Press Release

Segmen LCGC Jadi Top Kontributor Penjualan Daihatsu

Segmen LCGC Jadi Top Kontributor Penjualan Daihatsu

JAKARTA (11/3): Kondisi pasar otomotif nasional terus membaik sejalan dengan meningkatnya produktivitas. Pada Februari 2022, pasar otomotif nasional mencatatkan penjualan ritel sekitar 70 ribu unit, atau naik sebesar 49% dibandingkan bulan Februari 2021 lalu sekitar 46 ribuan unit. Bila membandingkan dengan capaian pada bulan Januari 2022 sebanyak 78 ribu unit, pasar otomotif nasional sedikit mengalami koreksi sebesar 10,9%.

Berdasakan data GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), pasar otomotif nasional pada Februari 2022, segmen LCGC lebih cepat terdampak kebijakan relaksasi PPnBM DTP dengan kontribusi total sebesar 18%, atau naik 2% dibandingkan bulan Januari 2022 sebelumnya sebesar 16%. Sedangkan pada segmen niaga juga mengalami kenaikan dengan total kontribusi menjadi sebesar 28% (naik 2% VS Januari 2022 sebesar 26%); serta non-LCGC menjadi sebesar 54% (turun 4% VS Januari 2022 sebesar 58%).

Pada sisi penjualan brand, Daihatsu tetap mempertahankan posisi nomor 2 penjualan otomotif nasional dengan raihan penjualan ritel Februari 2022 sebanyak 13 ribuan unit, dengan market share sebesar 18,7%. Raihan ini juga meningkat sebesar 56% bila dibandingkan dengan Februari 2021 lalu sebanyak 8 ribuan unit.

Dalam hal kontribusi model, segmen LCGC menjadi top kontributor penjualan mobil Daihatsu dengan total 5,1 ribu unit, atau berkontribusi sebesar 39% dengan komposisi masing-masing Sigra sekitar 3 ribuan unit, dan Ayla 1,5 ribu unit; disusul segmen niaga dengan total 4 ribuan unit, yang berkontribusi 32% (GranMax Pick Up 3,1 ribu unit, dan GranMax Minibus termasuk Blind Van sekitar 1,2 ribu unit); serta segmen non-LCGC sebesar 28% dengan total 3,8 ribu unit (Rocky, Xenia, Terios masing-masing sekitar seribu unit, ditambah Sirion dan Luxio sekitar 200-an unit).

“Daihatsu bersyukur dapat tetap mempertahankan posisi nomor 2 penjualan otomotif nasional hingga Februari 2022 ini. Semoga pasar otomotif tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Others Press Release
Dua Sahabat Beruntung Bawa Pulang Mobil Modifikasi Eksklusif Daihatsu
Dua Sahabat Beruntung Bawa Pulang Mobil Modifikasi Eksklusif Daihatsu
Daihatsu menghadirkan dua program spesial bertajuk Gebyar Merdeka dan Super Giveaway Bahagia Sejak Pertama.
Daihatsu Raih Market Share 17,9% pada September, Tertinggi di Tahun 2025
Daihatsu Raih Market Share 17,9% pada September, Tertinggi di Tahun 2025
Daihatsu di bulan September alami kenaikan menjadi 11.390 unit dengan pangsa pasar sebesar 17,9%.
Pelanggan Setia Daihatsu Antusias Eksplorasi Rocky Terbaru
Pelanggan Setia Daihatsu Antusias Eksplorasi Rocky Terbaru
Daihatsu kembali melanjutkan momentum positif tersebut melalui kegiatan Rocky Product Introduction to Daihatsu Official Club yang berlangsung di Daihatsu Astra Biz Center BSD.
Sasar Kawula Muda, Daihatsu Hadir di Ajang Modifikasi Kendaraan di IMX 2025
Sasar Kawula Muda, Daihatsu Hadir di Ajang Modifikasi Kendaraan di IMX 2025
Mengambil momentum IMX 2025 yang akan berlangsung pada 10–12 Oktober 2025, Daihatsu siap ramaikan pameran modifikasi ini dengan menampilkan total empat unit yang terdiri dari 3 unit modifikasi dan 1 unit model terbaru.
© Copyright 2025 PT Astra Daihatsu Motor. All rights reserved
Privacy Policy
Contact Us