Tips Sahabat

Plus Minus Beli Mobil Bekas Produksi Lama

03 November 2020
null

Terpikir untuk beli mobil dalam waktu dekat ini namun keadaan kantong kurang bersahabat? Ada dua cara agar Anda tetap bisa memiliki mobil, pertama tentu saja bayar secara kredit kedua beli mobil bekas yang sesuai isi dompet. Nah, buat mereka yang anti berhutang mungkin lebih memilih yang kedua yakni mobil bekas.

Membeli mobil bekas bukan berarti tak bisa mendapatkan mobil dengan kualitas tinggi. Toh banyak pemilik mobil  anyar yang menjual mobilnya kendati hanya digunakan beberapa minggu . Nah, jika pandai memilah dan sabar Anda bisa mendapatkan jenis mobil seperti ini. Beda halnya jika yang dipilih adalah mobil bekas produksi lama.

Harga memang bisa jadi dibawah rata-rata, namun jika tak piawai merawatnya bukan tak mungkin nantinya mobil tersebut hanya akan teronggok digarasi rumah. Agar tak menyesal dikemudian hari ada baiknya Anda memahami beberapa plus minus mobil bekas produksi lama dibawah ini.

1. Harga Lebih Murah

Mobil produksi lama kerap dibanderol dengan harga murah meriah namun sistem pembakaran dengan teknologi lama masih boros bahan bakar. Beda dengan mobil-mobil keluaran baru yang dibuat semakin irit bahan bakar, mobil produksi lama masih menggunakan sistem pembakaran yang boros bahan bakar. Mungkin awal pembelian Anda memang bisa mendapatkan harga murah, namun jika mengkalkulasikan pengeluaran harian dari sisi bahan bakar pengeluaran bulanan justru membengkak.

2. Ketahanan Part yang Baik

Beberapa mobil lama memang punya ketahanan part yang baik, namun akan terus berkurang seiring pemakaian nanti. Saat awal pembelian mungkin kita melihat ketahanan part mobil masih cukup baik. Namun keadaan ini bisa bertahan berapa lama? Pertimbangkan juga berapa dana yang mesti disiapkan jika tiba-tiba part mobil tersebut rusak parah. Beda dengan mobil baru yang setidaknya ketahanan partnya bisa sedikit panjang, minimal 5tahun.

3. Sparepart Tidak Diproduksi Lagi

Mobil produksi lama mungkin mampu dibeli secara cash, namun pertimbangkan lagi soal sparepartnya yang sudah tidak diproduksi. Bayangkan, ketika salah satu sparepart mobil mengalamai kerusakan dan tidak ada produsen yang mengeluarkan sparepart tersebut? Jika tidak mampu mengakali terpaksa harus memarkir mobil digarasi. Beda dengan mobil produksi baru yang sparepartnya tersebar dimana-mana, setidaknya jikapun tak dijual di Indonesia masih bisa dibeli diluar negeri secara indent.

4. Jika Dijual Lagi Tidak Ada Harganya

Mobil bekas bisa dibeli murah, namun ketika dijual lagi harganya bisa jatuh berkali-kali lipat. Jika berpikir mobil bekas produksi lama adalah investasi yang menjanjikan, mungkin Anda mesti pertimbangkan ulang. Harga mobil tiap tahunnya mengalami penuruan terlebih jika sudah berada ditangan orang ketiga. Belum lagi setiap tahunnya harga mobil terus turun setidaknya mencapai Rp 5 juta pertahun.

5. Pembelian yang Mudah

Mobil bekas produksi lama mudah dan tidak repot dalam proses pembeliannya, namun kamu harus memahami tipe mobil yang dibeli terutama sisi tekniknya. Jika pemahaman Anda soal otomotif pas-pasan sebaiknya hindari memilih mobil bekas produksi lama, dan amat disarankan untuk beli tipe baru saja meskipun diambil dengan cara cicil. Sebab mobil produksi lama sangat merepotkan dalam sisi tekniknya, bahkan beberapa bengkel mobil saja ada yang tidak bisa menangani berbagai kerusakan mobil keluaran lama. Belum lagi sparepartnya juga sulit dicari, akan memakan biaya dan tenaga ekstra.

So, sudah paham kan plus minum mobil bekas keluaran lama? Sudah menentukan mau beli mobil tipe baru atau lama?

Others Tips Sahabat
Release Bearing: Fungsi, Cara Kerja, dan Tanda Kerusakannya
Release Bearing: Fungsi, Cara Kerja, dan Tanda Kerusakannya
Release bearing merupakan salah satu komponen penting dari kopling mobil bertransmisi manual. Oleh karena itu, sebagai pemilik mobil harusnya mengetahui fungsi, cara kerja serta tanda kerusakan dari k
Fungsi Reservoir Tank & Cara Kerjanya pada Sistem Pendinginan Mobil
Fungsi Reservoir Tank & Cara Kerjanya pada Sistem Pendinginan Mobil
Reservoir tank merupakan komponen pada sistem pendingin mobil yang memiliki fungsi vital di dalam sistem tersebut. Komponen ini kerap kali disebut sebagai tabung cadangan air radiator. Bagi Anda yang
Mengenal Trade In dan Cara Kerja Tukar Tambah Mobil
Mengenal Trade In dan Cara Kerja Tukar Tambah Mobil
Trade in adalah istilah lain yang digunakan untuk proses tukar tambah kendaraan. Istilah tersebut biasanya digunakan dalam mekanisme jual beli. Lantas bagaimana cara kerja trade in dalam proses jual b
Jakarta ke Solo Berapa Jam Naik Mobil? Ini Rute Terbaiknya
Jakarta ke Solo Berapa Jam Naik Mobil? Ini Rute Terbaiknya
Jakarta Solo berapa jam jika naik mobil? Apakah Anda sudah mengetahuinya? Jika belum, mari perhatikan ulasan di bawah ini agar Anda bisa memilih rute terbaik sehingga estimasi waktu perjalanan lebih c
Logo Daihatsu
Daihatsu Access
1500898
hotline@daihatsu.astra.co.id
© Copyright 2024 PT Astra Daihatsu Motor. All rights reserved
Privacy Policy
Contact Us