Logo Daihatsu
Menu

Bahaya Isi Ulang Air Aki Mobil Pakai Air Zuur

Otomotif

2022-05-22

bahaya isi ulang aki pakai air zuur

Tahukah Anda bahwa ternyata sangat bahaya isi ulang aki pakai air zuur, mengapa? Karena air zuur mengandung asam sulfat. Kandungan asam sulfat  ini bisa berbahaya, jika terkena tangan atau anggota tubuh lainnya.

Lalu apa sebenarnya air zuur ini, dan benarkah berbahaya jika melakukan isi ulang air aki mobil memakai air zuur ? 

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Air Zuur Serta Bahaya Isi Ulang Aki Pakai Air Zuur 

Sebagai pemilik mobil, Anda tentu sudah familiar dengan air aki. Air aki adalah air yang biasa Anda tambahkan pada aki mobil Anda. Air aki ini ada 2 jenis yakni air accu dan air zuur.

Air zuur merupakan cairan elektrolit yang sifatnya asam karena mengandung asam sulfat atau H2SO4. Kemasan air zuur biasanya botol plastik dengan tutup berwarna merah. 

Karena bersifat asam, maka air zuur ini berbahaya apabila terkena anggota badan terutama mata. Karena itu Anda harus berhati-hati jika akan menggunakan air aki ini. 

Mengisi aki menggunakan air zuur sebaiknya hanya Anda lakukan saat pertama kali pengisian. Artinya air zuur ini hanya boleh Anda gunakan saat mengisi aki dalam keadaan kosong. 

Namun mengisi aki kosong ini juga tidak 100 persen menggunakan air zuur. Anda harus mencampurnya dengan air accu. Perbandingannya adalah 70% air zuur dan 30% air accu.

Saat air aki berkurang, maka terjadi penguapan air dan menyisakan sulfat dalam aki. Dalam proses pengurangan tersebut, tingkat asam sulfat semakin tinggi. Untuk membuatnya kembali normal, Anda perlu menambahkan air accu. 

Air accu ini berasal dari air demineralisasi. Tak ada kandungan mineral satupun pada air aki ini. Sehingga kondisi asam sulfat dalam aki Anda akan normal. 

Sebaliknya bila Anda menggunakan air zuur, maka tingkat keasaman akan naik. Tingkat asam tinggi inilah yang menyebabkan aki akan cepat rusak. Sehingga umur pakai aki jadi lebih pendek.

Baca Juga: Performa Aki Mobil Drop? Ini Penyebab Aki Mobil Tidak Mengisi

Yang harus Anda perhatikan saat mengisi air aki adalah pastikan kendaraan dalam keadaan mati mesin. Jangan pernah menambah air aki dalam kondisi mesin menyala. Karena bisa menyebabkan air aki menguap. 

Penguapan ini sangat berbahaya apalagi jika Anda sampai menghirup uapnya. Selain itu perhatikan juga kapasitas air aki yang akan Anda isi. Jangan sampai berlebihan karena bisa mengakibatkan pengapuran pada aki.

Seperti yang sudah ada dalam penjelasan di atas, sangat berbahaya jika mengisi ulang aki pakai air zuur. Pasalnya air zuur mengandung asam sulfat yang pekat. Kandungan asam sulfat ini, jika terkena pada kulit akan menyebabkan gatal serta iritasi. 

Sedangkan bila terkena rangka mobil yang berbahan logam, air zuur dapat menyebabkan korosi atau berkarat. Lama kelamaan mobil akan rapuh dan rusak. Karena sifatnya yang keras ini, maka jauhkan air zuur dari jangkauan anak-anak.

Isi Ulang Air Aki Menggunakan Jasa Service Daihatsu

Bila Anda merasa ragu untuk mengisi air aki pada mobil Anda, Anda bisa memanfaatkan layanan service dari Daihatsu. Silakan langsung menghubungi customer service atau kunjungi website Daihatsu. 

Anda bisa mendapatkan informasi lebih jelas dan lengkap mengenai air aki serta bagaimana proses mengisi air aki dengan benar.

Demikianlah ulasan mengenai bahaya isi ulang aki pakai air zuur. Semoga informasi diatas dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan Anda tentang dunia otomotif. 


Tag

Otomotif

Share This