Press Release

Penjualan Daihatsu Naik 37% Akibat Diskon Pajak

penjualan naik

JAKARTA (17/6): Pemerintah telah mengimplementasikan program diskon pajak yang telah diimplementasikan secara bertahap sejak Maret 2021 dalam rangka menggairahkan kembali pasar otomotif Indonesia di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini. Pemerintah juga menambah periode diskon pajak sebesar 100% dari yang sebelumnya hingga Mei 2021, diperpanjang hingga Agustus 2021.

Dukungan dari pemerintah untuk menstimulus penjualan otomotif nasional ini direspons positif oleh pasar dengan kenaikan signifikan. Hal ini terlihat bila membandingkan rata-rata penjualan ritel sebelum penerapan relaksasi PPnBM pada Januari – Februari 2021 sebanyak sekitar 51 ribu unit per-bulan, naik signifikan sebesar 46% menjadi sekitar 74 ribu per-bulannya setelah implementasi diskon pajak pada Maret – Mei 2021.

Dampak positif serupa juga dirasakan oleh Daihatsu dengan tetap mempertahankan peringkat 2 penjualan otomotif nasional hingga Mei 2021. Rata-rata penjualan ritel Daihatsu sebelum penerapan diskon pajak (Januari – Februari 2021) sekitar 9 ribu unit per-bulan, naik sekitar 37% menjadi sekitar 12 ribu per-bulannya setelah implementasi diskon pajak (Maret – Mei 2021).

Terdapat 5 model Daihatsu yang menikmati diskon pajak ini, yaitu Xenia, Terios, Luxio, Gran Max Mini Bus, dan Rocky. Hingga Mei 2021, penjualan ritel ke-5 model ini mengalami kenaikan total rata-rata sebesar 63% per-bulannya pasca implementasi diskon pajak. Adapun, persentase kenaikan permintaan per-modelnya adalah Luxio 104%, Terios 75%, Gran Max Mini Bus 51%, dan Xenia sebesar 37%.

Tak hanya itu, dampak positif juga dirasakan pada model non-relaksasi Daihatsu dengan kenaikan penjualan ritel total rata-rata sebesar 26% per-bulannya pasca implementasi diskon pajak. Adapun 5 model Daihatsu non relaksasi yang juga mengalami kenaikan permintaan per-modelnya adalah Sirion 111%, Ayla 42%, Sigra 40%, Gran Max BV (Blind Van) 16%, dan Gran Max PU (Pick Up) 9%.

“Daihatsu bersyukur, penjualan Daihatsu tumbuh sejalan dengan kenaikan pasar dengan market share 17%. Kami berharap, tren positif ini dapat terus berlangsung dengan capaian yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Terlebih, pemerintah telah memberikan dukungannya berupa insentif diskon pajak demi menstimulus pertumbuhan pasar otomotif,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Others Press Release
Super Efisien, Rocky Hybrid Pecahkan Rekor Efisiensi BBM 47 KM/L
Super Efisien, Rocky Hybrid Pecahkan Rekor Efisiensi BBM 47 KM/L
Melalui acara Media Test Drive pada 18 September 2025 di PIK 2, Tangerang, Banten, Daihatsu mengajak 40 awak media merasakan langsung sensasi berkendara dengan Rocky e-Smart Hybrid.
Daihatsu Ajak Media Jajal Sensasi Berkendara Rocky Hybrid dan Rocky Improvement
Daihatsu Ajak Media Jajal Sensasi Berkendara Rocky Hybrid dan Rocky Improvement
Daihatsu mengajak 40 awak media untuk berkesempatan menjajal kedua model SUV baru Daihatsu, yaitu Rocky e-Smart Hybrid dan Rocky Improvement -Shift the Vibes.
Shift The Vibes! Daihatsu Hadirkan Rocky yang Lebih Sporty dan Stylish
Shift The Vibes! Daihatsu Hadirkan Rocky yang Lebih Sporty dan Stylish
Daihatsu menjawab semangat kawula muda yang ingin tampil beda, lebih modern, dan sporty, dengan meluncurkan Daihatsu Rocky – Shift The Vibes
Daihatsu Luncurkan Gran Max Blind Van A/T sebagai Mobil Niaga Satu-satunya Transmisi Otomatis di Kelasnya
Daihatsu Luncurkan Gran Max Blind Van A/T sebagai Mobil Niaga Satu-satunya Transmisi Otomatis di Kelasnya
Mayoritas konsumen memilih Gran Max karena nilai Value For Money yang ditawarkan berupa kendaraan operasional yang irit bahan bakar, tahan lama, dan harga terjangkau.
© Copyright 2025 PT Astra Daihatsu Motor. All rights reserved
Privacy Policy
Contact Us