Logo Daihatsu
Menu

5 Gunung Tertinggi di Indonesia Terletak di Papua, Tak Salah Dijuluki Surga Indonesia

Travel

2020-12-23

puncak jaya wijaya

Pegunungan Jayawijaya adalah pegunungan yang terkenal di Indonesia. Rangkaian pegunungan ini terletak di Papua. Terdiri dari banyak pegunungan yang terangkai, Jayawijaya didapuk sebagai pegunungan tertinggi di Indonesia dengan puncak tertingginya adalah Puncak Jaya loh, Sahabat.

Selain Puncak Jaya, ada empat lagi puncak yang juga termasuk puncak-puncak tertinggi di Indonesia. Berikut adalah 5 gunung tertinggi di Indonesia yang kesemuanya adalah anggota dari Pegunungan Jayawijaya.

Puncak Jaya

Yang paling terkenal dari Pegunungan Jayawijaya tentu saja Puncak Jaya. Gunung ini menjadi gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut yang terletak di Papua, sekaligus masuk ke dalam tujuh besar puncak tertinggi di dunia.

Puncak Jaya pertama kali ditaklukan pada 1909 yang dilakukan oleh pendaki asal Belanda bernama Hendrikus Albertus Lorentz bernama orang Dayak berjumlah enam orang.

Gunung ini sebelumnya memiliki nama Piramida Carstensz karena “ditemukan” oleh Jan Carstenszoon, orang asal Belanda yang sedang melakukan penjelajahan lalu melihat gunung yang diselimuti salju padahal cuacanya begitu cerah dan panas.

Puncak Mandala

Di bawah Puncak Jaya terdapat Puncak Mandala sebagai gunung tertinggi kedua di Indonesia. Memiliki tinggi 4.760 meter di atas permukaan laut, Puncak Mandala terkenal menjadi gunung yang susah ditaklukan sehingga tidak sembarang orang bisa mendakinya.

Gunung yang terletak di Papua ini diberi julukan Julianna yang lagi-lagi diciptakan oleh orang Belanda yang dahulu melakukan penjelajahan di Papua. Puncak Mandala juga memiliki gletser salju yang terbilang tebal seperti halnya Puncak Jaya. Namun, gletser tersebut kian menipis karena perubahan iklim.

Puncak Trikora

Puncak Trikora memiliki ketinggian 4.730 meter di atas permukaan laut. Konon, Puncak Trikora lebih susah ditaklukan dibanding Puncak Jaya loh, Sahabat. Fakta itu diamini oleh Mila, pendaki perempuan pertama yang berhasil menaklukan Trikora pada 2018 lalu.

Sebagai gunung tertinggi ketiga di Indonesia, Puncak Trikora memiliki suhu terendah sebesar 4 derajat celcius. Seperti halnya kondisi gunung-gunung yang terletak di Pegunungan Jayawijaya, kondisi salju di Puncak Trikora juga semakin terkikis karena pemanasan global.

Ngga Pilimsit

Gunung Ngga Pilimsit juga terkenal dengan sebutan Gunung Idenberg. Gunung yang termasuk tertinggi nomor 4 di Indonesia ini memiliki ketinggian 4.673 meter di atas permukaan laut. Dengan adanya Ngga Pilimsit ini, Papua berhasil menempatkan lima gunung tertingginya sebagai gunung-gunung tertinggi di Indonesia.

Puncak Yamin

Puncak Yamin ini memiliki tinggi 4.535 meter di atas permukaan laut. Menjadi bagian dari Pegunungan Jayawijaya, Puncak Yamin pertama kali didaki oleh pada 2018 oleh kelompok pendakian bernama Wanadri. Namun, untuk menuju puncaknya masih terlalu sulit karena hanya sedikit pendaki yang berhasil menaklukan puncak ini.

Pada 1913, Puncak Yamin bernama Prins Hendrik-top. Kala itu, di puncak gunung ini terdapat salju yang kemudian dinamai dengan “salju abadi”. Namun, sekarang salju itu sudah meleleh dan tak lagi ada wujudnya di Puncak Yamin.

Wah, kelimanya memiliki tinggi di atas 4.500 meter di atas laut ya, Sahabat. Karena ketinggiannya itu, bahkan terdapat salju di Puncak Jaya loh. Pendaki asal Amerika zaman dahulu bahkan sempat heran bagaimana bisa gunung yang terdapat di wilayah khatulistiwa terdapat salju di sana.

Baca juga : Gunung Bromo - Wisata, Lokasi, Upacara Adat

Jika Sahabat berniat untuk mendaki gunung-gunung tersebut, bergabunglah dengan komunitas yang sudah terbiasa dengan trek pendakian ekstrim. Persiapkan tubuh supaya fit ketika mendaki dengan rajin berolahraga.

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

15 Tempat Wisata di Singapura yang Paling Populer dan Wajib Dikunjungi

2021-03-24

Singapura menjadi salah satu negara yang paling populer dikunjungi oleh turis dari Indonesia. Tiket murah ke Singapura menjadi salah satu daya tarik paling menggiurkan b

thumbnail

15 Makanan Khas Sumatera Barat yang Dijamin Lamak Bana

2021-01-31

Salah satu hidangan khas Indonesia yang dinyatakan sebagai makanan terenak di dunia yaitu rendang. Masakan dengan rasa rempah yang begitu kuat satu ini berasal dari daer

thumbnail

11 Istilah Camping yang Wajib Diketahui oleh Pecinta Alam

2020-11-22

Camping merupakan berkemah, kegiatan di alam terbuka dengan mendirikan tenda dan kegiatan alam lainnya. Biasanya, camping dilakukan ketika seorang pendaki sampai di pos tertentu pendakian, dilakuka

thumbnail

Tips Persiapan Wisata ke Gunung Bromo

2020-10-28

Dalam sebuah perjalanan kemanapun itu, persiapan yang matang merupakan hal penting dan kunci perjalanan yang sukses serta menyenangkan. Apalagi ketika Sahabat berencana