Logo Daihatsu
Menu

Cara Menyetel Klep Mobil yang Benar, Ikuti Langkah Disini!

Otomotif

2023-01-17

Cara Menyetel Klep Mobil yang Benar, Ikuti Langkah Disini!

Mengetahui cara menyetel klep mobil yang benar sangat dibutuhkan. Seperti diketahui, klep mobil berperan penting terhadap pengaturan bahan bakar serta campuran udara di dalam katup intake. Agar Anda tidak penasaran dengan caranya, yuk ikuti langkah berikut ini.

Cara Penyetelan Klep Mobil yang Benar

Ketika Anda hendak melakukan menyetel klep mobil, Anda perlu memperhatikan beberapa cara berikut agar setelan klep benar, antara lain :

1. Nyalakan mesin mobil dan panaskan

Cara menyetel klep mobil yang benar, pertama-tama Anda harus menyalakan mesin mobil Anda. Kemudian panaskan mesin kurang lebih selama 10 menit, dan selanjutnya matikan mesin. Tujuan dari langkah ini, semata-mata untuk mengetahui spesifikasi klep dari standar bawaan pabrikan. Selanjutnya, mesin akan disesuaikan dengan spesifikasi klep yang tersedia.

2. Lepaskan bagian tutup kepala silinder

Langkah kedua, Anda bisa melepaskan bagian tutup kepala silinder setelah memanaskan dan mematikan mesin mobil. Anda bisa melepas komponen tersebut dengan bantuan kunci pas atau ring. Ketika melepas komponen tersebut Anda harus berhati-hati sehingga tidak mengganggu rumah filter ataupun selang.

3. Putar bagian poros engkol

Cara menyetel klep mobil selanjutnya, Anda perlu memutar bagian poros engkol agar bisa menempatkan pada posisi nol tanpa pully kruk as. Agar Anda dapat menempatkan pada posisi angka nol, Anda bisa memperhatikan panduan pada tutup rantai atau cover timing mesin. 

4. Menentukan posisi TMA (Titik Mati Atas) atau TOP kompresi silinder 4 atau 1

Langkah keempat, Anda tentukan posisi titik mati atas ataupun posisi Top kompresi silinder 4 atau 1. Untuk membedakan posisi top kompresi silinder dibagi menjadi dua cara. Berikut cara selengkapnya.

Dengan memperhatikan pergerakan katup

Anda perlu memperhatikan pergerakan katup IN (intake valve) dan katup EX (exhaust valve) pada silinder 1 atau silinder 4. Jika kedua katup tersebut sama-sama bergerak maka katup tidak bisa di setel. Kondisi tersebut terjadi karena mesin dalam posisi sedang berada di akhir langkah pembuangan dan di awal langkah pengisapan. Ketika Anda melihat pergerakan dari kedua katup tersebut di silinder 4, berarti mesin berada pada posisi top 1. 

Mengecek bagian push rod

Cara kedua, Anda bisa mengecek bagian push rod. Biasanya adanya tekanan atau tidak pada bagian push rod tergantung dengan kondisi katup. Apabila pergerakan push rod berada pada bagian silinder 1. Secara otomatis silinder tersebut juga menempati top 1.

5. Mengencangkan baut pada kepala silinder

Langkah kelima, Anda bisa mengencangkan baut yang berada pada kepala silinder yang terbuka sebelumnya. Ketika hendak mengencangkan baut, Anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti berikut.

  • Baut rocker arm wajib berada di momen 1.8 kg-m hingga 2.4 kg-m.
  • Baut pada kepala silinder wajib berada di momen 5.4 kg-m hingga 6.6 kg-m.

Selanjutnya, Anda juga perlu mengencangkan bagian rocker arm

6. Menyetel celah katup

Langkah keenam, Anda perlu menyetel celah katup dengan menggunakan bantuan feeler gauge. Anda bisa melakukan penyetelan klep 1-2-3-5 dengan ukuran 0.2 mm untuk katup IN dan 0.3 mm untuk katup EX.

7. Putar bagian pully poros engkol hingga 360 derajat

Langkah ketujuh, putar bagian pully poros engkol kembali mengikuti arah jarum jam hingga 360 derajat. Cara ini perlu Anda lakukan agar Anda bisa mendapatkan posisi top 4. Selanjutnya, setel lagi celah katup dengan metode yang sama.

8. Menganalisis hasil dari penyetelan klep

Langkah terakhir untuk menyetel klep mobil, rakit kembali komponen yang sudah dibongkar seperti posisi semula. Kemudian analisis hasil penyetelan, dengan menyalakan mesin dan menarik tuas gas ketika posisi transmisi netral. Apabila penyetelan berhasil maka tidak akan timbul suara gaduh di mesin.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengenal Fungsi Poros Engkol pada Kendaraan Roda Empat

2021-02-15

Pada mesin kendaraan roda empat terdapat beberapa komponen yang wajib Anda tahu. Salah satunya yaitu poros engkol yang berfungsi untuk mempertahankan kinerja mobil.&nbsp

thumbnail

Apa itu Airbag Mobil? Begini Cara Kerja & Fungsinya

2022-08-19

Apa itu airbag mobil? Pertanyaan seperti ini mungkin pernah terlintas di benak Anda. Di dalam sebuah mobil, keselamatan menjadi sebuah bagian yang sangat penting. Hal ini disebabka

thumbnail

Mengenal Tipe Kondensor AC Mobil dan Jenis Zat Pendinginnya

2021-01-12

Mobil merupakan salah satu moda transportasi pribadi yang kini wajib dimiliki oleh semua keluarga. Selain memberikan kenyamanan, satu unit kendaraannya mampu menampung b

thumbnail

Bukan Hanya Sekadar Aksesori, Inilah Fungsi Penting Rongga Grill Mobil

2021-03-17

Rongga grill mobil adalah celah pada grill yang fungsinya tidak banyak diketahui. Kebanyakan, pengguna mobil tidak begitu memperhatikan ini dan memasang grill hanya seka