TIPS SAHABAT
Info Tips Otomotif Dan Motivasi Untuk Sahabat

Tips Sahabat
Anak Perempuan Juga Bisa Ikut Melakukan 10 Permainan Anak Laki-Laki Ini


Masa anak-anak merupakan salah satu masa yang paling menyenangkan dalam kehidupan manusia. Hal tersebut dikarenakan masih sedikitnya tanggung jawab yang perlu dipikirkan. Anak-anak menjadi bebas melakukan eksplorasi untuk mengembangkan minat dan bakatnya. Salah satu cara yang biasa dilakukan adalah dengan melakukan permainan bersama dengan teman-teman. Sepuluh permainan anak laki-laki yang akan dijelaskan di bawah ini juga bisa dilakukan dengan anak perempuan yang lain.

 

Apalagi bila anak perempuan yang terkenal lebih suka melakukan kegiatan yang lemah lembut, justru lebih senang mengerjakan hal yang menantang. Sepuluh permainan anak laki-laki bukanlah suatu larangan yang harus dihindari, bukan? Berikut ini 10 permainan anak laki-laki tradisional yang bisa dilakukan bersama dengan anak perempuan yang lain.

Petak Umpet

Permainan pertama yang cukup seru untuk dimainkan bersama dengan teman yang lain adalah petak umpet. Jenis permainan ini akan melatih kecerdikan dan kegesitan yang dimiliki oleh anak-anak. Cara bermainnya pun cukup sederhana. Di antara sekumpulan anak-anak, diputuskan satu orang yang akan menjadi penjaga. Sisa orang yang tidak berjaga, nantinya akan bersembunyi atau biasa disebut dengan ngumpet. Setelah ada keputusan, orang yang ditunjuk untuk berjaga akan menutup mata dan menghitung, biasanya angka 1 sampai 10. Menghitung angka sembari menutup mata digunakan oleh orang lain untuk bersembunyi. Setelah selesai menghitung, si penjaga akan mencari orang-orang yang bersembunyi.

Layangan

Kata siapa bermain layangan hanya untuk anak laki-laki? Permainan ini juga bisa dimainkan oleh anak perempuan, lho. Apalagi bila permainannya diawali dengan membuat sendiri layangan yang akan diterbangkan. Kreativitas anak-anak akan dilatih dengan sering membuat layang-layang. Semakin memiliki kreativitas, tentu saja akan semakin baik untuk tumbuh dan kembang anak. Anak-anak bisa memilih dan mengumpulkan sendiri keperluan yang dibutuhkan. Dalam permainan ini, tentu saja membutuhkan pengawasan dari orang tua karena selama proses pembuatan layangan membutuhkan beberapa benda tajam, sehingga bila tidak diberi pengawasan, dikhawatirkan anak-anak bisa terluka.

Congklak

Bila cuaca sedang tidak bersahabat sehingga anak-anak tidak bisa bermain di luar rumah, bukan berarti tidak ada kegiatan yang bisa dilakukan. Anak-anak bisa bermain congklak. Permainan ini merupakan salah satu permainan yang baik untuk dilakukan karena akan melatih kesabaran dan perencanaan yang baik. Untuk melakukan permainan ini, dibutuhkan sebuah papan panjang dengan bentuk oval dan terdapat beberapa lubang. Selain itu, dibutuhkan pula kelereng atau batu kecil yang nantinya diletakkan di masing-masing lubang. Nantinya, ada dua anak yang bermain dengan cara bergantian.

Lompat Tali

Siapa yang tidak mengenal lompat tali? Permainan ini merupakan salah satu permainan yang sangat baik untuk sering dilakukan karena akan melatih kekuatan fisik anak-anak. Bermain lompat tali akan melatih kelenturan badan. Selain itu, permainan ini juga akan merangsang pertumbuhan badan anak-anak sehingga badan bisa menjadi lebih tinggi. Permainannya pun bisa dilakukan dengan banyak orang. Pertama, siapkan dulu alat yang akan digunakan untuk bermain. Biasanya, tali juga bisa dibuat menggunakan karet gelang. Nantinya karet gelang yang sudah disiapkan akan dianyam sedemikian rupa. Panjang tali juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Setelah tali selesai dibuat, tentukan dua orang yang akan menjadi pemegang dan sisanya akan melakukan lompatan. Tinggi tali dimulai dari yang terendah dulu. Nantinya secara bertahap tali akan dibuat menjadi lebih tinggi.

Gasing

Gasing merupakan salah satu permainan andalan yang selalu menyenangkan untuk dilakukan. Ada banyak sekali varian gasing yang bisa dipakai untuk bermain. Dulu, anak-anak akan membuat sendiri gasing yang akan digunakan. Mereka menggunakan bahan-bahan seperti benang yang biasanya digunakan untuk menjahit sepatu dan kayu. Cara bermainnya pun cukup mudah, yaitu dengan melemparkan gasing ke lantai secara bersamaan bersama dengan teman-teman. Nantinya, gasing dengan putaran paling lama yang akan menjadi pemenangnya. Untuk mendapat putaran gasing yang cukup lama, dibutuhkan sedikit teknik dan latihan.

Egrang

Permainan luar ruangan lainnya yang bisa dilakukan oleh anak-anak adalah permainan egrang. Untuk memainkan hal ini, anak-anak perlu menggunakan tongkat yang lebih panjang dari tinggi badan. Sekitar setengah meter dari bagian bawah tongkat, diberi pijakan yang digunakan untuk meletakkan kaki. Biasanya anak-anak perlu melakukan latihan terlebih dahulu untuk menggunakan egrang. Hal tersebut karena memakai egrang bukanlah hal yang mudah. Namun, bukan tidak mungkin permainan ini sukar untuk dilakukan. hal pentingnya adalah anak-anak menjadi tidak mudah menyerah dan melatih keseimbangan juga. Nantinya setelah anak-anak bisa memakai, akan diadakan lomba balap egrang yang sangat menyenangkan untuk dilakukan.

Ular Naga

Permainan tradisional ini sangat menyenangkan bila dilakukan oleh banyak orang. Cara bermainnya pun sangat mudah. Pertama, tentukan lebih dulu dua orang yang akan menjadi gerbang. Dua orang yang telah ditentukan nantinya akan menangkupkan kedua tangan bersama di atas. Sisa anak yang tidak terpilih akan membentuk barisan yang mengular. Permainan dimulai ketika lagu dinyanyikan. Ketika lagu berhenti, nanti akan ada satu orang yang terperangkap. Orang yang terperangkap akan mengikuti salah satu dari orang yang menjadi gerbang. Begitu terus sampai orang yang berbaris habis.

Kelereng

Permainan ini menjadi salah satu permainan yang diminati oleh anak laki-laki. Pertama, anak-anak yang akan bermain kelereng diwajibkan untuk mengumpulkan sejumlah kelereng dan diletakkan di kotak yang dibatasi oleh garis atau kapur di tanah. Setelah itu, dari jarak yang ditentukan, masing-masing orang akan berusaha untuk mengeluarkan kelereng yang ada di kotak menggunakan kelereng yang digunakan menjadi andalan. Kelereng yang berhasil dikeluarkan akan menjadi hak anak yang mengeluarkannya.

Benteng

Permainan benteng ini merupakan permainan anak laki laki yang mendidik. Permainan ini membutuhkan gerak aktif yang dimiliki anak-anak. Pertama, akan dibagi menjadi dua kelompok yang terdiri dari beberapa anak. Setelah itu, masing-masing kelompok akan berusaha untuk merebut markas kelompok lawan. Bila ada anggota kelompok lawan yang tersentuh, maka anggota tersebut tidak boleh bergerak dan berada di dekat markas. Untuk menyelamatkan teman satu kelompok, anggota dari kelompok yang sama perlu menyentuh kembali anggota tersebut. Dalam model permainan anak laki laki terbaru saat ini yang serba gawai, benteng ini seperti game Mobile Legend.

Dolip-dolipan

Permainan ini juga membutuhkan ketahanan fisik anak-anak. Awalnya, ada satu anak yang bertugas sebagai penjaga. Tugas penjaga adalah untuk menyentuh anak lain sehingga yang tersentuh berubah menjadi penjaga. Dalam proses kejar-mengejar, anak yang tidak bertugas sebagai penjaga bisa mengatakan “dolip” dan harus berhenti sehingga penjaga tidak bisa menyentuh. Untuk kembali bergerak, orang tersebut perlu disentuh oleh teman yang lain.

Itulah beberapa permainan yang bisa dilakukan oleh anak-anak. Masih banyak jenis permainan anak laki laki lainnya seperti balapan, tembak-tembakan, dan sebagainya. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, permainan tersebut tetap perlu mendapat pengawasan dari orang tua sehingga tidak ada anak yang terluka atau hal yang tidak diinginkan lainnya. Maka selalu jaga buah hati anda dan jangan lupa untuk selalu sesekali mengecek segala mainan yang digunakan ya.


Baca juga : 10 Permainan Anak-anak Indonesia yang Populer Sebelum Adanya Gadget

2019-08-16 11:01:44