Logo Daihatsu
Menu

Bedanya Air Aki Botol Merah dan Botol Biru dari Segi Kegunaannya

Otomotif

2022-05-22

aki botol merah biru

Aki merupakan salah satu komponen paling penting dalam mesin kendaraan. Yang mana memiliki fungsi utama untuk menyimpan energi listrik dan mengantarkannya ke komponen - komponen lainnya. Sistem pembakaran sangat bergantung pada energi yang dihantarkan oleh aki tersebut.

Memastikan air aki sesuai dengan volumenya merupakan hal yang sangat penting. Jangan sampai air aki berada pada batas kurang atau lebih. Ada dua macam jenis aki botol merah biru yang bisa Anda gunakan untuk mengisi air dalam aki. Tapi apa yang menjadi perbedaan antara keduanya?

Perbedaan Aki Botol Merah Biru

Dua jenis botol air aki yang dijual di pasaran  memiliki perbedaannya masing - masing. Tapi apa sebenarnya yang menjadi pembeda antara kedua jenis air aki tersebut? Berikut ulasan lengkapnya!

Air Aki Botol Merah

Air aki dengan tutup botol berwarna merah merupakan air aki Zuur. Ciri - ciri dari air aki ini ialah berwarna kekuning - kuningan dan bersifat asam yang kuat. Air aki Zuur memang mengandung larutan elektrolit asam sulfat yang berfungsi untuk menghantarkan dan menyimpan daya listrik di dalam aki.

Biasanya air aki Zuur digunakan untuk mengisi aki pada kali pertama, karena sifat elektrolitnya yang kuat. Tapi, ketika Anda melakukan pengisiannya, sangat perlu untuk berhati - hati. Air aki Zuur yang mengandung asam sulfat bisa menyebabkan iritasi ketika mengenai kulit. Selain itu juga bisa menyebabkan karat ketika mengenai bahan logam.

Air Aki Botol Biru

Air aki dengan tutup botol berwarna biru biasanya disebut juga sebagai air aki suling. Air aki jenis ini merupakan air biasa yang sudah melewati proses demineralisasi atau penyulingan dan bebas dari kandungan mineral.

Mineral yang terkandung dalam air memiliki sifat korosif yang dapat merusak sel aki. Maka dari itu air aki botol biru sangat disarankan untuk ditambahkan ke dalam aki apabila air aki sudah mulai berkurang dari volume yang dibutuhkan. Tapi, penambahan tidaklah boleh jauh melewati batas bawah lower level.

Dengan menambahkan air aki botol biru maka volume cairan yang ada di dalam aki bisa bertambah tanpa adanya pengaruh pada massa jenis dari elektrolit di dalamnya.

Lalu bagaimana kalau air aki dengan botol merah ditambahkan pada aki yang volumenya mulai berkurang? Tentu saja akan menimbulkan masalah pada aki, karena kandungan elektrolit di dalamnya akan berubah dan tidak sesuai dengan kadar yang dianjurkan.

Jadi sangat penting untuk menggunakan air aki dengan botol merah atau biru sesuai dengan kegunaan masing - masing.

Service di Bengkel Resmi Daihatsu dan Lakukan Isi Aki Botol Merah Biru dengan Tepat!

Anda yang merasa sangat perlu untuk melakukan service pada mobil Daihatsu milik Anda, kami sarankan untuk datang ke bengkel resmi Daihatsu. Baik untuk service rutin maupun service spesifik, selalu ditangani dengan tepat dan dilakukan oleh teknisi profesional.

Bengkel resmi Daihatsu tidak pernah memberikan pelayanan yang mengecewakan. Semua selalu kami tangani dengan bantuan tim ahli yang sudah handal.

Jika aki dalam mobil Anda mengalami masalah, datanglah langsung ke bengkel resmi Daihatsu dan dapatkan pelayanan tepat untuk mengisi aki botol merah biru sesuai fungsinya. Anda juga bisa mendapatkan beragam informasi di website resmi Daihatsu mengenai perawatan mobil.

Tunggu apalagi? Segera lakukan pengisian aki dan service di bengkel kami dan dapatkan informasi menarik lainnya!


Tag

Otomotif

Share This