Tips Sahabat

Beberapa Penyebab Kerusakan Fuel Pump Mesin Mobil Diesel

20 December 2021
penyebab kerusakan fuel pump mesin mobil diesel

Mobil mesin diesel semakin diminati Sering bermunculan kendaraan baru yang memiliki jenis mesin yang sama. Namun, masih banyak yang meragukan kemampuannya karena tidak mengetahui penyebab kerusakan fuel pump mesin mobil diesel.

Pada umumnya tangki BBM disimpan pada bagian bawah mobil, sehingga membutuhkan pompa untuk mengalirkannya. Inilah yang dikenal sebagai fuel pump. Perangkat ini sangat penting namun, rentan terhadap kerusakan.

4 Penyebab Kerusakan Fuel Pump Mesin Mobil Diesel

Fuel pump yang tidak berfungsi tentu saja akan mengganggu pasokan BBm ke ruang pembakaran. Dengan demikian pompa BBM yang terawat merupakan salah satu faktor kelancaran berkendara.

Fuel Pump Tersumbat Kotoran

Penyebab pertama pompa BBM menjadi rusak adalah salurannya tersumbat oleh kotoran, Penyebabnya banyak, misalnya adanya penambahan aditif untuk akselerasi bahan bakar, bensin yang dibiarkan menipis, atau bahan bakar yang digunakan kotor.

Bahan bakar yang digunakan akan merendam fuel pump dna dapat meninggalkan endapan. Akibatnya, sekecil apapun kotoran tersebut, tetap data mengakibatkan kerja pompa tidak maksimal bahkan jika dibiarkan bisa mati total.

Indikatornya yang paling umum jika terdapat kotoran pada pompa bisa diketahui ketika Anda menghidupkan mesin mobil. Mesin tidak dapat menyala dengan konstan, dan ketika putaran mesin menjadi tinggi, maka mesin tiba-tiba mati.

Menggunakan Bahan Bakar Berkualitas Rendah

Dimensi pompa bahan bakar mesin diesel sebenarnya lebih besar jika dibandingkan dengan mesin bensin. Namun, ukurannya yang besar juga menandakan bahwa komponen di dalamnya lebih komplek.

Di dalam mesin pompa bahan bakar terdapat komponen yang mirip dengan solenoid. Part ini memiliki fungsi untuk mengatur tekanan bahan bakar yang digunakan lalu mensirkulasikannya ke dalam ruang pembakaran.

Salah satu resiko menggunakan bahan bakar yang berkualitas rendah adalah komponen ini akan menjadi mudah rusak. Kandungan sulfurnya akan merusak komponen tersebut karena tidak dapat dibakar secara sempurna.

Dengan demikian sisa bahan sulfur yang tidak terbakar lama kelamaan akan mengendap dan kemudian akan membuat solenoid tersumbat. Ditambah jika BBm yang digunakan mengandung air yang cukup tinggi.

Oleh karenanya, untuk mesin diesel selalu disarankan untuk menggunakan bahan bakar berkualitas tinggi. Penggunaan BBM berkualitas dalam jangka panjang  tentu merupakan suatu investasi, karena mesin mobil akan terjaga.

Air Pada Tangki Bahan Bakar

Air yang ada pada tangki bahan bakar juga merupakan salah satu penyebab kerusakan fuel pump mesin mobil tipe diesel menjadi rusak. Air yang ada di dalam tangki akan terhisap melalui pompa dan pada akhirnya akan menyebabkan karat.

Perkaratan pada fuel pump akan membuatnya menjadi cepat rusak. Jangan pula membiarkan tangki bahan bakar kosong terlalu lama. Pasalnya, udara yang terperangkap dalam tangki akan menyebabkan kondensasi dan membentuk uap air.

Usia Fuel Pump

Penyebab kerusakan fuel pump yang alami adalah usia pemakaian. Oleh karenanya, peristiwa rusaknya pompa bahan bakar banyak ditemui pada kendaraan yang sudah tua.Ini diketahui dari laju mobil yang tersendat dan tenaganya yang mulai turun.

Pada umumnya mesin mobil memiliki  kinerja yang jauh lebih baik dibandingkan dengan mesin mobil bensin, Terutama untuk perjalanan jarak jauh, Namun demikian, Anda tetap harus memperhatikan kondisinya agar nyaman berkendara,

Perawatan yang paling mudah untuk menjadi fuel pump tetap prima adalah selalu menggunakan bahan bakar yang berkualitas. Hindari pula kebiasaan mengosongkan tangki bahan bakar untuk jangka waktu yang lama,terutama jika kendaraan jarang dipakai.

Dengan menelaah penyebab kerusakan fuel pump mesin mobil diesel, sekarang Anda mengetahui bagaimana cara pencegahannya. Anda Juga dapat menghubungi Daihatsu service untuk perawatan mesin mobil yang profesional.

Others Tips Sahabat
Release Bearing: Fungsi, Cara Kerja, dan Tanda Kerusakannya
Release Bearing: Fungsi, Cara Kerja, dan Tanda Kerusakannya
Release bearing merupakan salah satu komponen penting dari kopling mobil bertransmisi manual. Oleh karena itu, sebagai pemilik mobil harusnya mengetahui fungsi, cara kerja serta tanda kerusakan dari k
Fungsi Reservoir Tank & Cara Kerjanya pada Sistem Pendinginan Mobil
Fungsi Reservoir Tank & Cara Kerjanya pada Sistem Pendinginan Mobil
Reservoir tank merupakan komponen pada sistem pendingin mobil yang memiliki fungsi vital di dalam sistem tersebut. Komponen ini kerap kali disebut sebagai tabung cadangan air radiator. Bagi Anda yang
Mengenal Trade In dan Cara Kerja Tukar Tambah Mobil
Mengenal Trade In dan Cara Kerja Tukar Tambah Mobil
Trade in adalah istilah lain yang digunakan untuk proses tukar tambah kendaraan. Istilah tersebut biasanya digunakan dalam mekanisme jual beli. Lantas bagaimana cara kerja trade in dalam proses jual b
Jakarta ke Solo Berapa Jam Naik Mobil? Ini Rute Terbaiknya
Jakarta ke Solo Berapa Jam Naik Mobil? Ini Rute Terbaiknya
Jakarta Solo berapa jam jika naik mobil? Apakah Anda sudah mengetahuinya? Jika belum, mari perhatikan ulasan di bawah ini agar Anda bisa memilih rute terbaik sehingga estimasi waktu perjalanan lebih c
Logo Daihatsu
Daihatsu Access
1500898
hotline@daihatsu.astra.co.id
© Copyright 2024 PT Astra Daihatsu Motor. All rights reserved
Privacy Policy
Contact Us