Logo Daihatsu
EN | ID

Press Release

Penjualan Daihatsu Naik 37% Akibat Diskon Pajak

07 Juli 2021
penjualan naik

JAKARTA (17/6): Pemerintah telah mengimplementasikan program diskon pajak yang telah diimplementasikan secara bertahap sejak Maret 2021 dalam rangka menggairahkan kembali pasar otomotif Indonesia di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini. Pemerintah juga menambah periode diskon pajak sebesar 100% dari yang sebelumnya hingga Mei 2021, diperpanjang hingga Agustus 2021.

Dukungan dari pemerintah untuk menstimulus penjualan otomotif nasional ini direspons positif oleh pasar dengan kenaikan signifikan. Hal ini terlihat bila membandingkan rata-rata penjualan ritel sebelum penerapan relaksasi PPnBM pada Januari – Februari 2021 sebanyak sekitar 51 ribu unit per-bulan, naik signifikan sebesar 46% menjadi sekitar 74 ribu per-bulannya setelah implementasi diskon pajak pada Maret – Mei 2021.

Dampak positif serupa juga dirasakan oleh Daihatsu dengan tetap mempertahankan peringkat 2 penjualan otomotif nasional hingga Mei 2021. Rata-rata penjualan ritel Daihatsu sebelum penerapan diskon pajak (Januari – Februari 2021) sekitar 9 ribu unit per-bulan, naik sekitar 37% menjadi sekitar 12 ribu per-bulannya setelah implementasi diskon pajak (Maret – Mei 2021).

Terdapat 5 model Daihatsu yang menikmati diskon pajak ini, yaitu Xenia, Terios, Luxio, Gran Max Mini Bus, dan Rocky. Hingga Mei 2021, penjualan ritel ke-5 model ini mengalami kenaikan total rata-rata sebesar 63% per-bulannya pasca implementasi diskon pajak. Adapun, persentase kenaikan permintaan per-modelnya adalah Luxio 104%, Terios 75%, Gran Max Mini Bus 51%, dan Xenia sebesar 37%.

Tak hanya itu, dampak positif juga dirasakan pada model non-relaksasi Daihatsu dengan kenaikan penjualan ritel total rata-rata sebesar 26% per-bulannya pasca implementasi diskon pajak. Adapun 5 model Daihatsu non relaksasi yang juga mengalami kenaikan permintaan per-modelnya adalah Sirion 111%, Ayla 42%, Sigra 40%, Gran Max BV (Blind Van) 16%, dan Gran Max PU (Pick Up) 9%.

“Daihatsu bersyukur, penjualan Daihatsu tumbuh sejalan dengan kenaikan pasar dengan market share 17%. Kami berharap, tren positif ini dapat terus berlangsung dengan capaian yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Terlebih, pemerintah telah memberikan dukungannya berupa insentif diskon pajak demi menstimulus pertumbuhan pasar otomotif,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Press Release Lainnya
Tiga Model Unggulan Daihatsu Ramaikan GIIAS 2024 di Kota Bandung
Tiga Model Unggulan Daihatsu Ramaikan GIIAS 2024 di Kota Bandung
Daihatsu hadir pada GIIAS 2024 di Kota Bandung yang berlangsung pada 25–29 September 2024 berlokasi Booth I, Sudirman Grand Ballroom, Bandung, Jawa Barat.
Daihatsu Siap Semarakkan GIIAS 2024 di Kota Bandung
Daihatsu Siap Semarakkan GIIAS 2024 di Kota Bandung
Daihatsu kembali ambil bagian dalam GIIAS 2024 yang diadakan di Kota Bandung, Jawa Barat. Daihatsu hadir di Booth i berlokasi di Sudirman Grand Ballroom, siap mengajak pengunjung untuk dapat menikmati pengalaman seru bersama keluarga dan sahabat pada 25–29 September 2024.
Ini Keunggulan Platform DNGA pada Mobil Daihatsu
Ini Keunggulan Platform DNGA pada Mobil Daihatsu
Daihatsu selalu berinovasi dalam mengembangkan kendaraannya dengan teknologi terkini sesuai dengan kebutuhan pelangga, contohnya dengan menerapkan platform terbaru berbasis DNGA.
Penjualan Mobil Daihatsu Hingga Agustus Cetak Pangsa Pasar 20,1%
Penjualan Mobil Daihatsu Hingga Agustus Cetak Pangsa Pasar 20,1%
Daihatsu catatkan capaian penjualan positif hingga Agustus 2024. Penjualan ritel Daihatsu selama 8 bulan mencapai 117.358 unit.
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor