Press Release

Perpanjangan Diskon Pajak Bikin Penjualan Daihatsu Naik 16,3%

ppnbm oktober

Pemerintah kembali memperpanjang relaksasi diskon pajak (PPnBM) 100% hingga Desember 2021 untuk menstimulus pasar otomotif nasional di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.  

Sepanjang periode Januari – September 2021, pasar otomotif nasional mengalami peningkatan untuk ritel mencapai sekitar 600 ribu unit, dan wholesales menjadi sekitar 627 ribu unit. Secara bulanan, pasar otomotif nasional pada September 2021 secara ritel sedikit terkoreksi dengan capaian 72.648 unit atau turun sebesar 4,2%, serta wholesales menjadi 84.113 unit atau naik tipis sebesar 1% dibandingkan bulan Agustus 2021.

Selain kepada pasar otomotif nasional, perpanjangan diskon pajak juga berdampak positif bagi Daihatsu dengan tetap mempertahankan peringkat 2 penjualan otomotif nasional hingga Kuartal 3.

Pada penjualan Daihatsu hingga September 2021 catatkan retail sales hingga 103.788 unit dengan market share sebesar 17,3%, dan wholesales sebanyak 116.048 unit dengan market share 18,5%. Sedangkan untuk penjualan bulanan pada September 2021, Daihatsu catatkan kenaikan baik pada retail sales maupun wholesales dengan capaian ritel sebanyak 14.187 unit atau naik sebesar 16,3%, serta wholesales 17.529 unit, naik sebesar 21,7% dibandingkan Agustus 2021.

Dalam kontribusi model, retail sales Daihatsu hingga September 2021 didominasi oleh top 3 kontributor utama seperti Gran Max PU sebanyak 28.205 unit (27,2%), disusul Sigra 25.843 unit (24,9%), dan Ayla 14.222 unit (13,7%). Tak jauh berbeda, pada penjualan bulanan September 2021 didukung top 3 penjualan tertinggi dimulai dari Sigra 3.984 unit atau berkontribusi 28,1%, disusul Gran Max PU 3.889 unit (27,4%), dan Ayla 2.064 unit (14,5%).

“Daihatsu bersyukur, penjualan Daihatsu tumbuh sejalan dengan kenaikan pasar dengan market share 17,3%. Daihatsu optimis pasar otomotif dapat terus bertumbuh didukung dengan program pemerintah melalui perpanjangan relaksasi pajak hingga akhir tahun 2021,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

 

Others Press Release
Terima Kasih, Rocky Hybrid Hadir Wujudkan Keinginan Pelanggan
Terima Kasih, Rocky Hybrid Hadir Wujudkan Keinginan Pelanggan
Melalui Rocky Hybrid, Astra Daihatsu Motor (ADM) terus memperkuat posisi di pasar otomotif Indonesia sebagai satu-satunya yang menghadirkan SUV hybrid kompak di kelasnya dengan berbagai kelebihan.
Daihatsu Pererat Persaudaraan bersama Pelanggan Setia lewat Harmony Camp 2025
Daihatsu Pererat Persaudaraan bersama Pelanggan Setia lewat Harmony Camp 2025
PT Daihatsu merangkul Sahabat Klub pada acara Harmony Camp 2025, menghadirkan 21 komunitas yang tergabung dalam Daihatsu Official Club, di Camping Ground Cisarua, Bogor, Jawa Barat.
Daihatsu Dukung Anak Bangsa Berkarya untuk Negeri, Berprestasi Mendunia
Daihatsu Dukung Anak Bangsa Berkarya untuk Negeri, Berprestasi Mendunia
Tim Robotika Ichiro ITS sukses mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional setelah meraih 13 medali kejuaraan dalam ajang bergengsi FIRA RoboWorld Cup 2025 di Daegu, Korea Selatan.
Daihatsu Resmikan Implementasi Teaching Factory di SMK Muhammadiyah Kutowinangun Wujud Kolaborasi Dunia Industri dan Pendidikan Vokasi
Daihatsu Resmikan Implementasi Teaching Factory di SMK Muhammadiyah Kutowinangun Wujud Kolaborasi Dunia Industri dan Pendidikan Vokasi
PT ADM bersama SMK Muhammadiyah Kutowinangun meresmikan implementasi TEFA di DSSC, untuk memperkuat pendidikan vokasi dan menyiapkan generasi muda yang kompeten di dunia industri.
© Copyright 2025 PT Astra Daihatsu Motor. All rights reserved
Privacy Policy
Contact Us