Logo Daihatsu
Menu

Inilah Cara Menambah dan Isi Air Aki Mobil yang Benar

Otomotif

2022-07-25

Cara Menambah dan Isi Air Aki Mobil yang Benar

Cara menambah air aki mobil sebetulnya sangatlah mudah. Namun air aki sering kali menjadi hal yang terlupakan.

Anda harus merawat aki mobil dengan mengeceknya secara berkala. Jangan sampai air aki mobil Anda sudah mendekati habis atau bahkan habis, Anda baru menyadarinya.

Kecerobohan seperti ini akan menyebabkan beberapa kerusakan pada komponen mobil lainnya. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

Pengecekan kondisi air aki bisa Anda lakukan sendiri. Begitu juga dengan menambahkan air aki mobil, Anda juga bisa melakukannya sendiri, tanpa harus pergi ke bengkel.

Jika Anda cukup percaya diri dengan kemampuan Anda, Anda bisa mengikuti langkah-langkah cara mengisi air aki mobil yang benar berikut ini.

Bagaimana Cara Menambah Air Aki Mobil?

Sebelum menambah air aki mobil, Anda perlu melakukan beberapa langkah berikut ini.

1. Cek Jenis Air Aki

Di pasaran terdapat dua jenis air aki, yaitu air aki botol warna biru dan botol warna merah. Keduanya memiliki kandungan dan fungsi yang berbeda.

Kandungan air aki merah yaitu ada asam sulfat. Sedangkan air aki botol biru mengandung air murni saja, tanpa ada kandungan asam sulfatnya.

Bedanya air aki botol merah dan botol biru selain melihat dari warna bungkusnya, Anda bisa mengecek dengan cara meneteskan sedikit saja pada kulit.

Jika botol warna biru, maka tidak akan terjadi reaksi apa-apa di kulit Anda. Namun, jika air aki botol warna merah mengenai kulit Anda, Anda akan merasakan sedikit rasa gatal karena kandungan asam sulfatnya.

Lalu, manakah air aki yang cocok digunakan untuk menambah air aki mobil? Tentu saja air aki yang botol biru, yang mengandung air murni, tanpa asam sulfat.

Apakah ada efek negatif jika salah memberikan air aki botol merah saat menambah air aki? Tentu saja ada. Karena kandungan sulfur yang terlalu banyak, maka lambat laun akan merusak komponen aki tersebut.

2. Siapkan Peralatan

Karena Anda akan membuka aki, Anda harus menyiapkan beberapa peralatan sederhana seperti:

  • Obeng minus ukuran medium,
  • Kunci pas nomor 10,
  • Air aki sesuai kebutuhan.

Mungkin Anda sering bertanya-tanya berapa botol air aki mobil yang dibutuhkan? Jika kondisi air aki sangat sedikit, Anda butuh air aki botol merah. Namun, jika hanya butuh menambahkan air aki sedikit saja, maka yang Anda butuhkan adalah air aki botol biru.

Baca Juga : Bahaya Isi Ulang Air Aki Mobil Pakai Air Zuur

3. Cek Sistem Kelistrikan

Sebelum mengeksekusi penambahan air aki mobil, Anda perlu mengecek apakah kondisi kelistrikan mobil sudah aman.

Pastikan mesin mobil sudah mati dan cabut kontak. Lepas kutub negatif aki dengan kunci 10 dengan cara kendorkan baut terminal kutub aki mobil Anda.

Bolehkah mengisi air aki saat mobil hidup? Tentu saja boleh. Namun, kondisi ini terlalu berisiko. Risiko minimal adalah mesin jadi panas dan akan mengganggu proses pengisian air aki mobil.

4. Buka Penutup Sel Aki Mobil

Setelah Anda merasa yakin sudah mengecek sistem kelistrikan, Anda bisa mulai membuka penutup sel aki. Ada enam buah penutup sel aki pada mobil.

Buka dengan cara memutar secara berlawanan arah jarum jam. Jika tutup sel aki susah dibuka, Anda bisa menggunakan obeng negatif untuk mempermudah memutar tutup sel aki mobil tersebut.

5. Cek Kondisi Air Aki

Anda bisa memeriksa kondisi air aki dan kapasitas air aki yang dibutuhkan saat ditambahkan. Anda bisa melihat pembatas volume air aki yang biasanya berwarna merah atau hitam.

Jika permukaan air aki kurang dari batas tersebut, maka Anda harus menambahkan air aki. Anda bisa menggunakan senter jika tidak terlihat batas volume air akinya.

6. Mulai Isi Air Aki dengan Hati-Hati

Sebelum Anda menuang air aki tersebut, amati dan baca petunjuk yang terdapat pada kemasan botol air aki tersebut. Tuang dengan hati-hati dan fokus. Hindari air aki tercecer karena dapat menyebabkan korosi pada komponen mobil.

Jika Anda kelebihan saat menambahkan air aki mobil, Anda bisa menggunakan pipet kecil untuk mengeluarkan sisa kelebihannya. Gunakan lap kering untuk membersihkan cipratan air aki saat Anda mengisi air aki.

Umumnya, ketika diisi, maka ketinggian air aki akan sama. Jika tidak sama, ada kebocoran pada aki. Anda harus segera menggantinya sebelum kerusakan merembet ke bagian mobil lainnya karena air aki yang sifatnya korosif.

Baca Juga : Tanda-tanda Air Aki Mobil Bocor

7. Pengisian Selesai, Tutup Sel Aki dengan Rapat

Jika pengisian sudah selesai, Anda tutup kembali sel aki dengan rapat. Bersihkan bekas air aki yang biasanya masih tertinggal di sekitar tutup aki.

8. Jangan Langsung Hidupkan Mesin

Ketika Anda sudah menambahkan air aki, jangan langsung hidupkan mesin. Tunggu sekitar 5 menit. Setelah itu, coba hidupkan mesin.

Perlu sekitar 10 hingga 15 menit untuk proses pengisian daya listrik. Setelah itu, Anda bisa menggunakan mobil seperti biasa.

Itulah beberapa langkah cara menambahkan air aki mobil. Jika Anda ragu untuk menambahkan air aki mobil sendiri, Anda bisa menambahkan air aki mobil Anda ke bengkel Daihatsu terdekat. Di sana Anda juga bisa mengecek kondisi mobil Anda secara menyeluruh.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Begini 3 Cara Mudah Mengkilapkan Cat Mobil

2021-02-28

Penampilan pada mobil pastinya adalah hal penting bagi setiap pemiliknya. Soalnya penampilan pada mobil ini akan sangat mempengaruhi penilaian setiap orang pada mobil te

thumbnail

Mesin Kendaraan Tidak Stabil? Berikut Cara Menurunkan RPM Mobil Injeksi

2020-12-29

Berbahagialah Anda bila memiliki mobil dengan sistem injeksi. Karena kendaraan yang dibekali sistem satu ini memiliki performa bagus serta pemakaiannya yang lebih halus.

thumbnail

Arti Tanda Bulatan Kuning di Ban Mobil dan Fungsinya

2021-12-20

Ban merupakan bagian penting dari sebuah kendaraan. Tahukah Anda bahwa terdapat tanda kuning di

thumbnail

Fitur yang Dicari Saat Modifikasi Sistem Audio pada Mobil Mewah

2022-06-24

Bagi manusia modern terutama yang hidup di perkotaan, mobil bisa diibaratkan sebagai rumah kedua. Ada begitu banyak kegiatan yang bisa dilakukan di dalam mobil. Misalnya