Press Release

Permintaan Mobil Melonjak, Daihatsu Lakukan Special Action 3P

19 April 2021
special action

Pemerintah telah mengimplementasikan program relaksasi pajak (PPnBM) secara bertahap dimulai pada Maret 2021 dalam rangka memberikan stimulus untuk pasar otomotif di Indonesia. Dukungan ini memberikan dampak positif kepada pasar otomotif dan juga produsen kendaraan, khususnya Daihatsu. 

Pasar otomotif nasional pada Maret 2021 mengalami peningkatan volume retail sales menjadi sekitar 77 ribu unit, atau naik sebesar 65% dibandingkan bulan Februari 2021. Demikian juga dengan Daihatsu, pada periode yang sama, mengalami penjualan tertinggi sejak pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia, yakni sekitar 12 ribu unit, atau naik sekitar 47% dibandingkan Februari 2021.

Pada sisi whole sales, secara nasional juga mengalami peningkatan volume menjadi sekitar 84 ribu unit, atau naik sebesar 73% dibandingkan bulan Februari 2021.  Hal serupa juga dirasakan oleh Daihatsu yang mengalami peningkatan dengan volume menjadi sekitar 16 ribu unit, naik sekitar 78% dibandingkan bulan lalu. 

Penjualan mobil Daihatsu mengalami lonjakan drastis hingga 200% atau 2 kali lipat, khususnya pada model mobil Daihatsu yang menikmati relaksasi pajak pada Maret 2021. Sementara itu, dukungan supplier Daihatsu hanya tersedia 20% dari demand yang ada. Sehingga, untuk dapat terus memenuhi kenaikan demand ini, Daihatsu berupaya memaksimalkan supply dengan Special Action Daihatsu, yaitu 3P (People, Production facility, Part Control).

Hasilnya, melalui implementasi 3P tersebut dapat meningkatkan dan mempercepat produksi Daihatsu. Hal ini dibuktikan dengan capaian tact time yang lebih singkat menjadi 1,9 menit, dari sebelumnya yang membutuhkan waktu 3,1 menit untuk memproduksi sebuah mobil, serta kapasitas unit yang mampu diproduksi dalam 1 tahun naik menjadi 460 ribu unit, dari yang sebelumnya sebanyak 330 ribu unit.

“Daihatsu berharap, melalui upaya dan implementasi 3P ini dapat meningkatkan supply agar lebih memaksimalkan produksi agar dapat memenuhi permintaan pelanggan”, ujar Stephanus Surya, Planning and Control Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM)

Press Release Lainnya
Turnamen Bulutangkis Daihatsu Indonesia Masters 2025 Resmi Digelar
Turnamen Bulutangkis Daihatsu Indonesia Masters 2025 Resmi Digelar
Turnamen bulutangkis Daihatsu Indonesia Masters 2025 resmi digelar hari ini. Turnamen internasional bergengsi diikuti lebih dari 200 atlet pebulutangkis dari 21 negara, total hadiah sebesar USD 475.000.
Daihatsu Pertahankan Posisi Nomor 2 Penjualan Otomotif 16 Tahun Berturut-turut, Sigra dan Gran Max Jadi Pilihan Utama Masyarakat Indonesia
Daihatsu Pertahankan Posisi Nomor 2 Penjualan Otomotif 16 Tahun Berturut-turut Sigra dan Gran Max Jadi Pilihan Utama Masyarakat Indonesia
Capaian ini menjadi catatan penting bagi Daihatsu karena mampu mempertahankan posisi nomor 2 penjualan otomotif nasional selama 16 tahun berturut-turut sejak 2009.
Daihatsu Awali Tahun 2025 Dengan Gelar Turnamen Olahraga Antar Komunitas
Daihatsu Awali Tahun 2025 Dengan Gelar Turnamen Olahraga Antar Komunitas
Daihatsu mengajak pelanggan setia Sahabat Klub atau komunitas pengguna mobil Daihatsu menikmati turnamen olahraga bertema Daihatsu Club Tournament: Sehat & Bahagia Selalu Bersama Daihatsu.
Penjualan Ritel Daihatsu Sepanjang 2024 Tembus 168 Ribu Unit
Penjualan Ritel Daihatsu Sepanjang 2024 Tembus 168 Ribu Unit
Daihatsu berhasil menutup tahun 2024 dengan penjualan ritel sebanyak 168.263 unit, didukung oleh 3 model, mulai dari LCGC MPV Daihatsu Sigra, Daihatsu Gran Max Pick Up, serta Terios.
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2025 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami