Tips Sahabat

Ini Penyebab Mesin Mobil Mati saat Injak Kopling

03 December 2020
mesin mobil mati saat injak kopling

Salah satu penyakit mobil dengan transmisi manual adalah soal kopling. Saat kopling dilepas atau diinjak, keduanya bisa membuat mesin mobil mati dan bikin panik si pengemudi. Ada dua hal yang berhubungan dengan kopling dan bikin mesin mobil mati. 

Pertama saat pedal kopling dilepas, kesalahan bisa dibilang murni ada pada pengendara yang nggak pas menyeimbangkan antara pedal gas dan kopling. Tapi, kalau mesin mobil mati saat injak kopling itu merupakan satu pertanda kopling sedang bermasalah. 

Hal tersebut bisa terjadi ketika perawatan mobil khususnya kopling tidak dilakukan secara maksimal. Kebanyakan pengguna mobil tidak menyadari kalau kopling mobil lagi bermasalah. Karena memang gejalanya baru terasa ketika mesin mobil bekerja lebih keras, misalnya pada tanjakan atau jalan menurun. 

Setidaknya ada 4 penyebab mesin mobil mati saat pedal kopling diinjak. Apa saja? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini. 

1. Kabel persneling putus 

Persneling merupakan komponen penggerak yang menghubungkan tenaga mesin melalui perpindahan transmisi. Ketika ada komponen yang rusak seperti kabelnya putus, otomatis kinerjanya dapat terganggu. 

Kabel persneling yang putus menyebabkan penurunan RPM bahkan mati saat kopling diinjak. Jika ditemukan masalah seperti ini, segera hubungi bengkel langganan untuk memperbaikinya. 

2. Karburator kotor

Penyebab mesin mobil mati saat kopling diinjak bisa jadi karena kotoran yang mengendap pada karburator. Jika didiamkan terlalu lama, kemungkinan kotoran itu bisa berkerak dan menggangu fungsi karburator itu sendiri. 

Seperti kita tahu, karburator berfungsi sebagai pengatur tekanan udara yang ada di ruang pembakaran. Jika karburator tersumbat, maka bisa mengganggu kinerja mesin dan membuatnya mati. 

Agar fungsi karburator tetap baik, bersihkan karburator beserta selang aliran udaranya untuk menghindari pasokan udara tersendat. 

3. Kampas kopling aus 

Performa mobil yang menurun sampai tidak bertenaga sama sekali bisa disebabkan kampas kopling yang aus. Kampas kopling yang sudah aus ini membuat tenaga mobil tidak bisa ditransmisikan untuk menggerakkan roda sehingga mesin meraung, melambat hingga tiba-tiba mati. 

Untuk mengetahui kampas kopling yang mulai aus sebenarnya bisa diketahui lewat berbagai gejala yang dialami. Seperti akselerasi mobil yang melemah, terdengar suara gemeretak atau gemuruh saat kopling diinjak, transmisi oper gigi jadi keras, sampa munculnya bau hangus seperti terbakar. 

Jika beberapa kondisi itu sudah dirasakan, maka segera mengganti kampas kopling dengan yang baru, untuk mencegah kerusakan pada komponen mesin yang lain. 

4. Sensor air flow bermasalah 

Fungsi air flow pada sistem injeksi mobil adalah sebagai pengukur dan menyalurkan udara ke ruang mesin. Air flow yang bermasalah bisa membuat RPM mobil menurun bahkan mati jika menginjak, melepas atau menekan pedal gas. 

Tanda-tanda lain kalau air flow bermasalah adalah mesin terasa bergetar, bagian idle terasa kasar sampai asap knalpot mengeluarkan percikan api hingga terasa pedih di mata. 

Jika sudah menunjukkan tanda-tanda itu, segera bawa mobil ke bengkel untuk mengganti air flow yang rusak.

Dalam keadaan darurat jika mesin mobil mati saat kopling diinjak, segera melipir ke bahu jalan. Kemudian matikan mesin, posisikan gigi ke netral dan aktifkan rem tangan lalu nyalakan mesin kembali. Perhatikan gejala apa saja yang muncul. Kalau masih bisa jalan, segera bawa ke bengkel terdekat. 

Perlu diingat, mesin mobil mati saat injak kopling sangat berbahaya. Kondisi tersebut bisa membuat laju kendaraan jadi hilang kendali. Untuk menghindarinya, lakukan perawatan mobil secara berkala agar hal-hal yang tak diinginkan tidak terjadi. 

Penulis: Dinno Baskoro

Others Tips Sahabat
Apa Fungsi Transmisi Manual pada Kendaraan? Ini Keunggulan & Perawatannya
Apa Fungsi Transmisi Manual pada Kendaraan? Ini Keunggulan & Perawatannya
Bicara soal sistem transmisi pada kendaraan saat ini sudah banyak jenisnya, mulai dari transmisi manual, otomatis, CVT, (Continuously Valve Transmission), Triptonic, hingga AMT (Automated Manual Trans
Perbedaan Transmisi Manual dan Otomatis: Mana yang Lebih OK?
Perbedaan Transmisi Manual dan Otomatis: Mana yang Lebih OK?
Sejak dua puluh tahun terakhir, mobil dengan transmisi otomatis mendominasi pasar otomotif dunia. Meski begitu, mobil dengan transmisi manual masih memiliki peminat yang cukup banyak khususnya kaum la
8 Tips Melindungi Mobil dari Panas dan Hujan, Wajib Tahu!
8 Tips Melindungi Mobil dari Panas dan Hujan, Wajib Tahu
Panas dan hujan kerap kali menyebabkan warna cat mobil pudar sehingga dapat menurunkan nilai estetika mobil. Sebagai pemilik mobil sudah seharusnya mengetahui pelindung mobil dari panas dan hujan yang
Lampu Mobil Apa yang Harus Digunakan Saat Hujan? Ini Rekomendasinya!
Lampu Mobil Apa yang Harus Digunakan Saat Hujan? Ini Rekomendasinya!
Saat musim hujan tiba, pengemudi perlu mawas diri dalam berkendara. Pasalnya hujan dapat menurunkan visibilitas para pengemudi terutama pada kondisi hujan deras di malam hari. Agar visibilitas pengemu
© Copyright 2025 PT Astra Daihatsu Motor. All rights reserved
Privacy Policy
Contact Us