Press Release

Daihatsu Sahabatku: Empowering UMKM Indonesia

empowering UMKM Indonesia

Jakarta, 12 Januari 2021 - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau yang biasa disebut dengan UMKM merupakan salah satu sektor yang paling terdampak dari adanya pandemi Covid-19 ini. Berdasarkan data BPS tahun 2020, jumlah UMKM di Indonesia mencapai 64 juta, dimana sektor ini masih menjadi pilar utama yang menggerakan roda perekonomian di Indonesia. Dengan mangsa pasar yang begitu luas dan perannya sebagai tonggak utama ekonomi negara kita, bisa dibilang jika UMKM adalah sektor penting yang harus didukung penuh selama masa pandemi. Daihatsu menginisiasi sebuah gerakan yang bisa membantu para pelaku UMKM untuk tetap eksis di tengah ketidakpastian dengan kembali menggelar program yang bisa diikuti oleh pemilik UMKM di seluruh Indonesia.

Daihatsu bertekad untuk membantu seluruh pelaku UMKM di Indonesia melalui tantangan dengan tema "Dari Untuk Sahabat: Empowering UMKM Indonesia" yang kali ini bekerja sama dengan UKM Indonesia (@ukmindonesia.id). Nama terakhir merupakan sebuah platform yang menyediakan informasi lengkap tentang perizinan usaha di Indonesia, khususnya bagi pelaku UKM dengan mendorong adanya transparansi informasi perizinan. Selain itu, UKM Indonesia juga merupakan portal bagi para pelaku UKM untuk mengembangkan usaha, mencari informasi, dan juga sebagai sarana untuk mempromosikan produk. 

Kolaborasi ini mengharuskan setiap pelaku UMKM yang ingin turut mengikuti challenge "Dari Untuk Sahabat: Empowering UMKM Indonesia" menggunakan media instagram untuk berpartisipasi. Setiap peserta yang ingin mengikuti program tersebut tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Namun, ada beberapa persyaratan yang perlu diperhatikan sebelum turut serta dalam program ini. Syarat dan Ketentuan yang pertama adalah pelaku UKM harus memiliki akun Instagram aktif dengan profil jenis usaha atau bidang jasa yang ditawarkan. Akun instagram tersebut harus sudah follow instagram resmi dari Daihatsu di jenama @daihatsuind

Untuk bisa mengikutinya, setiap peserta bebas dalam berkreasi dengan membuat video kreatif dengan konsep story telling. Video tersebut harus menceritakan kegiatan atau produk UMKM yang ditawarkan. Akun instagram peserta pun harus memiliki follower dengan jumlah minimal 10.000 pengikut. Sedangkan unit usaha UMKM sudah berdiri setidaknya 3 bulan per tahun Januari 2021. Jangan lupa untuk mention dan tag akun instagram resmi Daihatsu dan menyertakan hashtag #DariUntukSahabat #DaihatsuSahabatku. Pastikan bahwa dalam video story telling tersebut tidak menyebut atau menampilkan brand otomotif lain selain Daihatsu, baik pada foto ataupun caption. Dan jangan lupa untuk membuat profil Instagram bisa diakses untuk umum (tidak private). Dalam challenge ini, Daihatsu Indonesia bekerja sama dengan UKM Indonesia untuk memilih UMKM terbaik yang berhak untuk mendapatkan hadiah.

Daihatsu Indonesia dan UKM Indonesia akan memberikan total hadiah puluhan juta Rupiah untuk 5 UMKM Terpilih. Tak hanya itu saja, setiap pemenang juga berhak untuk mendapatkan hadiah tambahan dari Daihatsu Indonesia. Hadiah tersebut berupa support 5 unit mobil Daihatsu GranMax selama 1 bulan secara gratis! Para peserta yang kurang beruntung pun tidak perlu kecewa karena berkesempatan untuk mendapatkan promosi gratis melalui akun instagram @daihatsuind yang memiliki lebih dari 421.000 followers aktif. Menarik, kan? Kapan lagi bisa berkesempatan untuk mendapatkan hadiah uang tunai plus support gratis dari Daihatsu dengan bonus promosi usaha gratis di akun resmi Daihatsu.

Program ini diselenggarakan selama periode 20 Desember 2020 hingga 24 Januari 2021 berkat kerjasama Daihatsu dan UKM Indonesia yang bertekad untuk memberdayakan para pelaku UMKM di pelosok negeri.

Others Press Release
DXIC Gelar Munas dan Kopdarnas 2025, Perkuat Soliditas Komunitas Xenia
DXIC Gelar Munas dan Kopdarnas 2025, Perkuat Soliditas Komunitas Xenia
Komunitas pengguna Daihatsu Xenia terbesar di Indonesia, Daihatsu Xenia Indonesia Club (DXIC), sukses menyelenggarakan Musyawarah Nasional (Munas) ke-4 bersamaan dengan Kopdar Nasional (Kopdarnas) di Horison Resort Pondok Layung, Anyer, Banten. Acara ini dihadiri sekitar 60 anggota beserta keluarga, dengan peserta berasal dari berbagai wilayah seperti Bengkulu, Jambi, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Solo, hingga Jawa Timur.
Lebih dari 100 unit Terios Meriahkan Jambore Nasional TCI ke-5 di Lampung
Lebih dari 100 unit Terios Meriahkan Jambore Nasional TCI ke-5 di Lampung
Pantai Kedu Warna Lampung Selatan menjadi pusat perayaan Jambore Nasional (Jamnas) ke-5 Terios Club Indonesia (TCI) yang berlangsung meriah selama dua hari. Acara ini dihadiri lebih dari 100 unit Daihatsu Terios dari berbagai region di Indonesia, memperlihatkan soliditas komunitas serta ketangguhan Terios dalam menaklukkan beragam rute perjalanan jarak jauh.
Penjualan Daihatsu Naik 7% di Oktober Jadi Momentum Positif Akhir Tahun
Penjualan Daihatsu Naik 7% di Oktober Jadi Momentum Positif Akhir Tahun
Daihatsu terus perkuat posisinya mempertahankan peringkat nomor 2 penjualan otomotif nasional menjelang akhir tahun. Secara bulanan, penjualan ritel (retail sales) Daihatsu pada Oktober 2025 mencatatkan capaian sebanyak 12.196 unit, atau naik 7% dibandingkan bulan September 2025 lalu sejumlah 11.390 unit.
Intip Cerita Seru Sahabat Daihatsu di Akhir Pekan Bersama Kumpul Sahabat Sleman
Intip Cerita Seru Sahabat Daihatsu di Akhir Pekan Bersama Kumpul Sahabat Sleman
Acara ini menjadi wadah berkumpul bagi keluarga, komunitas motor dan mobil, pelaku UMKM, hingga pengunjung umum untuk menikmati akhir pekan dengan berbagai kegiatan seru dan penuh kebersamaan.
© Copyright 2025 PT Astra Daihatsu Motor. All rights reserved
Privacy Policy
Contact Us