Logo Daihatsu
Menu

4 Ciri-Ciri Bearing Kompresor Ac Mobil Rusak dan Harus Segera Diganti

Otomotif

2021-01-04

ciri ciri bearing kompresor ac mobil rusak

Dengan kondisi udara yang panas dan lembab, tidak heran jika banyak mobil yang dilengkapi dengan fitur AC. Bahkan tambahan ini seakan menjadi kebutuhan segala umat pemilik mobil. 

Namun, sayangnya tidak banyak yang tahu akan ciri-ciri bearing kompresor AC mobil rusak. Padahal kerusakan ini harus segera dibenahi. Untuk itu, cek ulasan berikut ini. 

1. Sistem Pendingin Bocor 

Jika bantalan internal pada bearing kompresor pendingin bergeser, maka masalah kebocoran akan sering terjadi. Kebocoran ini, biasanya muncul dalam bentuk keluarnya cairan freon AC dan tumpah hingga ke komponen AC mobil lainnya. 

Jika sudah parah, cairan tersebut bisa saja menembus hingga masuk kabin. Segera cek kondisi AC. Lantaran kebocoran yang terus berlanjut akan membuat pendingin tidak bekerja maksimal dan boros freon

Jika kondisi kompresor bergeser, mungkin servis saja sudah cukup. Namun kebocoran ini juga bisa terjadi karena bantalan internal berkarat dan aus, yang mana harus diganti. 

2. Suara Bising Pada Ac 

Ciri-ciri bearing kompresor ac mobil rusak adalah suara bising. Jika Anda menemukan suara gerinda atau derit tepat pada perangkat AC, maka ada kerusakan yang terjadi di sana. 

Umumnya, penyebab suara tersebut adalah bantalan bearing yang sudah aus atau karatan. Hal tersebut bisa terjadi karena kurang pelumas. 

Baca juga: AC Mobil Serta Cara Kerjanya

3. Hembusan Udara Tidak Dingin 

Sudah jelas sekali bahwa peran dari AC adalah memberi hembusan udara yang dingin dan segar di dalam kabin. Namun jika yang dikeluarkan adalah sebaliknya, maka sudah pasti ada yang salah dengan perangkat tersebut. 

Salah satu hal yang paling umum terjadi adalah Freon sudah habis, atau malah terjadi kerusakan pada bearing kompresor.

Jika masalah pertama yang jadi dalangnya, maka Anda hanya perlu isi ulang saja. Tapi jika penyebabnya adalah kemungkinan kedua, tentu Anda perlu melakukan cek secara menyeluruh. 

Ciri-ciri bearing kompresor ac mobil rusak bisa terlihat dari kinerja evaporator yang diatur oleh bearing kompresor.

Jika rusak, udara panas dari mesin yang akan keluar. Hembusan udara panas ini tentunya akan membuat perjalanan terganggu. Lebih parahnya, udara tersebut akan membuat kondisi dalam kabin pengap dan kekurangan oksigen. Yang mana bisa menyebabkan keracunan atau sesak napas. 

4. Blower AC Rusak

Kerusakan terakhir ini berkaitan dengan kopling kompresor yang berfungsi untuk mengatur si kompresor itu sendiri. Tugas utamanya adalah untuk mengaktif dan nonaktifkan blower AC, sehingga udara dingin bisa keluar dengan lancar. 

Jika ditelaah lebih dalam, ternyata kopling ini bisa rusak karena kompresor berkarat atau aus. Perlu Anda ketahui bahwa kerusakan pada kopling ini harus segera ditangani. Pasalnya, bisa merembet pada komponen lain. 

Bahkan ciri-ciri bearing kompresor ac mobil rusak ini bisa saja membuat seluruh rangkaian komponen AC mati total. Karena itulah segera cek apabila blower tidak berfungsi maksimal. 

Penggunaan AC dengan jangka waktu yang lama bisa meningkatkan risiko akan kerusakan pada kompresor. Hal tersebut tentunya bisa dirasakan dengan sangat mudah. 

Anda bisa melihat ciri tersebut dari hembusan udara, suara, kebocoran, dan blower yang tidak aktif. Jika hal tersebut terjadi, maka segera cek dan ganti dengan yang baru. 

Baca juga : Tugas Evaporator AC Mobil dan Penyebab AC Cepat Rusak


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apakah Aman Pakai Cetane Booster Pada Mobil Mesin Diesel?

2022-04-12

Sebagian besar masyarakat yang menyukai otomotif pastinya sudah tidak asing lagi dengan penggunaan cetane booster. Memiliki fungsi untuk menaikkan bilangan setana

thumbnail

Mobil Listrik Daihatsu VIZION-F Mejeng di GIIAS 2023, Ini Spesifikasi & Kelebihannya!

2023-08-18

Daihatsu kembali hadir dalam pameran berskala internasional yaitu pada GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2023. GIIAS kali ini berlokasi di ICE BSD C

thumbnail

Begini Cara Memperbaiki Kaca Mobil yang Tidak Bisa Naik

2020-10-29

Kaca mobil bukanlah sekedar aksesoris belaka, karena komponen tersebut memiliki peran penting yang tidak boleh disepelekan. Namun

thumbnail

Cara Mudah Mengurus STNK Mobil Hilang

2024-01-18

Mobil pribadi harus memiliki kelengkapan dokumen sebagai penanda bahwa Anda merupakan pemilik kendaraan secara legal. STNK adalah bukti bahwa kendaraan terdaftar resmi