Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Langkah Lengkap Terkait Cara Memperbaiki Aki Kering
11 Juni 2020
cara memperbaiki aki kering

Merawat aki kering sebenarnya lebih mudah. Namun ada kalanya aki kering soak dan perlu diperbaiki. Berikut adalah cara memperbaiki aki kering yang mudah.

Persiapkan Alat serta Bahan yang Dibutuhkan

Ada beberapa alat dan bahan yang harus Sahabat persiapkan sebelum memulai memperbaiki aki kering secara mandiri. Berikut adalah daftar alat dan bahan yang disediakan:

  • Belilah air aki atau zuur yang ditujukan untuk pengisian aki baru dan bukannya air aki untuk menambah atau mengisi ulang cairan aki
  • Sediakan alat berupa pencukit atau bisa menggunakan obeng minus yang ditujukan untuk membuka penutup aki di sisi atas
  • Persiapkan lem plastik atau lem tembak atau bisa juga sealant yang berguna untuk merekatkan ulang cover penutup aki
  • Siapkan atau beli sebuah suntikan tinta printer yang sejenisnya yang berguna untuk menyuntikkan air zuur atau air aki ke dalam box aki kering
  • Terakhir siapkan pula kain lap yang berfungsi untuk mengelap tetesan cairan yang mungkin jatuh saat perbaikan dilakukan

Lepaslah Aki dari Mobil

Setelah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan seperti penjelasan diatas, cara memperbaiki aki kering yang soak selanjutnya yaitu dengan melakukan pelepasan aki dalam box mobil.

Caranya sangat mudah, untuk melepas aki yang benar pastikan mesin mobil mati dahulu. Selanjutnya urutannya yaitu lepaskan kutub negatif dari aki terlebih dahulu, baru setelah itu lepas kutub positif. Pastikan urutan dalam melepaskan kutub negatif dan positif harus sesuai agar tidak terjadi konslet atau hubungan arus pendek.

Lakukan Pembersihan Aki Kering

Setelah aki kering berhasil dilepaskan dari mobil, maka sebaiknya bagian luar dari aki kering tersebut dibersihkan terlebih dahulu. Tujuan pembersihan bagian luar aki kering adalah agar kotoran yang menempel pada aki kering tidak akan menjatuhi bagian lain dari aki yang bisa membahayakan aki. Untuk membersihkan aki kering cukup mudah karena Sahabat hanya harus mengusap bagian luar aki yang kotor tersebut dengan kain lap kering. 

Bongkar Cover atau Penutup Aki Kering

Cara memperbaiki aki kering yang cepat habis ataupun aki yang sedang bermasalah adalah dengan membongkar penutup aki kering tersebut terlebih dahulu hingga terbuka. Untuk membuka penutup aki kering bisa menggunakan obeng secara hati-hati. Sahabat harus mengetahui bahwa penutup aki kering cukup keras sehingga memang tidak akan langsung terbuka.

Isi Zuur atau Air Aki ke Dalam Aki Kering

Cek kondisi pada aki kering apakah lubang karet tersebut sudah terbuka seluruhnya. Pada umumnya terdapat tiga sampai 10 buah lubang karet yang disesuaikan berdasarkan kapasitas arus atau ampere aki kering. Selanjutnya siapkan suntikan serta kain lap untuk menghindari adanya cairan yang terjatuh ke komponen lainnya. Cairan air aki zuur dimasukkan ke dalam suntikan. Selanjutnya setiap lubang pada aki dimasukkan air aki zuur tersebut. Posisi memasukkan suntikan adalah hingga kedalaman 1 cm dari lubang aki. Ulangi cara ini di seluruh lubang karet kemudian lubang karet tersebut ditutup kembali.

Pasang Kembali Penutup atau Cover Aki Kering

Cara menservice aki kering atau sedang soak berikutnya setelah lubang diisi dengan air aki adalah menutup kembali cover aki. Penutupan harus ditambahkan dengan pengeleman melalui lem plastik atau lem tembak atau bisa juga sealant agar lebih kuat. Pasalnya, setelah cover dibuka maka cover tersebut tidak bisa menutup dengan sempurna seperti semula jika tidak menggunakan lem. Cek pada saat mengelem agar seluruh bagian menutup sempurna sehingga tidak ada udara yang keluar maupun masuk.

Isi Daya Listrik Pada Aki Kering

Setelah penutup aki kering tertutup sempurna maka Sahabat sudah bisa menyetrum aki atau mengisi ulang daya listrik pada aki. Ada dua cara yang tersedia yang biasa dipilih oleh bengkel untuk mengisi daya listrik pada aki yakni metode jumper dan metode pengecasan atau setrum aki. 

1. Mengisi daya listrik dengan metode jumper aki

Cara jumper aki terkadang dipilih oleh bengkel untuk mengisi daya aki. Alat yang dibutuhkan untuk metode jumper aki adalah aki lain yang masih bekerja dengan baik dan optimal. Cara untuk mengisi daya dengan metode jumper sendiri tidak terlalu sulit karena Sahabat hanya perlu menghubungkan kedua aki lewat kabel. 

Pastikan bahwa posisi kedua mobil cukup dekat untuk memudahkan kabel jumper terhubung. Hubungkan kutub positif aki A ke kutub positif aki B. Sementara kutub negatif aki A dihubungkan ke kutub negatif aki B. Pastikan bahwa keduanya sudah terpasang dengan kuat. Selanjutnya mesin mobil dinyalakan serta ditunggu selama kurang lebih 30 menit hingga 60 menit.

2. Mengisi daya listrik dengan metode setrum

Metode setrum biasanya akan menggunakan alat khusus yang terdiri dari adaptor atau dapat juga menggunakan trafo seperti halnya trafo yang dipakai pada charger handphone dan laptop. Metode ini termasuk metode yang paling banyak digunakan di berbagai bengkel mobil. Alat yang digunakan untuk mengecas ini memiliki kapasitas arus yang lebih besar sehingga proses pengisian tidak memakan waktu lama.

Cek Performa Aki

Apabila seluruh cara di atas sudah Sahabat lakukan, maka hal berikutnya yang harus dikerjakan adalah mengecek performa aki. Untuk mengetahui apakah kinerja aki sudah memuaskan maka gunakanlah alat ukur khusus. Alat ukur berguna untuk mengetahui apakah aki kering sudah terisi daya dengan cukup ataukah tidak. 

Apabila cara memperbaiki aki kering di atas berhasil untuk aki Sahabat, maka Kamu harus tetap membiarkan mobil menyala selama 30 menit. Agar aki tetap dalam kondisi prima, Sahabat harus secara berkala memanaskan mobil.

Baca juga : 7 Merk Aki Mobil yang Bagus dan Tahan Lama

Tips Sahabat Lainnya
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku