Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
25 Makanan Khas Papua yang Dapat Memanjakan Lidah
22 Januari 2021
25 makanan khas papua

Provinsi yang terletak di sebelah timur nusantara yakni Papua memang terkenal akan keberagaman budayanya. 

Selain budaya, makanan tradisionalnya pun cukup beragam yang mana tidak bisa dilewatkan ketika berada di sana. Penasaran apa saja makanan khas Papua yang memanjakan lidah? Berikut ulasannya.

1. Ikan Bakar Manokwari

Jika biasanya ikan bakar disajikan dengan bumbu kecap, namun berbeda lagi di Papua. Pasalnya, ikan bakar disini disajikan bersamaan dengan rempah yang telah digiling kasar. Setelah dilumuri oleh perasan jeruk nipis, ikan akan dibakar di bara api.

2. Ikan Bungkus

Masih berbicara dengan olahan ikan. Sajian kuliner satu ini memang berupa ikan yang diselimuti oleh bumbu khasnya. Mungkin banyak yang mengira jika olahan ini adalah pepes, namun sebenarnya jauh berbeda. Karena ikan bungkus ini dikemas dengan daun talas lalu dibakar dengan api kecil.

3. Abon Gulung

Berbeda dengan roti gulung pada umumnya, makanan khas Papua ini ternyata berukuran lebih besar. Bukan hanya itu saja, roti yang berbentuk bulat lonjong dengan warna kecoklatan ini pula menyimpan abon yang cukup banyak.

4. Aunuve Habre

Ditengok dari namanya, mengisyaratkan jika makanan ini berasal dari luar negeri. Padahal, sebetulnya hidangan bernama aunuve habre ini asli Papua. Berbahan dasar ikan cakalang, makanan ini awalnya dimasukkan ke dalam daun talas yang telah direbus hingga layu.

5. Kue Bagea

Bentuknya yang menyerupai batang pohon yang dipotong potong dan berwarna kekuningan, membuat camilan khas ini kerap diburu oleh para pelancong. 

Kue bagea terbuat dari telur ayam yang telah dikocok dengan gula hingga kental. Lalu diberikan kayu manis, cengkeh, kacang tanah, dan kenari.

6. Cacing Laut

Mendengar namanya saja membuat bulu kuduk ikut berdiri. Meski begitu, pada kenyataannya makanan ini jauh berbeda dengan namanya. Pasalnya, cacing tanah memiliki rasa yang sangat lezat menjauhkan pikiran ngeri orang orang. 

7. Keripik Keladi

Sesuai dengan namanya, makanan khas Papua ini terbuat dari keladi yang merupakan umbi umbian. Lebih sering ditemukan di tanah Papua. 

Keladi selalu dimanfaatkan menjadi berbagai olahan salah satunya keripik. Disajikan pula dengan rasa yang sangat bervariasi, seperti pedas, manis, dan gurih.

8. Petatas

Petatas atau dikenal pula dengan nama ubi jalar, menjadi makanan pokok masyarakat Papua terlebih lagi di wilayah pegunungan. Hal ini lantaran tanah Pulau Cenderawasih ini tidak cukup subur jika ditanami padi. Sehingga, masyarakat mengolah petatas sebagai makanan sehari hari.

9. Udang Selingkuh

Namanya yang cukup unik tersebut mendeskripsikan jika bentuk dan ukuran capit udang cukup besar layaknya kepiting. Teksturnya yang padat dan berserat pun serupa dengan lobster. Masyarakat setempat mengolahnya dengan baik, sehingga cita rasa yang disuguhkan sungguh menggiurkan.

10. Papeda

Siapa yang tak mengenal papeda? Hidangan pokok yang terbuat dari bahan utama sagu ini memang telah tersohor hingga penjuru nusantara. Tampilannya yang menyerupai bubur dengan bumbu kuningnya, membuat siapa saja yang mencicipinya akan merasa ketagihan.

11. Sate Ulat Sagu

Papua selalu menyuguhkan makanan yang tak terpikirkan sebelumnya. Misalnya saja sate ulat sagu. Meski terdengar geli, namun siapa sangka ternyata makanan khas Papua ini diklaim memiliki kandungan gizi yang sangat melimpah dan ampuh menambah energi.

Baca juga: Ragam Suku di Indonesia dan Ciri Khasnya

12. Kue Lontar

Konon ceritanya, kue lontar ini dibawa oleh para penjajah BelAnda berpuluh puluh tahun silam. Dulunya kue ini disebut rontart, tapi karena sulit untuk dihafalkan sehingga masyarakat setempat mengganti dengan kue lontar. Rasanya yang sangat lezat, menjadikannya diburu banyak orang.

13. Martabak Sagu

Di Papua terdapat sebuah hidangan yang cukup unik bernama martabak sagu. Terbuat dari sagu dan bahan sederhana lainnya, makanan satu ini kerap disuguhkan untuk menyambut kedatangan para tamu ataupun beberapa acara lainnya.

14. Aunu Senebre

Aunu senebre merupakan kuliner tradisional yang hanya bisa ditemukan di dataran timur saja. Bila di tengok dari penampilannya, makanan ini terdiri dari nasi, ikan teri, irisan daun talas, dan parutan kelapa. Nasi yang telah digoreng sebelumnya, kemudian dimasak lagi dengan dikukus.

15. Sagu Lempeng

Dari semua olahan kuliner yang telah disebutkan, sagu lempen menjadi makanan yang sangat otentik dengan tanah Papua. Bentuknya yang berupa batangan persegi panjang dengan warna merah kecoklatan, menjadikan sagu lempeng selalu diincar oleh para wisatawan.

16. Sambal Colo Colo

Selain hidangan dari sagu, Papua pula memiliki olahan sambal yang cukup unik. Di mana sambal yang mempunyai pedas luar biasa ini kerap disajikan dengan ikan kuah kuning, tumis kangkung bunga pepaya, udang asam manis, serta olahan seafood lainnya.

17. Sambal Dabu Dabu

Sambal dabu dabu menjadi makanan khas Papua lainnya yang cukup terkenal di Indonesia. Di Papua, sambal ini lazimnya disajikan dalam makanan sehari hari. Pembuatannya menggunakan beberapa bahan seperti cabai rawit, bawang merah, gula, tomat, dan garam.

18. Bubur Sagu

Bubur sagu merupakan makanan pokok yang kerap disantap oleh masyarakat setempat dalam kesehariannya. Biasanya mereka akan menyantapnya dengan sup kuah kuning dari ikan makarel, atau umbi yang telah direbus. 

19. Sarang Semut

Mungkin Anda tidak asing dengan sarang semut. Salah satu makanan asal Papua ini memang berasal dari sarang semut yang telah terkenal hingga mancanegara. Bukan karena rasanya, sarang semut digemari oleh banyak orang lantaran khasiatnya yang sangat melimpah.

20. Minuman Sunset Papua

Sunset Papua adalah minuman khas yang terdiri dari jus jeruk di bagian bawah serta jus wortel di bagian atasnya. Terdengar cukup unik, tapi perpaduan tersebut sangat cocok. Warnanya yang cerah layaknya matahari terbenam pun menarik perhatian.

21. Es Kelapa Muda Asam Manis

Seperti namanya, minuman dari Papua ini memang terasa asam dan manis. Yang mana rasa tersebut berasal dari air kelapa, degan, selasih, dan jeruk nipis yang dipadukan menjadi satu. Rasanya akan menjadi lebih menyegarkan lagi, jika diberikan sirup gula pasir dan es batu.

22. Es Buah Matoa

Matoa merupakan buah khas yang hanya bisa ditemukan di tanah Cenderawasih. Selain diolah sebagai hidangan, masyarakat setempat pula membuat sebuah minuman dari buah matoa. Adanya campuran seperti agar hijau, kolang kaling, dan biji selasih membuatnya sangat lezat.

23. Telur Balado Pedas

Telur ayam yang dibalut dengan bumbu khas Papua ini sangat ampuh membuat para penikmatnya menjadi ketagihan. Pasalnya, rasanya yang begitu lezat ditambah lagi dengan nasi hangat di sampingnya. Tentunya akan memanjakan perut dan lidah Anda.

24. Ayam Rica Papua

Hidangan tradisional bernama ayam rica ini kerap dijadikan sebagai menu Andalan masyarakat Papua untuk berbuka puasa. Dari penampilannya memang terlihat mirip layaknya ayam rica pada umumnya, namun bumbu khusus yang digunakan tentunya berbeda.

25. Bandeng Kuah Kuning

Makanan khas Papua yang terakhir ini berasal dari ikan bandeng. Cita rasanya yang terbilang unik, lantaran dari bumbu dan rempah khas yang digunakannya. Jadi tak heran jika banyak mengincar untuk mencicipinya di tanah Cenderawasih.

Tidak ada yang menyangka jika Papua menyimpan segudang kuliner khas yang begitu menggugah selera. Rasanya yang begitu otentik membuat para penikmatnya jatuh cinta dan ingin menyantapnya kembali di lain waktu.

Baca juga: 5 Gunung Tertinggi di Indonesia Terletak di Papua, Tak Salah Dijuluki Surga Indonesia

Tips Sahabat Lainnya
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku