarti lepat sedangkan bugi adalah ketan. Jadi, lopek bugi adalah kue lepat ketan dengan cita rasa manis. Konon menurut cerita, lopek bugi ini hanya menjadi hidangan para bangsawan dan dikonsumsi saat hari keagamaan saja. Namun, seiring berjalannya waktu, lopek bugi menjadi hidangan semua masyarakat yang ada di Pekanbaru.

Mendapatkan lopek bugi cukup mudah, Sahabat bisa menemukan penjual di pusat oleh-oleh sepanjang jalan Pekanbaru - Bangkinang. Bahkan di Desa Danau Bingkuang, yang sekitar 1 jam dari pusat kota Pekanbaru, hampir seluruh penduduknya berprofesi sebagai penjual lopek bugi. Sahabat juga tidak perlu mengeluarkan dana yang besar untuk membeli lopek bugi, karena di Pekanbaru Sahabat bisa mendapatkan lopek bugi hanya dengan Rp 10.000 per kotak. Sangat terjangkau bukan?

4. Lempuk Durian

Oleh-oleh selanjutnya dari Pekanbaru yaitu lempuk durian. Lempuk durian merupakan makanan khas Riau yang berasal dari daerah Bengkalis. Secara tampilan maupun tekstur, lempuk durian sepintas mirip dengan dodol manis. Tetapi mempunyai perbedaan lo antara lempuk durian dan dodol manis, jika dodol bahan bakunya terdiri dari campuran ketan dan tepung, maka berbeda dengan lempuk. Lempuk diolah tanpa menggunakan bahan tambahan tersebut.

Lempuk durian ini dibuat menggunakan daging durian asli dan ditambahkan dengan gula. Rasa dan aroma lempuk durian yang sangat khas dan tidak ada duanya ini wajib Sahabat Daihatsu coba. Untuk mencoba lempuk durian Sahabat bisa dapatkan di sentra oleh-oleh Riau. Sahabat hanya perlu menyiapkan uang mulai dari Rp 25.000 untuk bisa menikmati kelezatan dari lempuk durian. Sangat terjangkau sekali kan Sahabat?

5. Bolu Kemojo

Satu hal yang menjadi ciri khas dari bolu kemojo, yakni aroma pandannya yang menggugah selera ketika pertama kali memakannya. Tekstur dari kue bolu ini lebih kasar dan memiliki warna hijau yang khas serta diberi campuran santan. Dulu bolu kemejo ini dibuat menggunakan cetakan bermotif bunga kamboa untuk acara hajatan warga. Dan sekarang makanan yang satu ini menjadi salah satu oleh-oleh favorit Riau dengan berbagai varian rasa mulai coklat, pandan hingga durian.

Sahabat bisa dapatkan Bolu kemojo yang terkenal di Riau adalah di Bolu Kemojo Al-Mahdi. Bolu kemejo Al-Mahdi ini memiliki lokasi yang berada di Jl. Rajawali No. 72 D, Sukajadi, Pekanbaru. Harganya juga sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 20.000. 

Nah, bagaimana Sahabat tertarik bukan untuk berkunjung ke Pekanbaru dan membawa oleh-oleh tersebut? Jika Sahabat berencana untuk berlibur ke Pekanbaru jangan lupa memastikan dan menyiapkan bujet untuk membeli oleh-oleh khas Pekanbaru tersebut ya, Sahabat. Jangan sampai ada yang terlewatkan. Dan juga saat Sahabat berlibur ke Pekanbaru menggunakan Grand New Xenia jangan lupa memanfaatkan fitur-fitur baru yang canggih sehingga bisa membuat liburan Sahabat jadi lebih menyenangkan. 

Baca juga : Selain Batik! Ini 5 Oleh-oleh Khas Pekalongan Ini Tak Kalah Menarik

Tips Sahabat Lainnya
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku