Logo Daihatsu
Menu

5 Jenis Bahan Bakar Alternatif Sebagai Pengganti Bensin

Otomotif

2021-03-23

bahan bakar alternatif

Sebuah kendaraan tidak akan bisa bergerak tanpa adanya Bahan Bakar Mesin atau yang disingkat dengan BBM. Akan tetapi, tingginya penggunaan BBM di Indonesia menjadi suatu permasalahan yang besar lantaran seiring berjalannya waktu bahan bakar ini akan habis. Untuk itulah, kini bermunculan bahan bakar alternatif yang digadang gadang sebagai pengganti bensin. 

1. Compressed Natural Gas (CNG)

Compressed Natural Gas (CNG) masuk ke dalam salah satu deretan bahan bakar pengganti bensin. Pada dasarnya, gas ini dibentuk dari metana yang telah disimpan dengan tekanan sangat tinggi. 

Pembakarannya yang lebih bersih, membuat CNG diklaim sangat cocok untuk bahan bakar pengganti terbaik. Selain itu, gas ini juga lebih aman untuk diangkut dan ditangani.

CNG pun dapat digunakan untuk membantu meningkatkan masa pakai oli pelumas engine kendaraan, lantaran lebih mudah bercampur dengan udara. 

Hebatnya lagi, CNG juga bisa menghasilkan karbon dioksida, nitrogen oksida, sulfur oksida, karbon monoksida, dan partikulat sangat rendah. Sayangnya, gas ini membutuhkan ruang yang lebih besar dibandingkan tangki biasanya. 

2. Ethanol

Bahan bakar alternatif yang selanjutnya yakni ethanol. Bila di tengok dari namanya, ethanol memang merupakan salah satu dari jenis alkohol yang sama dalam minuman beralkohol. Akan tetapi, bedanya etanol telah dicampur dengan bensin. 

Hanya saja, etanol murni tidak bisa digunakan untuk mobil penumpang. Tapi biasanya digunakan untuk truk, motor, mesin pertanian, dan moped. 

Energinya sendiri berasal dari proses fermentasi gula secara alami yang terjadi pada tanaman menggunakan ragi dengan distilasi dan pengeringan. Karena bensin campuran etanol mampu mengoksidasi bahan bakar, sehingga membuatnya membakar lebih banyak, efektif, dan mengurangi emisi. Bila emisi ini bisa diminimalisir, tentu pencemaran lingkungan tidak akan terjadi.

Baca Juga: Pilihlah Bahan Bakar yang Sesuai dengan Mesin Mobilmu

3. Synthetic Gasoline

Synthetic gasoline atau bahan bakar sintetis bukan lagi jadi hal baru, karena telah diproduksi semenjak 100 tahun silam atau lebih tepatnya pada tahun 1919. Bahan bakar alternatif ini pula pernah digunakan untuk mesin perang dikala era Perang Dunia II. Yang menjadikannya istimewa karena ia terbuat dari suhu gas karbon dioksida lalu dikonversi menjadi bahan bakar cair melalui proses kelistrikan.

Ketika pembuatannya menggunakan listrik dari sumber terbaru, tentu prospeknya akan sangat menjanjikan. Meski teknologi ini sudah mulai digunakan untuk membuat bensin dan diesel, sayangnya hanya bisa menghasilkan bahan bakar dalam jumlah yang sedikit. Hasilnya pun tidak sepadan dengan prosesnya yang sangat panjang dan mengeluarkan biaya yang cukup tinggi.

4. Biomass Methane

Biomass methane menjadi bahan bakar pengganti berikutnya yang bisa dijumpai di sekitar sumber minyak bumi. Bisa juga diperoleh dari fermentasi biomassa seperti pengolahan limbah makanan, sampah, lumpur limbah, dan bubuk kopi atau teh. 

Akan tetapi, kuantitas metana yang dihasilkan tidak cukup besar, sehingga penggunaannya hanya sebagai bahan bakar heater rumahan.

5. Hydrogen

Apakah Anda tahu, bahwa kini mobil bisa berjalan dengan bantuan hidrogen. Termasuk ke dalam elemen kimia yang sangat mudah terbakar. Terlebih lagi, jika pembakarannya menerapkan mesin pembakaran internal. 

Bila bahan bakar alternatif ini dicampur dengan udara, akan menghasilkan pembakaran yang lebih baik dan mampu meningkatkan efisiensi mesin.

Bahan bakar menjadi kebutuhan paling penting diantara keperluan pokok lainnya. Kenapa demikian? Pasalnya, tanpa adanya bahan bakar, manusia tidak bisa bepergian dengan nyaman menggunakan kendaraan. 

Selain itu, ada beberapa perlengkapan yang membutuhkan bahan bakar. Untuk itu, jika penggunaan bensin semakin menipis Anda bisa menggunakan alternatif diatas.

Baca Juga: Jenis BBM di Indonesia yang Mesti Sahabat Ketahui


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Efek Menjemur di Tempat Panas pada Umur Coating Mobil

2022-05-27

Sering kali sahabat jumpai ketika mengunjungi suatu lokasi dan membutuhkan tempat untuk parkir mobil, dan didapati lahan parkir tersebut tidak teduh terutama. Hal terseb

thumbnail

16 Komponen Differential dan Fungsinya Untuk Mobil

2022-09-06

Bicara tentang performa mobil saat berkendara dengan jarak jauh, tidak terlepas dari peran komponen differential. Ketika mendengar nama komponen tersebut, mungkin sebagian orang merasa asing. Namun

thumbnail

Sudah Tahu Cara Setel Karburator Mobil Biar Lebih Irit?

2020-12-30

Karburator termasuk salah satu komponen mobil yang memiliki peran penting, karena bertugas mengabutkan bahan bakar yang kemudian diolah menjadi tenaga untuk mengoperasik

thumbnail

Kenali Bahaya dan Pencegahan Radiator Mobil Bocor

2021-08-31

Radiator mobil menjadi salah satu komponen penting yang harus dilakukan perawatan serius. Radiator berperan sebagai pendingin mesin mobil sehingga tidak mudah panas atau