Press Release

Permintaan Mobil Melonjak, Daihatsu Lakukan Special Action 3P

special action

Pemerintah telah mengimplementasikan program relaksasi pajak (PPnBM) secara bertahap dimulai pada Maret 2021 dalam rangka memberikan stimulus untuk pasar otomotif di Indonesia. Dukungan ini memberikan dampak positif kepada pasar otomotif dan juga produsen kendaraan, khususnya Daihatsu. 

Pasar otomotif nasional pada Maret 2021 mengalami peningkatan volume retail sales menjadi sekitar 77 ribu unit, atau naik sebesar 65% dibandingkan bulan Februari 2021. Demikian juga dengan Daihatsu, pada periode yang sama, mengalami penjualan tertinggi sejak pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia, yakni sekitar 12 ribu unit, atau naik sekitar 47% dibandingkan Februari 2021.

Pada sisi whole sales, secara nasional juga mengalami peningkatan volume menjadi sekitar 84 ribu unit, atau naik sebesar 73% dibandingkan bulan Februari 2021.  Hal serupa juga dirasakan oleh Daihatsu yang mengalami peningkatan dengan volume menjadi sekitar 16 ribu unit, naik sekitar 78% dibandingkan bulan lalu. 

Penjualan mobil Daihatsu mengalami lonjakan drastis hingga 200% atau 2 kali lipat, khususnya pada model mobil Daihatsu yang menikmati relaksasi pajak pada Maret 2021. Sementara itu, dukungan supplier Daihatsu hanya tersedia 20% dari demand yang ada. Sehingga, untuk dapat terus memenuhi kenaikan demand ini, Daihatsu berupaya memaksimalkan supply dengan Special Action Daihatsu, yaitu 3P (People, Production facility, Part Control).

Hasilnya, melalui implementasi 3P tersebut dapat meningkatkan dan mempercepat produksi Daihatsu. Hal ini dibuktikan dengan capaian tact time yang lebih singkat menjadi 1,9 menit, dari sebelumnya yang membutuhkan waktu 3,1 menit untuk memproduksi sebuah mobil, serta kapasitas unit yang mampu diproduksi dalam 1 tahun naik menjadi 460 ribu unit, dari yang sebelumnya sebanyak 330 ribu unit.

“Daihatsu berharap, melalui upaya dan implementasi 3P ini dapat meningkatkan supply agar lebih memaksimalkan produksi agar dapat memenuhi permintaan pelanggan”, ujar Stephanus Surya, Planning and Control Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM)

Press Release Lainnya
Sahabat, Siapkan Garasimu! Daihatsu Hadirkan Kesempatan Bagi Masyarakat untuk Miliki Mobil Modifikasi Satu-Satunya di Indonesia!
Sahabat, Siapkan Garasimu! Daihatsu Hadirkan Kesempatan Bagi Masyarakat untuk Miliki Mobil Modifikasi Satu-Satunya di Indonesia!
Hingga Juni 2025, Daihatsu terus menjadi andalan masyarakat Indonesia dan berhasil mempertahankan posisi nomor 2 di pasar otomotif di Indonesia selama lebih dari 16 tahun berturut-turut.
Terima Kasih Pelanggan, Daihatsu Menuju 17 Tahun Peringkat 2 di Indonesia
Terima Kasih Pelanggan, Daihatsu Menuju 17 Tahun Peringkat 2 di Indonesia
Sepanjang semester 1 tahun 2025, penjualan ritel mobil Daihatsu mencapai 66.716 unit, atau mencapai pangsa pasar 17,1% sekaligus menjaga posisi Daihatsu di peringkat dua penjualan nasional.
Daihatsu Siapkan Kejutan di GIIAS 2025  dengan Membawa REAL Hybrid Perdana Daihatsu di Indonesia
Daihatsu Siapkan Kejutan di GIIAS 2025 dengan Membawa REAL Hybrid Perdana Daihatsu di Indonesia
Sebagai wujud kontribusi mengurangi emisi karbon dan mendukung mobilitas masa depan yang berkelanjutan, Daihatsu mengambil langkah nyata dengan menghadirkan kendaraan ramah lingkungan yang hemat energi sekaligus efisien sejak 2021.
Ribuan Warga Palembang Antusias Nikmati Akhir Pekan Seru di Daihatsu Kumpul Sahabat
Ribuan Warga Palembang Antusias Nikmati Akhir Pekan Seru di Daihatsu Kumpul Sahabat
Kumpul Sahabat pertama kali digelar di Palembang. Acara ini merupakan ajang silaturahmi dan menikmati akhir pekan dengan beragam kegiatan hiburan menarik yang seru, sekaligus diharapkan mampu berkontribusi bagi perekonomian masyarakat Palembang dan sekitarnya.
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2025 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami