5 Bagian-Bagian AC Mobil Terpenting, Fungsi dan Cara Kerjanya
Memahami bagaimana bagian-bagian AC mobil ternyata sangat penting untuk diketahui oleh para pemiliknya. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena ternyata AC pada roda 4 terdiri dari banyak komponen dengan fungsi dan cara kerja berbeda-beda.
Itulah mengapa sebagai pemilik kendaraan roda empat tersebut, maka sangat penting agar memahami komponen atau bagian sekaligus fungsinya. Selain bisa digunakan sebagai penambah informasi dan wawasan, itu juga akan membantu Anda agar memahami fitur pendingin ruangan mobil lebih lanjut.
Terlebih lagi juga akan membantu Anda dalam proses perawatan AC mobil secara berkala agar lebih awet dan tidak mudah rusak. Perlu diingat juga bahwa perawatan pada AC mobil ternyata tidaklah murah seperti di bayangan.
Bagian-Bagian AC Mobil dan Fungsinya
Keberadaan AC pada mobil sudah digunakan sejak 1939 untuk pertama kalinya oleh pabrik mobil asal Amerika. Kehadirannya inilah ternyata juga sangat penting karena dapat digunakan sebagai pendingin ruangan sehingga akan membuat perjalanan tetap nyaman setiap saat.
Apabila Anda memiliki mobil seperti Daihatsu, maka penting agar memahami bagian-bagian AC mobil tersebut dengan baik. Berikut ini beberapa komponen pada sistem pendingin AC mobil yang perlu diketahui.
Kompresor
Kompresor menjadi komponen pada AC mobil dengan peran yang sangat penting yakni bertugas memompa freon supaya dapat bersirkulasi ke semua komponen AC di mana terdapat pada mobil. Freon sendiri merupakan cairan yang nantinya akan berubah menjadi gas ketika ditekan oleh kompresor.
Cara kerja dari komponen ini adalah digerakkan oleh fanbelt yang berputar-putar dari pulley mesin. Saat sedang berputar itulah, maka akan terdapat poros yang terhubung ke pelat dengan adanya beberapa buah nok.
Magnetic Clutch
Komponen selanjutnya adalah magnetic clutch satu ini di mana berfungsi untuk mengatur kapan sebuah kompresor akan bekerja dan berhenti walaupun bagian pulley dari mesin tetap bekerja. Inilah akan membuat tekanan freon yang keluar dari kompresor akan semakin meningkat.
Cara kerja dari komponen tersebut adalah dengan memanfaatkan adanya daya tarik magnet melalui proses induksi elektromagnetik tersebut dahulu. Ketika induksi terjadi, maka kopling magnet akan langsung bergerak ke bagian coil dan menempel di pulley kompresor sehingga membuat poros akan berputar.
Dyer
Dyer masuk ke dalam bagian-bagian AC mobil yang juga cukup krusial keberadaannya. Fungsi utamanya adalah bertugas mengeringkan freon dari air. Walaupun siklus dari AC kendaraan tertutup, tetapi tidak menutup kemungkinan apabila terdapat uap air masuk ke dalam saluran AC tersebut.
Kondensor
Selain terdapat kompresor, kondensor yang terdapat di dalam AC mobil memiliki tugas cukup penting yakni melepaskan panas ke udara dengan bebas. Panas tersebut berasal dari freon di mana harus dikeluarkan dengan bagian.
Agar kerja dari kondensor tersebut bisa lebih maksimal maka biasanya akan dibantu dengan komponen lain bernama cooling fan. Dengan begitu akan membuat suhu bisa lebih dingin dengan optimal.
Evaporator
Sedangkan evaporator di dalam AC mobil memiliki fungsi untuk mendinginkan udara yang nantinya akan disalurkan ke dalam bagian kabin. Prinsip kerja dari komponen inilah hampir mirip dengan kondensor. Yakni freon yang mempunyai suhu dingin akan disalurkan terlebih dahulu ke core. Suhu dingin itulah akan mengalir secara merata di permukaan sirap karena adanya sifat konduktor.
Keberadaan dari sistem pendingin pada mobil inilah mempunyai peran yang cukup penting karena dapat memberikan kenyamanan ketika berkendara. Itulah mengapa pentingnya agar memahami bagian-bagian AC mobil agar bisa melakukan perawatan termasuk pada mobil Daihatsu Anda.