Logo Daihatsu
Menu

5 Cara Memasang Roof Rack Mobil Agar Dapat Berfungsi Aman

Otomotif

2021-01-29

memasang roof rack

Saat sedang melakukan perjalanan bersama keluarga, terkadang ruang bagasi mobil masih kurang untuk menyimpan barang-barang. Banyak orang yang lebih memilih untuk melakukan perjalanan darat bersama keluarga saat melakukan road trip di saat mudik hari raya. Nah, tidak sedikit orang yang menambah aksesori roof rack di atas mobilnya.

Cara memasang roof rack mobil merupakan alternatif paling mudah di saat seseorang ingin melakukan perjalanan panjang dengan jalur darat. Alternatif penggunaan aksesori ini juga lebih hemat karena sahabat tidak perlu membayar biaya bagasi. Nah, berikut inilah cara memasang roof rack yang aman untuk dipasang di atas mobil.

Sesuaikan Kondisi Atap Mobil

Setiap mobil memiliki bentuk bodi dan atap yang berbeda-beda. Sahabat bisa memastikan terlebih dahulu kondisi bagian atap mobil sebelum dipasangi roof rack. Pastikan kondisi atap kendaraan tidak berkarat, keropos, atau rusak. Jika kondisi atap mobil sudah kurang baik, pemasangan aksesori roof rack malah bisa memperparah kondisi bodi kendaraan.

Ketahui Beban Maksimal yang Bisa Ditampung

Selain memastikan fungsi kendaraan yang prima, sahabat juga perlu mengetahui kapasitas maksimal yang bisa ditampung di atas kendaraan. Jangan sampai bobot barang yang ditampung kendaraan berlebihan dan membuat atap mobil penyok. Sebaiknya, sahabat juga memperkirakan beban maksimal yang akan dibawa selama bepergian.

Perhatikan Bentuk Roof Rack yang Dibeli

Nah, jika sudah mengidentifikasi kondisi kendaraan, saatnya untuk memilih roof rack yang bagus dan tahan lama. Pastikan untuk memilih bentuk roof rack yang sesuai dengan bodi mobil. Selain untuk dapat memberikan struktur yang kokoh, bentuk roof rack juga bisa berpengaruh pada aerodinamika mobil saat melaju kencang.

Jika laju kendaraan terganggu, tentunya akan ada risiko berkendara. Jangan sampai mengabaikan faktor keselamatan hanya untuk membawa lebih banyak kendaraan, loh. Oleh karena itulah, sahabat harus sangat teliti saat mempertimbangkan roof rack yang akan dibeli untuk kendaraan. Pilih roof rack yang bentuknya paling sesuai untuk dipasang di mobil.

Pilih Material Kokoh dan Aman

Selain bentuk yang sesuai untuk jenis mobil, sahabat juga perlu memilih material roof rack terbaik. Material roof rack yang disarankan untuk dipakai di mobil adalah plastik ABS yang kuat dan tahan air. Bobot kerangka yang terbuat dari plastik ABS ini juga tidak terlalu berat sehingga aman untuk digunakan dan dipasang sebagai tambahan aksesori di atas kendaraan.

Hal terpenting yang perlu diperhatikan saat sahabat menggunakan roof rack adalah proses pemuaian yang mungkin terjadi. Jika bahan yang digunakan memuai, barang yang dibawa bisa terjatuh dan memicu kecelakaan di perjalanan. Oleh karena itu, bahan plastik yang cukup aman juga bisa dilapisi pelindung ultraviolet agar lebih awet meski terkena panas.

Lakukan Pemasangan Secara Cermat dan Teliti

Pemasangan roof rack bisa dilakukan dengan menggunakan bor atau menggunakan penjepit di tulang atas. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, sahabat bisa mempertimbangkannya dengan bijak dan menyesuaikan dengan kondisi perjalanan yang akan dilalui. Namun, bagaimanapun cara pemasangannya, pastikan untuk melakukan prosesnya secara teliti dan tidak merusak bodi mobil sehingga terjadi kerusakan atau bocor.

Itulah alternatif yang bisa sahabat lakukan untuk memasang roof rack sebagai tempat penyimpanan tambahan di mobil. Selain memilih material terbaik, pastikan bahwa sahabat juga melakukan pemasangan yang cermat dan hati-hati dengan memprioritaskan keamanan berkendara, ya!

Penulis : Rizkita Darajat


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Pelanggaran Rambu Lalu Lintas yang Masih Sering Terjadi

2020-12-03

Berbagai aturan telah tertulis agar kondisi lalu lintas berjalan kondusif. Tapi kenyataannya, masih ada saja pengemudi yang melanggar rambu-rambu lalu lintas. Dampaknya tak cuma merugik

thumbnail

Yuk, Ketahui 4 Jenis Pegas pada Sistem Suspensi Mobil

2023-10-04

Mengenali 4 jenis pegas pada sistem suspensi mobil sangatlah berguna. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui perbedaan sekaligus keunggulan setiap pegas. Seperti Anda k

thumbnail

Tips Memilih Ban Mobil Agar Tak Salah Pilih

2020-11-21

Tips memilih ban mobil adalah hal yang harus Sahabat ketahui. Dengan tips tersebut, Sahabat bisa terhindar dari memilih ban mobil yang salah. Dengan begitu, peluang Saha

thumbnail

Begini Efek Membiarkan Tutup Radiator Rusak

2021-12-20

Radiator memiliki fungsi yang penting untuk menjaga agar suhu mesin tidak overheat. Sistem pada pendingin  radiator membutuhkan komponen yang cukup banyak Lalu bagaimana dengan efek tutup radi