Logo Daihatsu
Menu

4 Fungsi Epoxy yang Perlu Diketahui

Tips & Trick

2021-01-14

fungsi epoxy

Memodifikasi motor kesayangan tidak hanya meningkatkan tampilannya semata, namun juga memberikan perlindungan unggul untuk setiap part kendaraan. 

Salah satu modifikasi yang cukup populer dilakukan yaitu mengecat ulang menggunakan epoxy sebagai alternatifnya. Sebelum menggunakannya, silahkan fungsi epoxy terlebih dahulu. 

1. Menutup Permukaan Cat yang Belang 

Motor yang memiliki masa penggunaan lama, secara perlahan warna cat akan berubah dan terlihat lebih kusam. Namun bagaimana jika suatu ketika Anda mendapati warna cat belang pada salah satu bagian kendaraan? 

Kondisi ini tentu menjengkelkan, karena warna belang menurunkan kecantikan motor dan membuatnya bak kendaran lawas yang tidak terawat.

Untuk memulihkan tampilannya, sang pemilik harus mengecat ulang pada beberapa part kendaraan yang memiliki warna belang. Sebelum menyemprotkan epoxy, silahkan sikat lalu amplas agar debu dan kotoran yang menempel ikut terkelupas. 

Setelah itu cuci hingga bersih dan semprotkan epoxy pada permukaan yang hendak di cat ulang. 

2. Menghilangkan Bekas Goresan 

Mampu menghilangkan bekas goresan halus merupakan salah satu fungsi epoxy yang wajib mendapatkan acungan jempol. Goresan halus tidak hanya merusak tampilannya saja, namun membuat kendaraan tampak lawas dan tidak terawat. 

Goresan tersebut dapat muncul karena beberapa faktor, salah satunya terjadi gesekan dengan bagian kendaraan lainnya. 

Namun tidak perlu khawatir lagi, karena permasalahan tersebut dapat teratasi ketika Anda menambahkan lapisan cat pilox epoxy ketika melakukan pengecatan ulang. 

Tidak hanya sekedar menutupi bekas goresan semata, karena epoxy juga mampu menahan agar bekas tidak kembali muncul ke permukaan. 

Alhasil kendaraan tampil bak kendaraan baru dibeli dari dealer resminya, karena tidak ditemukan cacat akibat beberapa goresan di bagian body kendaraan.

Demi mendapatkan hasil maksimal, silahkan semprot epoxy secara merata ke beberapa bagian yang terdapat goresan halus usai membersihkan kendaraan.  

3. Memaksimalkan Hasil Pengecatan Ulang

Salah satu fungsi epoxy lainnya yaitu memaksimalkan hasil pengecatan ulang. Sebab bagian kendaraan yang berwarna belang atau terkena goresan, membuat lapisan cat baru kurang maksimal. 

Oleh karenanya, para teknisi handal kerap menghilangkan cat yang lama terlebih dahulu sebelum menyemprotkan epoxy.

Hasil cat ulang pun tampak sempurna, karena goresan halus tidak membuat cat tampak bergerigi atau tidak merata akibat sela sela halusnya tidak ikut terlapisi cat baru. 

Bodi kendaraan yang diberikan Epoxy. dapat dicuci dan diamplas kembali usai kering. Hal ini dilakukan, agar permukaannya lebih rata sebelum ditimpa dengan cat yang baru.  

4. Memberikan Perlindungan 

Sebagian orang masih beranggapan bahwa memberikan epoxy tidak terlalu penting dilakukan dalam rangkaian pengecatan ulang. 

Alhasil mereka akan menimpa cat lama dengan yang baru secara langsung. Padahal goresan halus atau bocel akan tampak ke permukaan ketika cat mengering. 

Meski lapisan cat tampak baru, namun Anda tidak bisa menyembunyikan adanya goresan di beberapa bagian. Inilah mengapa pentingnya mengetahui fungsi epoxy beserta manfaatnya sebelum melakukan pengecatan ulang.

Pengecatan ulang sepeda motor, merupakan salah satu bentuk perawatan yang bisa dilakukan ketika lapisan cat sudah mulai pudar. 

Pengecatan pun tidak boleh dilakukan sembarangan, karena ada beberapa tahapan yang harus dilakukan ketika melakukannya. Pilihlah cat berkualitas untuk mendapatkan hasil maksimal. 

Baca juga : Rangkaian Cara Membuat Lampu Hazard Pada Motor Tanpa Mengganti Flasher


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Tips Agar Followers Instagram Banyak

2021-06-29

Memiliki followers yang banyak di Instagram mungkin tidak bukanlah prestasi tertentu yang bisa dibanggakan. Namun, di era serba digital ini, mereka dengan akun In

thumbnail

Sejarah Kerajaan Bali, Awal Berdiri, Kehidupan Sosial dan Masa Jaya

2021-03-31

Sebagaimana yang kita ketahui saat ini, Kerajaan Bali terletak di Pulau Bali yang tak jauh dari Jawa Timur. Kerajaan ini diduga memiliki sejarah kehidupan yang berkaitan

thumbnail

Berbagai Tips Menghilangkan Bekas Luka Pada Kulit!

2021-08-03

Bekas luka pada tubuh memang menimbulkan rasa insecure pada sebagian orang, walaupun bekas luka sebenarnya tak harus dipermasalahkan. Namun jika Anda ingin menghi

thumbnail

Cara Mudah Setting Ganjil Genap di Google Maps

2020-12-29

Demi meminimalisir kemacetan, kini beberapa kota besar di Indonesia telah menerapkan sistem ganjil genap pada jam dan ruas jalan tertentu. Hal ini tentunya akan membingu