Logo Daihatsu
Menu

6 Cara Mengisi Air Aki Kering Pada Mobil, Ternyata Mudah!

Otomotif

2022-11-15

6 Cara Mengisi Air Aki Kering Pada Mobil, Ternyata Mudah!

Apakah air pada mobil Anda memiliki penurunan volume tetapi Anda tidak mempunyai waktu untuk pergi ke bengkel serta mengisi air aki? Bila masalah tersebut terjadi, sebenarnya tidak perlu khawatir karena cara mengisi air aki kering bisa dilakukan sendiri di rumah. 

Namun, pastikan Anda tidak menunda melakukan pengisian aki dan jangan sampai Anda melakukan isi ulang air aki mobil pakai air zuur, ya! Aki menjadi salah satu komponen vital yang dimiliki kendaraan. Aki menjadi komponen kelistrikan yang mempunyai peran inti, sehingga mobil bisa terus menerus dinyalakan. 

Bila air aki kurang dari volume yang telah ditentukan, terdapat risiko yang timbul, contohnya seperti tidak dapat di starter. 

Cara Mengisi Air Aki Kering

Sebenarnya, pengisian air aki ini bisa dikatakan mudah. Anda hanya perlu menyiapkan sejumlah peralatannya terlebih dulu seperti obeng minus yang berukuran sedang, air aki baru dan kunci pas nomor 15. Berikut langkah pengisiannya.

1. Pastikan sistem kelistrikan aman

Sebelum melakukan pengisian aki, pastikan terlebih dahulu sistem kelistrikan berada di posisi aman. Untuk memastikannya, Anda dapat mematikan mesin mobil kemudian cabut kunci mobil.

Bila ingin lebih aman lagi, lepas kutub negatif aki dengan menggunakan kunci 10M dan kendurkan terminal kutub aki. Jika semua sudah mengendur, Anda dapat mengikuti langkah berikutnya. 

2. Buka bagian penutup sel aki

Setelah memastikan semua pengisian bisa berjalan dengan aman, Anda dapat membuka penutup sel aki. Penutup sel ini mempunyai 6 buah. Untuk membukanya, putar penutup sel aki searah dengan jarum jam yang berlawanan. 

Baca Juga : Cara Mudah Memperbaiki Aki Basah yang Rusak, 100% Berhasil!

3. Cek kapasitas

Setelah penutup sel telah terbuka, Anda bisa langsung memeriksa volume dari air aki. cara pengecekannya mudah, di dalam tangki aki, terdapat pembatas volume air. Bila air kurang dari pembatas tersebut, segera tambahkan air aki. 

4. Isi air dengan hati-hati

Ketika menuangkan air aki, pastikan memperhatikannya dengan baik. Jika ingin menambahkan air aki, Anda hanya perlu menambahkan air aki dengan kemasan botol biru. Kemudian, buka tutup botol air yang baru. 

Tuangkan air aki melalui lubang penutup sel. Saat melakukan pengisian air, pastikan air pas dengan pembatas volume air. Cara mengisi air aki kering tidak berhenti sampai di sini. Ketika selesai melakukan penuangan, pastikan membersihkan sekitar lubang aki. 

Pembersihan sekitar lubang aki dilakukan untuk meminimalisir air terkena komponen lain dan menyebabkan pengaratan. 

5. Tutup sel aki

Jika pengisian sudah selesai, Anda bisa langsung kembali menutup sel aki. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah, Anda harus menutup kembali dengan rapat dan benar, sehingga nantinya air tidak akan tumpah saat sedang berkendara. 

6. Segera starter mesin

Kemudian, diamkan kurang lebih 3 hingga 5 menit. Kemudian coba nyalakan mesin mobil. Bila mesin mobil sudah menyala, biarkan tetap menyala seperti ketika sedang memanaskan mobil kira-kira 10 hingga 15 menit. Cara ini dilakukan untuk melakukan pengisian daya listrik. Proses pengisian air aki selesai.

Cara mengisi air aki kering sangat mudah bukan? Hal yang harus diperhatikan ketika mengisi air aki mobil adalah hati-hati saat mengisinya. Selain memperhatikan kadar air aki mobil, pastikan memperhatikan perawatan komponen mobil yang lainnya.

Tentu saja, untuk melakukan perawatan berkala ini tidak bisa dilakukan sendiri. Anda dapat membawa mobil ke bengkel resmi Daihatsu. Di sana, mobil akan dirawat oleh teknisi profesional. Anda juga tidak perlu menunggu antrian lama, karena dapat melakukan booking service online sebelum berangkat. Jadi, tunggu apalagi? 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengenal Apa Itu Sistem Starter Mobil Beserta Komponennya

2021-01-12

Pada dasarnya, mobil berpaku kuat pada seluruh rangkaian komponen mesin yang digunakan. Yang mengawali semua proses tersebut adalah sistem starter mobil. 

thumbnail

Perbedaan Oli Mobil dan Motor, Jangan Sampai Salah!

2024-01-15

Memahami perbedaan oli mobil dan motor merupakan hal yang wajib dipahami oleh setiap pemilik kendaraan. Pasalnya jika penggunaannya tertukar, maka kopling kendaraan

thumbnail

Bagaimana Cara Kerja Sistem Pengisian Tegangan Baterai Mobil?

2020-11-27

Tidak bisa dipungkiri jika mobil bak sebuah alat yang penuh dengan komponen kompleks di dalamnya, seperti contohnya sistem pengisian. Peranti yang berfungsi mengisi tega

thumbnail

Apa Itu Posisi Duduk Ideal 3K?

2021-11-20

Ketika berkendara, Anda harus tahu bagaimana posisi duduk yang ideal demi menunjang kenyamanan. Hal ini biasa disebut dengan posisi duduk 3K, lalu apakah sudah mengetahui tentang konsep tersebut?