Press Release

Permintaan Mobil Melonjak, Daihatsu Lakukan Special Action 3P

19 April 2021
special action

Pemerintah telah mengimplementasikan program relaksasi pajak (PPnBM) secara bertahap dimulai pada Maret 2021 dalam rangka memberikan stimulus untuk pasar otomotif di Indonesia. Dukungan ini memberikan dampak positif kepada pasar otomotif dan juga produsen kendaraan, khususnya Daihatsu. 

Pasar otomotif nasional pada Maret 2021 mengalami peningkatan volume retail sales menjadi sekitar 77 ribu unit, atau naik sebesar 65% dibandingkan bulan Februari 2021. Demikian juga dengan Daihatsu, pada periode yang sama, mengalami penjualan tertinggi sejak pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia, yakni sekitar 12 ribu unit, atau naik sekitar 47% dibandingkan Februari 2021.

Pada sisi whole sales, secara nasional juga mengalami peningkatan volume menjadi sekitar 84 ribu unit, atau naik sebesar 73% dibandingkan bulan Februari 2021.  Hal serupa juga dirasakan oleh Daihatsu yang mengalami peningkatan dengan volume menjadi sekitar 16 ribu unit, naik sekitar 78% dibandingkan bulan lalu. 

Penjualan mobil Daihatsu mengalami lonjakan drastis hingga 200% atau 2 kali lipat, khususnya pada model mobil Daihatsu yang menikmati relaksasi pajak pada Maret 2021. Sementara itu, dukungan supplier Daihatsu hanya tersedia 20% dari demand yang ada. Sehingga, untuk dapat terus memenuhi kenaikan demand ini, Daihatsu berupaya memaksimalkan supply dengan Special Action Daihatsu, yaitu 3P (People, Production facility, Part Control).

Hasilnya, melalui implementasi 3P tersebut dapat meningkatkan dan mempercepat produksi Daihatsu. Hal ini dibuktikan dengan capaian tact time yang lebih singkat menjadi 1,9 menit, dari sebelumnya yang membutuhkan waktu 3,1 menit untuk memproduksi sebuah mobil, serta kapasitas unit yang mampu diproduksi dalam 1 tahun naik menjadi 460 ribu unit, dari yang sebelumnya sebanyak 330 ribu unit.

“Daihatsu berharap, melalui upaya dan implementasi 3P ini dapat meningkatkan supply agar lebih memaksimalkan produksi agar dapat memenuhi permintaan pelanggan”, ujar Stephanus Surya, Planning and Control Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM)

Others Press Release
Penjualan Mobil Daihatsu Hingga Kuartal I Tembus 36 Ribu Unit
Penjualan Mobil Daihatsu Hingga Kuartal I Tembus 36 Ribu Unit
Daihatsu menutup Kuartal I dengan penjualan ritel mencapai sebanyak 36.917 unit, dengan market share penjualan ritel Daihatsu sebesar 17,5%.
Ramadhan with ADM: Berbagi Keberkahan, Menjalin Kebersamaan
Ramadhan with ADM: Berbagi Keberkahan, Menjalin Kebersamaan
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengadakan serangkaian kegiatan sosial di berbagai area operasional ADM sebagai wujud kepedulian terhadap sesama dan kontribusi nyata bagi masyarakat sekitar.
Layanan Daihatsu Siaga Temani Libur Lebaran Sahabat Bersama Keluarga
Layanan Daihatsu Siaga Temani Libur Lebaran Sahabat Bersama Keluarga
Menyambut momen libur Lebaran dan Hari Raya Idul Fitri 1446 H, Daihatsu siap temani perjalanan mudik pelanggan dengan menghadirkan layanan Bengkel Siaga dan Pos Siaga yang berlangsung pada 28 Maret–6 April 2025.
Lebaran Makin Seru, Daihatsu Hadirkan Mudik Bersama Pelanggan Setia
Lebaran Makin Seru, Daihatsu Hadirkan Mudik Bersama Pelanggan Setia
Libur lebaran identik dengan mudik, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengajak pelanggan setia melalui Sahabat Klub untuk mudik bersama dengan tema Bahagia Ramadan Bersama Daihatsu.
© Copyright 2025 PT Astra Daihatsu Motor. All rights reserved
Privacy Policy
Contact Us