Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Rangkaian Cara Membuat Lampu Hazard Pada Motor Tanpa Mengganti Flasher
30 Oktober 2020
cara membuat lampu hazard pada motor tanpa mengganti flasher

Siapa yang tidak mengenal lampu hazard? Lampu darurat satu ini kerap ditemukan pada kendaraan roda empat, baik mobil pribadi maupun moda transportasi lainnya. Sayangnya sepeda motor masih belum dibekali dengan teknologi tersebut, namun Anda bisa mencoba cara membuat lampu hazard pada motor tanpa mengganti flasher. Berikut caranya. 

Mengenal Sekilas Tentang Lampu Hazard

Lampu Hazard merupakan lampu yang memberikan sinyal kepada pengendara lainnya lewat kedipan lampunya. Ada beberapa kondisi mengapa lampu darurat tersebut harus dinyalakan seperti kendaraan mogok, sedang melakukan penggantian ban kendaraan, berhenti sesaat di bahu jalan, ataupun terjadinya kecelakaan. 

Semua kondisi tersebut beresiko membahayakan kendaraan lainnya, sehingga pemberian sinyal perlu dilakukan agar pengendara lainnya lebih berhati hati. Namun cukup disayangkan karena tombol hazard hanya tersedia untuk kendaraan roda empat saja. Padahal para pengendara motor juga membutuhkan tombol tersebut untuk memberikan sinyal kepada pengendara lainnya. 

Menyadari kondisi tersebut, acap kali pengendara memodifikasi kendaraannya sendiri sebagai langkah antisipasinya. Ketika modifikasi berhasil dilakukan, kedua lampu sein akan berkedip bersamaan layaknya lampu hazard pada mobil.

Baca juga: Lampu Sorot – LED, Mobil, Motor, dan Merek Terbaik

Langkah Membuat Lampu Darurat Pada Sepeda Motor

Cara memasang lampu hazard pada motor dapat dilakukan dengan menghubungkan kabel lampu sein kiri dan kanan menjadi satu yang ditambahkan dengan lampu hazard. Meski keempat lampu sein dapat disambungkan bersamaan, flasher pada kendaraan tidak mampu membuat semua lampu sein berkedip di saat bersamaan. 

Flasher adalah suatu komponen pada rangkaian lampu sein yang memiliki fungsi untuk mengedipkan lampu ketika tombol tanda bahaya dinyalakan. Karena daya flasher pada motor tidak terlalu kuat menyalakan keempat sein bersamaan, secara tidak langsung Anda harus menggantinya dengan flasher khusus mobil sebagai alternatif terbaik. 

Sebab flasher motor tidak mampu menghasilkan cahaya terang untuk keempat lampu sein dalam satu waktu. Namun Anda juga tidak perlu takut penggunaan flasher mobil akan merusak komponen sepeda lainnya, hanya saja lampu sein akan berkedip lebih cepat dari seharusnya. Jadi, hal yang harus dilakukan adalah:

1. Siapkan Alat

Tertarik memasang lampu hazard pada kendaraan roda dua kesayangan? Pertama tama, silahkan siapkan beberapa alat dan bahannya terlebih dahulu seperti obeng, saklar, solasi, kabel, dan tentunya flasher mobil.

2. Bongkar bodi kendaraan 

Hal iniuntuk memudahkan mencari letak flasher kendaraan, lalu gantilah dengan flasher mobil. Kaki flasher mobil terdiri dari 3 kaki, di mana dua kaki dapat disambungkan pada socket secara langsung dan sisanya disambungkan menggunakan kabel. Ketika pemasangan berhasil dilakukan, lampu sein akan menyala sebagaimana mestinya walaupun kedipan terlihat lebih cepat. 

3. Cari Kabel dengan Aliran Listrik Positif (+)

Anda bisa membongkar lampu motor, lalu cari kabel yang bertanda plus (+) pada kedua lampu sein. Gabungkan kedua kabel positif tersebut menggunakan saklar dan lampu hazard pun siap digunakan. 

Berdasarkan fungsinya, kendaraan roda dua juga membutuhkan lampu hazard agar bisa memberikan sinyal bahaya kepada pengendara lainnya. Jika produsen motor tidak menambahkannya, tidak ada salahnya memodifikasi kendaraan Anda sendiri. 

Tips Sahabat Lainnya
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor