Logo Daihatsu
Menu

11 Bahan Tidak Biasa Untuk Bersihkan Mobil, Pembalut Salah Satunya!

Tips & Trick

2020-09-10

mencuci mobil

Kebersihan mobil memang harus selalu terjaga, karena mobil yang kotor tentu akan mengurangi kenyamanan Sahabat saat berkendara. Namun bagi sebagian orang untuk membuat mobilnya tetap bersih memang sulit, mereka harus pergi kesalon mobil untuk membersihkannya. Sebenarnya untuk membersihkan mobil tidak harus selalu memakan biaya yang banyak. Anda bisa memanfaatkan beberapa bahan yang ada di rumah sebagai alat untuk merawat mobil. Apa saja ya?

Cara Unik Membersihkan Mobil

Berikut 11 cara unik membersihkan mobil menggunakan bahan rumahan.

1. Kondisioner

Gak punya shampoo khusus mobil? Pakai aja conditioner rambut. Iya, Conditioner rambut yang biasa digunakan setelah menggunakan shampoo ternyata bisa digunakan untuk membersihkan mobil Anda. Untuk hasil yang lebih maksimal, pilih conditioner yang memiliki kandungan lanolin di dalamnya.

2. Minuman Bersoda

Di saat mobil terkena air hujan yang menyisakan sisa - sisa bekas kotoran air hujan di kaca depan yang berpotensi mengganggu jarak pandang, bersihkan saja dengan cola atau minuman bersoda.  Tapi, sebelum Anda mulai membersihkannya, lindungi dulu kap mobil Anda dengan handuk atau semacamnya untuk melindungi cat pada kap mobil. Kandungan dalam gelembung soda tersebut akan mengikis kotoran membandel yang menempel di kaca mobil.

3. Vodka

Saat air wiper untuk menyapu kaca habis, Anda bisa menggunakan vodka untuk menggantikannya. Gimana caranya? Gampang kok. Anda hanya perlu mencampur 3 cangkir vodka dengan 4 gelas air dan 2 sendok teh sabun cuci piring dalam sebuah botol lalu, kocok bahan - bahan tersebut setelah itu, tinggal Anda tuang ke dalam tabung washer fluid. 

4. Tissue Bayi

Sediakan selalu tissue bayi di mobil Anda karena ternyata tissue bayi ini juga bisa digunakan untuk membersihkan kaca depan mobil Anda. Hasilnya cukup oke sama dengan saat Sahabat gunakan air dan sabun.

5. Pembalut

Sahabat gak salah baca kok, pembalut ternyata memang bisa digunakan untuk membersihkan kaca mobil Anda terutama bagian kaca. Bersihkan dengan menggunakan pembalut higienis yang masih baru. Memang terkesan aneh tapi, percaya tidak percaya pembalut ini bisa membuat kaca mobil bersih mengkilat.

6. Amonia

Cairan pembersih kaca kebanyakan mengandung ammonia. Senyawa ini dianggap ampuh membasmi jamur dan flek yang melekat pada kaca yang ditimbulkan kotoran yang mengering. Solusinya campurkan 1/4 sendok makan dan dicampur sedikt air. Lalu rendam ke larutan amoina tersebut dan kemudian bersihkan ke kaca yang kotor.

7. Baking Soda

Tuangkan 1/4 cangkir baking soda ke dalam botol berukuran cukup besar, kemudian tambahkan 1/4 cangkir cairan pencuci piring. Tutup botol dengan rapat dan kocok hingga bahan di dalam tersebut tercampur. Untuk menggunakannya, kocok botol berisi cairan tersebut dan tuang 1 cangkir cairan ke dalam ember berisi air bersih, tambahkan dengan air hangat, aduk dan cairan tersebut siap Anda gunakan untuk membersihkan mobilmu.

8. Krim tartar

Jika kaca mobil Anda terkena kotoran berupa minyak, membersihkan dengan air dan sabun saja belum cukup. Bersihkan kaca mobil Sahabat yang terkena minyak tersebut dengan menuang krim tartar di atas kaca mobil mu setelah itu, baru Anda bisa bersihkan kaca tersebut dengan air dan sabun.

9. Minyak Tanah

Minyak tanah juga jadi solusi untuk mobil Anda agar terbebas karat saat musim hujan. Solusinya adalah dengan mencampur 1 cangkir minyak tanah ke dalam ember yang berisi air, kemudian gunakan spons lembut dan Anda bisa mulai memoles mobil Anda dengan campuran bahan tadi. Tidak perlu membilas mobil Anda dengan apapun. Dengan cara begitu, kemungkinan mobil berkarat akibat air hujan akan berkurang.

10. Pasta Gigi

Item yang satu ini sudah sering dijadikan sebagai alat pembersih yang sangat efektif. Karena kandungan formula dalam pasta gigi yang ditunjukan untuk membersihkan bagian krusial dari gigi membuat pabrik pasta gigi membuat pembersih yang ekstra. Itulah mengapa, banyak tips yang mengatakan pasta gigi sangat efektif untuk membersihkan permukaan headlamp mobil.

11. Perhatikan Kondisi Panas dan Hindari Pengeringan Udara

Setelah membersihkan mobil, jangan biasakan menaruh mobil Sahabat saat cuaca panas, nantinya akan ada bercak putih di mobil Anda. Usai membersihkan mobil lebih baik Sahabat bisa menggunakan lap agar mobil Anda dalam kondisi kering. Anda bisa gunakan kanebo untuk mengeringkan mobil Sahabat.

Baca juga : 7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail
New

SIM Milenial untuk Pelajar, ini Syaratnya

2020-09-10

SIM Milenial untuk Pelajar - Catatan pada kepolisian menunjukkan bahwa generasi milenial termasuk ke dalam generasi yang mencatatkan kasus kecelakaan cu

thumbnail
New

15 Rekomendasi Jajanan Pasar Tradisional yang Enak dan Paling Populer

2020-09-10

Indonesia memang terkenal dengan berbagai ciri khas kuliner yang bisa dinikmati di berbagai kesempatan. Biasanya, setiap daerah punya ciri khas kuliner yang bisa dinikma

thumbnail
New

Tips Merawat Mobil yang Sering Parkir di Luar Ruangan

2020-09-10

Sahabat, pernah gak sih kamu kehabisan tempat parkir saat di mall atau di tempat makan? Akhirnya, kamu harus bela-belain parkir mobil di luar ruangan. Hal ini yan

thumbnail
New

4 Tips Merawat Ban Tubeless Agar Performa Tetap Bagus

2020-09-10

Saat ini, kebanyakan mobil telah menggunakan ban yang kita kenal dengan ban tubeless. Ban tubeless adalah ban tanpa karet atau lebih tepatnya ban yang tidak menggunakan