Arti Caster, Fungsi, Jenis dan Bedanya dengan Camber
Caster adalah istilah yang digunakan untuk menamai salah satu sudut roda mobil layaknya camber. Lantas apa fungsi dari caster? Apa saja jenisnya dan apa bedanya dengan camber? Untuk selengkapnya perhatikan ulasan berikut.
Apa Arti Caster?
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, caster merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut sudut kemiringan sumbu roda depan mobil yang terbentuk dari garis vertikal dari roda mobil jika dilihat dari arah samping mobil.
Fungsi Caster pada Mobil
Berikut fungsi penting caster pada mobil yang perlu Anda ketahui.
1. Menstabilkan roda
Sudut caster pada mobil dapat berfungsi menstabilkan roda ketika mobil berjalan lurus walau kemudi mobil dilepas. Hal tersebut tentunya berdampak pada kenyamanan berkendara.
2. Membantu roda kembali ke posisi lurus
Sudut caster juga membantu roda mobil kembali ke posisi lurus setelah berbelok. Hal tersebut dapat meningkatkan kenyamanan pengemudi dalam mengembalikan posisi roda kembali lurus setelah membelokkan mobil karena pengemudi tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga. Hal tersebut juga dapat mencegah keausan yang tidak merata pada ban.
3. Mereduksi dampak benturan
Ketika mobil melintasi jalanan yang rusak atau permukaan jalan tidak rata dan berlubang. Kerap kali mobil akan mengalami benturan yang menimbulkan efek guncangan atau menyebabkan kemudian menjadi keras. Dengan adanya sudut caster, maka benturan tersebut dapat di reduksi sehingga kemudi tetap nyaman digunakan ketika berakselerasi dan guncangan dapat diredam.
Baca Juga: Apa Itu Sudut Toe, Fungsi, dan Masalahnya
Jenis-Jenis Sudut Caster
Berdasarkan nilai sudutnya, caster pada mobil dibagi menjadi beberapa jenis. Adapun jenis selengkapnya sebagai berikut.
1. Caster netral
Sudut caster yang terbentuk ketika steering axis (sumbu kemudi) sejajar dengan garis vertikal dari tengah roda mobil.
2. Caster positif
Sudut caster yang terbentuk ketika posisi steering axis miring ke belakang ke arah sumbu vertikal roda mobil. Caster positif merupakan jenis sudut caster yang disukai oleh para pengemudi sebab dapat menstabilkan roda dan kemudi di jalan lurus dan memudahkan roda kembali lurus setelah berbelok. Kondisi ini berlaku pada kecepatan rendah ataupun tinggi.
3. Caster negatif
Sudut caster yang terbentuk ketika posisi steering axis miring ke depan ke arah sumbu vertikal roda mobil.
Baca Juga: Apa itu Wheel Alignment? Ini Fungsi dan Perawatannya!
Perbedaan Caster dan Camber
Ketika mobil berjalan tentunya caster bekerja beriringan dengan sudut roda lainnya seperti camber. Meski keduanya bekerjanya beriringan, namun keduanya memiliki perbedaan. Adapun perbedaannya sebagai berikut.
1. Segi sudut
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, caster mengacu pada kemiringan sumbu roda secara vertikal yang dilihat dari samping mobil. Sedangkan camber mengacu terhadap pengukuran sudut kemiringan roda mobil pada bidang vertikal yang diukur dari bagian depan dan belakang.
2. Segi fungsi
Caster pada mobil berfungsi untuk menstabilkan roda atau kemudi ketika mobil berjalan lurus dan memudahkan roda mobil untuk kembali ke posisi lurus setelah berbelok. Sedangkan camber berfungsi menstabilkan laju mobil ketika berbelok di tikungan.
Demikian ulasan mengenai arti caster, fungsi, jenis, dan perbedaannya dengan camber. Seperti diketahui, bahwasanya sudut caster atau camber merupakan sudut yang perlu diperhatikan dalam proses spooring mobil atau penyelarasan roda mobil. Oleh karena itu, penyetelan sudut tersebut tidak bisa dilakukan sembarangan jika ingin manuver mobil prima. Jika Anda ingin melakukan penyetelan terhadap sudut roda pada mobil, maka Anda bisa melakukannya di bengkel resmi Daihatsu.