Logo Daihatsu
Menu

10 Cara Menghemat Bahan Bakar dengan Efektif, Dijamin Irit!

Otomotif

2023-05-09

10 Cara Menghemat Bahan Bakar dengan Efektif, Dijamin Irit!

Mengetahui cara menghemat bahan bakar sangatlah menguntungkan karena dapat menghemat pengeluaran biaya. Seperti diketahui bahan bakar minyak mengalami kenaikan yang cukup signifikan sejak tahun 2022. Untuk mengetahui cara selengkapnya, Anda perlu memperhatikan beberapa cara berikut.

Cara Menghemat Bahan Bakar dengan Efektif

Bahan bakar minyak merupakan sumber energi yang tidak bisa diperbaharui. Oleh karena itu peredarannya dibatasi dengan ketat untuk menghindari kemungkinan persediaan bahan bakar minyak dunia habis.

Jika kondisi ini terjadi, maka semua masyarakat dunia tidak dapat menggunakan kendaraan berbahan bakar minyak. Kondisi ini mendorong masyarakat untuk bijak dalam menggunakannya sehingga beberapa cara harus ditempuh agar lebih efisien. Berikut beberapa cara yang bisa Anda praktikan agar efisiensi bahan bakar terlaksana. 

1. Memanaskan mesin sebelum menggunakan mobil

Cara pertama, Anda bisa memanaskan mesin terlebih dahulu sebelum menggunakan mobil untuk bepergian. Hal tersebut berguna untuk menstabilkan putaran mesin sehingga dapat menghemat konsumsi bahan bakar.

Sebaiknya, putaran mesin Anda berada pada kecepatan 3000 RPM. Namun, saat ini Anda tidak perlu memanaskan mesin mobil terlalu lama jika menggunakan mobil-mobil dari Daihatsu. Sebab untuk memanaskan mesin mobil Daihatsu, Anda hanya butuh waktu selama 3 menit.

2. Mengurangi intensitas penggunaan mobil pribadi

Cara kedua, Anda bisa mengurangi intensitas penggunaan mobil pribadi. Anda bisa menggunakan alat transportasi lainnya seperti angkutan kota, bus, atau kereta. Gunakan mobil pribadi Anda untuk keperluan yang mendesak saja.

3. Mengatur rute perjalanan

Cara ketiga, Anda bisa mengatur rute ketika hendak melakukan perjalanan. Anda bisa memilih rute mana yang lancar. Selain itu, Anda juga perlu menghindari tempat tujuan yang kurang penting. Cara ini selain dapat menghindari Anda dari kemacetan juga dapat menghemat bahan bakar Anda. Sebab, mobil dapat tiba di tempat tujuan lebih cepat sehingga bahan bakar tidak habis secara sia-sia. 

4. Bijak dalam membawa barang bawaan

Cara keempat, Anda bisa membawa barang bawaan seperlunya saja ketika hendak melakukan perjalanan jauh. Mobil yang menampung beban di luar standar, tentu dapat membuat mobil oleng. Selain itu, kinerja mesin juga akan lebih berat, sehingga mesin membutuhkan banyak bahan bakar ketika bekerja.

5. Bijak dalam berkendara

Cara kelima, Anda perlu bijak dalam berkendara. Sebaiknya Anda membawa mobil dengan kecepatan yang konsisten seperti berkendara dengan kecepatan 80 km/jam. Hindari menginjak pedal gas mobil terlalu dalam ketika menggunakan mobil dengan jenis transmisi manual. Selain itu, Anda perlu menggunakan gigi transmisi yang sesuai. Gunakan gigi rendah ketika Anda melewati jalanan yang menanjak. Gunakan gigi tinggi ketika melewati jalanan dengan permukaan yang datar.

6. Gunakan bahan bakar yang sesuai standar

Cara keenam, Anda perlu menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan standar mobil Anda. Jika mobil Anda memiliki standar RON 92, gunakan bahan bakar dengan RON yang sama atau lebih tinggi. Kadar RON (oktan) yang rendah dapat menghambat kinerja pembakaran mesin sehingga menambah beban kerja mesin. Kondisi ini dapat merusak komponen mesin dan membuat mobil semakin boros.

Baca Juga : 5 Jenis Bahan Bakar Alternatif Sebagai Pengganti Bensin

7. Bijak menggunakan AC mobil

Cara ketujuh, Anda perlu menggunakan AC mobil secara bijak. Ketika AC mobil Anda nyalakan, maka kompresor AC akan bekerja sesuai dengan putaran mesin. Sebaiknya, Anda gunakan AC ketika kondisi cuaca terlalu panas atau macet. Hindari menggunakan AC ketika musim hujan dan melewati tanjakan.

8. Mengganti oli secara rutin

Mengganti oli secara rutin, dapat menghemat konsumsi bahan bakar karena meringankan kinerja mesin.

9. Membersihkan filter udara secara rutin

Cara kesembilan, Anda bisa menghemat konsumsi bahan bakar dengan cara merawat filter udara. Sebaiknya segera bersihkan apabila filter udara sudah mulai kotor. Apabila komponen ini kotor, maka sirkulasi udara tidak optimal sehingga memberatkan kinerja mesin. 

10. Mematikan mesin mobil ketika mobil berhenti lama

Cara terakhir, matikan mesin mobil Anda hendak berhenti dalam kurun waktu lama. Sebab mesin yang selalu menyala akan membuat bahan bakar cepat habis.

Demikian beberapa cara yang bisa Anda praktikan agar konsumsi bahan bakar menjadi irit. Semoga bermanfaat.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Plat BK Kota Apa? Yuk, Cek Jawabannya di Sini!

2024-01-31

Jika plat BG berasal dari kota Palembang, lantas Plat BK dari kota apa? Untuk mengetahui jawabannya mari perhatikan ulasan berikut ini. Plat B

thumbnail

Tips Menghindari Ujung As Shock Breaker Berkarat

2021-11-30

Shock breaker berkarat dapat menjadi masalah bagi mobil kesayangan. Bagian ini cukup vital sehingga harus selalu dipastikan bahwa kondisinya OK.

thumbnail

Inilah Mobil Sliding Door Terbaik dari Daihatsu, Yuk Cek!

2023-07-09

Mobil sliding door semakin tahun semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, mobil ini memiliki nilai estetika sendiri bagi seseorang yang memandangnya. Mo

thumbnail

Perjalanan Semarang-Solo Berapa Jam Naik Mobil? Ini Rute Terbaiknya!

2023-10-03

Berlibur ke Solo, bisa Anda jadikan daftar tempat berlibur terbaik selanjutnya setelah berlibur ke kota Semarang. Sebab, Anda bisa beberapa destinasi wisata terbaik