Logo Daihatsu
Menu

Performa Aki Mobil Drop? Ini Penyebab Aki Mobil Tidak Mengisi

Otomotif

2022-01-20

penyebab aki mobil tidak mengisi

Agar kendaraan dapat berjalan dan bekerja optimal, maka dibutuhkan aki. Komponen tersebut berfungsi sebagai suplai utama untuk kelistrikan mobil, seperti lampu dan bagian lainnya. Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah recharge aki tidak bekerja maksimal. Lantas apa yang menjadi penyebab aki mobil tidak mengisi? Simak ulasan berikut. 

1. Terdapat Masalah Pada Kabel Antara Aki dan Dinamo Ampere

Salah satu penyebab aki kendaraan roda empat menjadi soak yaitu terjadi masalah pada kabel kabel atau koneksi soket. Masalah ini terjadi karena soket yang mulai rapuh atau berkarat hingga kabel mulai putus. Kondisi ini akan terjadi pada mobil yang sudah berumur atau kendaraan roda empat yang jarang dilakukan perawatan dan pengecekan berkala. 

2. Terjadi Kerusakan Pada Dinamo Ampere 

Masalah selanjutnya yang bisa menyebabkan aki tidak terisi adalah dari dinamo ampere itu sendiri. Sebagai bagian penting dalam pengisian mobil, dinamo ampere mempunyai fungsi yang cukup penting. Sehingga jika terjadi masalah atau error, maka hal ini menjadi penyebab aki mobil tidak mengisi dan menyebabkan aki akan cepat soak.

Selain itu, bagian dinamo yang sering mendapati masalah yaitu carbon brush. Komponen ini berhubungan langsung dengan bagian slip ring pada kendaraan roda empat. Jika carbon brush aus, maka koneksi keduanya menjadi lebih kendor dan arus pengisian aki akan terhambat. Tidak hanya itu saja, IC regulator juga berpotensi mengalami kerusakan yang parah. 

Jika komponen dinamo ampere rusak, maka supply kelistrikan kendaraan roda empat akan tidak berjalan dengan normal. Padahal aki berguna sebagai penyimpan arus, sehingga jika arus tidak ada yang disimpan akan membuat busi mati. 

Selain itu, sistem injeksi yang memakai kelistrikan pada kendaraan roda empat akan mati dan menyebabkan mobil mogok. 

Apabila mesin mobil mogok, maka kendaraan roda empat Anda tidak dapat dihidupkan karena air akinya habis. Hal ini juga akan berdampak pada saat Anda mencoba untuk menyalakan mobil, maka starter tidak dapat dijalankan sebagaimana mestinya. 

Langkah terbaik untuk mengatasinya penyebab aki mobil tidak mengisi yaitu dengan cara memperbaiki komponen alternator.

3. Aki Tidak Mengandung Elektrolit

Jika Anda mempunyai mobil yang masih menggunakan aki dengan tipe basah, maka bisa diisi ulang. Hal ini membuat masa pakainya lebih panjang dan perawatannya lebih mudah. 

Tetapi seringkali pemilik mobil lupa melakukan pengecekan secara rutin, sehingga aki kekurangan zat elektrolit yang berguna untuk menghasilkan listrik. 

Apabila hal tersebut diabaikan begitu saja, maka zat yang menghasilkan kelistrikan akan hilang. Maka dari itu, Anda sangat disarankan mengeceknya atau melakukan perawatan sebelum melakukan perjalanan. 

Hal ini akan mencegah penyebab aki mobil tidak mengisi ketika Anda sedang bepergian dan tidak mengganggu perjalanan mengendarai mobil. 

Seperti yang sudah diketahui, penggunaan aki harus disesuaikan dengan kebutuhan yang Anda miliki. Pastikan untuk selalu mengecek dan melakukan perawatan rutin pada kendaraan roda empat yang Anda miliki. Sebab, hal ini akan membuat aki yang ada pada mobil Anda bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Baca Juga: Langkah Lengkap Terkait Cara Memperbaiki Aki Kering


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Gejala Awal Engine Mounting Bermasalah

2022-02-21

Komponen mesin mobil yang mengalami kerusakan sudah pasti akan menurunkan kinerjanya. Hal ini juga bisa saja menghambat aktivitas keseharian. Untuk itu Anda perlu melaku

thumbnail

Apa itu Roda Gila Mobil? Ini Fungsi, Jenis & Cara Kerjanya

2023-05-05

Roda gila mobil merupakan istilah yang kerap kali terdengar di

thumbnail

Pengertian Overhaul Mesin Mobil dan Cara Mengatasinya

2024-01-10

Mesin, sebagai komponen kritis dalam berbagai kendaraan dan mesin industri, memegang peran vital dalam menentukan kinerja dan daya tahan sebuah sistem. Seiring berjalan