Logo Daihatsu
Menu

Tanda-tanda Air Aki Mobil Bocor

Otomotif

2022-06-23

Air Aki Bocor

Air aki pada mobil termasuk salah satu komponen kelistrikan yang perlu mendapatkan perhatian dan perawatan ekstra. Jika tidak ternyata bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan, seperti air aki bocor yang tidak terduga.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Tentu saja Anda perlu bisa mengenali tanda-tanda kebocoran air aki pada mobil Anda agar tidak menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasannya berikut ini!

Tanda-tanda Air Aki Bocor

Waktu pemakaian aki pada mobil memang cukup lama sehingga pemilik mobil cenderung lupa saat waktu penggantian aki telah tiba. Jika Anda lupa untuk mengganti aki, tentu saja akan ada hal-hal yang tidak diinginkan, salah satunya kebocoran air aki.

Nah, untuk mengenali air aki bocor, Anda harus mengetahui tanda-tandanya terlebih dahulu agar kebocoran air aki tidak merusak komponen lainnya pada mobil Anda. Maka, berikut adalah tanda-tanda air aki bocor :

Tanda batas ketinggian aki cepat menurun

Pada jenis aki basah, kebocoran air aki itu sendiri dapat diketahui dari tanda batas ketinggian air aki. Jika dalam pemakaian ideal ketinggian air aki memang tidak cepat menurun ke garis batas bawah.

Akan tetapi, jika Anda baru mengisinya dan tak lama kemudian langsung turun bisa jadi ada kebocoran. Umumnya, kebocoran air aki itu sendiri ada pada terminal aki khususnya untuk aki kering.

Terlihat adanya serbuk putih di sekitar aki dan kabel aki

Konstruksi rumah pada aki kering kedap, akan tetapi terminalnya bisa mengalami keretakan. Hal ini berarti ada celah yang terbentuk dari keretakan itu sehingga penguapan air aki keluar saat panas atau ketika sedang bekerja.

Penguapan ini bisa terlihat dari adanya serbuk putih yang ada di sekitar terminal aki dan kabel aki. Cairan elektrolit yang menguap lewat celah retakan terminal mengering hingga membentuk serbuk putih.

Pada aki basah, kebocoran juga bisa terjadi pada tutup lubang pengisian air aki. Saat tutup kurang rapat saat pemasangan atau sil karet tutup yang sudah getas sehingga ada celak air aku keluar dan menguap.

Mobil sulit dinyalakan

Tanda air aki bocor yang mudah dikenali adalah saat mobil Anda mulai sulit dinyalakan hingga butuh berulang kali untuk menyalakannya.

Hal ini terjadi karena daya pada aki terlalu tinggi atau terlalu rendah. Jika kondisi mobil Anda sudah seperti ini, maka segeralah untuk mengecek kondisi aki mobil Anda. 

Bunyi klakson tidak senyaring biasanya

Ciri lainnya adalah bunyi klakson yang mulai tidak senyaring biasanya akibat air aki yang bocor atau masalah lainnya. Ciri ini biasanya bersamaan dengan adanya lampu mobil yang kian meredup.

Tegangan aki kurang dari 10 volt

Jika Anda sudah mengalami tanda-tanda di atas, Anda bisa coba mengukur tegangan aki dengan tester. Jika tegangan aki berada di angka 10 volt atau bahkan kurang dari itu, maka Anda perlu melakukan pengecekan atau bahkan mengganti yang baru jika sudah tidak layak pakai.

Jika Anda mengalami hal ini, maka penting bagi Anda untuk segera melakukan pengecekan lebih lanjut agar mengetahui apa penyebab air aki bocor pada mobil Anda. Jika ada salah satu komponen yang menyebabkan kebocoran pada aki, sudah seharusnya Anda melakukan service mobil di dealer resmi Daihatsu terdekat di kota Anda.

Baca Juga: Bahaya Isi Ulang Air Aki Mobil Pakai Air Zuur

Pastikan Anda menggunakan layanan booking service terlebih dahulu untuk menghindari antrian Panjang saat service mobil. Dapatkan formulir booking service secara online melalui website resmi Daihatsu. Mari sayangi mobil Anda dengan melakukan service berkala di bengkel Daihatsu!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

ISC Mobil - Pengertian, Ciri-Ciri, dan Fungsinya

2020-12-14

Teknologi telah berkembang cukup pesat saat ini, termasuk di bidang otomotif khususnya mobil. Beberapa tahun lalu, Anda masih menemui mesin mobil dengan karburator dan a

thumbnail

Peraturan Baru Berkendara Selama Masa PSBB Transisi

2020-11-03

Selama masa pandemic Covid-19 seperti sekarang, banyak daerah yang menerapkan karantina wilayah atau yang lebih dikenal dengan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB). Pemb

thumbnail

Telat Perpanjang SIM? Ini Cara Mengatasinya, Mudah Kok!

2023-05-11

Telat perpanjang SIM bukanlah permasalahan yang baru bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya mobilitas harian yang terlalu tinggi membuat sebagian masyarakat lupa untuk

thumbnail

Daftar Ukuran Diameter Piston Mobil Terlengkap

2022-08-09

Mengetahui ukuran piston mobil pada saat ini sangatlah penting apalagi ketika Anda ingin melakukan penggantian komponen ini.Banyaknya piston yang beredar di pasaran terkadang membuat seseora