Cara Menyetel Klep Mobil yang Benar, Ikuti Langkah Disini!
Mengetahui cara menyetel klep mobil yang benar sangat dibutuhkan. Seperti diketahui, klep mobil berperan penting terhadap pengaturan bahan bakar serta campuran udara di dalam katup intake. Agar Anda tidak penasaran dengan caranya, yuk ikuti langkah berikut ini.
Cara Penyetelan Klep Mobil yang Benar
Ketika Anda hendak melakukan menyetel klep mobil, Anda perlu memperhatikan beberapa cara berikut agar setelan klep benar, antara lain :
1. Nyalakan mesin mobil dan panaskan
Cara menyetel klep mobil yang benar, pertama-tama Anda harus menyalakan mesin mobil Anda. Kemudian panaskan mesin kurang lebih selama 10 menit, dan selanjutnya matikan mesin. Tujuan dari langkah ini, semata-mata untuk mengetahui spesifikasi klep dari standar bawaan pabrikan. Selanjutnya, mesin akan disesuaikan dengan spesifikasi klep yang tersedia.
2. Lepaskan bagian tutup kepala silinder
Langkah kedua, Anda bisa melepaskan bagian tutup kepala silinder setelah memanaskan dan mematikan mesin mobil. Anda bisa melepas komponen tersebut dengan bantuan kunci pas atau ring. Ketika melepas komponen tersebut Anda harus berhati-hati sehingga tidak mengganggu rumah filter ataupun selang.
3. Putar bagian poros engkol
Cara menyetel klep mobil selanjutnya, Anda perlu memutar bagian poros engkol agar bisa menempatkan pada posisi nol tanpa pully kruk as. Agar Anda dapat menempatkan pada posisi angka nol, Anda bisa memperhatikan panduan pada tutup rantai atau cover timing mesin.
4. Menentukan posisi TMA (Titik Mati Atas) atau TOP kompresi silinder 4 atau 1
Langkah keempat, Anda tentukan posisi titik mati atas ataupun posisi Top kompresi silinder 4 atau 1. Untuk membedakan posisi top kompresi silinder dibagi menjadi dua cara. Berikut cara selengkapnya.
Dengan memperhatikan pergerakan katup
Anda perlu memperhatikan pergerakan katup IN (intake valve) dan katup EX (exhaust valve) pada silinder 1 atau silinder 4. Jika kedua katup tersebut sama-sama bergerak maka katup tidak bisa di setel. Kondisi tersebut terjadi karena mesin dalam posisi sedang berada di akhir langkah pembuangan dan di awal langkah pengisapan. Ketika Anda melihat pergerakan dari kedua katup tersebut di silinder 4, berarti mesin berada pada posisi top 1.
Mengecek bagian push rod
Cara kedua, Anda bisa mengecek bagian push rod. Biasanya adanya tekanan atau tidak pada bagian push rod tergantung dengan kondisi katup. Apabila pergerakan push rod berada pada bagian silinder 1. Secara otomatis silinder tersebut juga menempati top 1.
5. Mengencangkan baut pada kepala silinder
Langkah kelima, Anda bisa mengencangkan baut yang berada pada kepala silinder yang terbuka sebelumnya. Ketika hendak mengencangkan baut, Anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti berikut.
- Baut rocker arm wajib berada di momen 1.8 kg-m hingga 2.4 kg-m.
- Baut pada kepala silinder wajib berada di momen 5.4 kg-m hingga 6.6 kg-m.
Selanjutnya, Anda juga perlu mengencangkan bagian rocker arm.
6. Menyetel celah katup
Langkah keenam, Anda perlu menyetel celah katup dengan menggunakan bantuan feeler gauge. Anda bisa melakukan penyetelan klep 1-2-3-5 dengan ukuran 0.2 mm untuk katup IN dan 0.3 mm untuk katup EX.
7. Putar bagian pully poros engkol hingga 360 derajat
Langkah ketujuh, putar bagian pully poros engkol kembali mengikuti arah jarum jam hingga 360 derajat. Cara ini perlu Anda lakukan agar Anda bisa mendapatkan posisi top 4. Selanjutnya, setel lagi celah katup dengan metode yang sama.
8. Menganalisis hasil dari penyetelan klep
Langkah terakhir untuk menyetel klep mobil, rakit kembali komponen yang sudah dibongkar seperti posisi semula. Kemudian analisis hasil penyetelan, dengan menyalakan mesin dan menarik tuas gas ketika posisi transmisi netral. Apabila penyetelan berhasil maka tidak akan timbul suara gaduh di mesin.