Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
7 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak Agar Tidak Mudah Sakit
16 Januari 2021
kesehatan anak

Kesehatan anak adalah hal utama yang jadi prioritas orang tua dan keluarga. Saat anak sakit, orang tua biasanya juga ikut merasa sedih karena kondisi anak lesu. Anak-anak biasanya juga masih kesulitan untuk mengungkapkan perasaan jika ada rasa sakit yang terasa. Oleh karena itu, sebisa mungkin kesehatan tubuh anak harus dijaga setiap harinya.

Cara menjaga kesehatan tubuh anak adalah dengan membiasakan rutinitas hidup bersih dan teratur. Sahabat bisa membiasakan rutinitas hidup yang teratur agar bisa dicontoh oleh anak-anak. Oleh karena itu, ketahui 7 cara menjaga kesehatan tubuh anak agar tidak mudah sakit selama beraktivitas.

1. Konsumsi makanan sehat setiap hari

Anak belum bisa memilih makanan dengan nutrisi yang baik. Oleh karena itu, anak-anak harus dibiasakan untuk konsumsi makanan sehat dari mulai yang disediakan di rumah. Hal ini akan memungkinkan anak untuk tetap terbiasa makanan bernutrisi saat beranjak dewasa. Dengan begitu, tubuhnya akan tetap dapat asupan vitamin dan nutrisi seimbang.

2. Membiasakan diri untuk menjaga kebersihan

Selain asupan nutrisi yang sehat untuk tubuh, sahabat juga bisa membiasakan anak-anak untuk menjaga kebersihan. Menjaga kebersihan akan senantiasa menghindarkan diri dari kuman dan bakteri berbahaya. Hal paling mudah untuk menjaga diri adalah dengan cuci tangan sebelum makan, mandi secara teratur, dan tidak membuang sampah sembarangan.

3. Mengajarkan anak aktif bergerak

Selain asupan nutrisi yang seimbang, anak juga harus dibiasakan untuk aktif bergerak. Di beberapa kesempatan, anak mungkin juga akan meniru kebiasaan rutin berolahraga. Tak perlu bingung, anak bisa dibiasakan untuk bersepeda di depan rumah atau diajak berjalan-jalan di pagi hari. Hal ini akan membuat si kecil aktif sehingga metabolisme tubuhnya baik.

4. Melakukan imunisasi dan pemeriksaan rutin

Pertumbuhan anak sedang berada dalam masa keemasan. Meskipun si kecil sedang tidak dalam kondisi sakit, tapi belum tentu perkembangan tubuhnya baik. Oleh karena itu, si kecil harus melakukan pemeriksaan rutin, termasuk ke dokter gigi.

Tak hanya itu, pastikan juga si kecil sudah mendapatkan imunisasi dasar seperti anjuran Ikatan Dokter Anak Indonesia. Hal ini akan membantu si kecil lebih terlindungi dari ancaman virus dan bakteri berbahaya bagi kesehatannya.

5. Rutin konsumsi multivitamin

Selain asupan nutrisi seimbang, si kecil sebaiknya juga mengonsumsi multivitamin. Konsumsi multivitamin sangat disarankan untuk anak usia 3 – 12 tahun. Sudah ada banyak pilihan vitamin yang bisa dikonsumsi, termasuk vitamin herbal. Namun, pastikan untuk tetap menggunakan dosis yang tepat untuk anak-anak, ya.

6. Biasakan anak untuk kendalikan emosi

Percaya atau tidak, emosi memiliki pengaruh yang cukup signifikan bagi perkembangan tubuh. Saat si kecil sering merasa sedih atau kecewa, perkembangan otak dan tubuhnya akan ikut terganggu. Nah, biasakan si kecil untuk beradaptasi dengan emosinya agar sistem koordinasi dan metabolisme tubuhnya tetap optimal.

7. Tidur cukup dan teratur

Si kecil sulit tidur saat malam? Ya, hal ini mungkin sering kali jadi permasalahan anak-anak saat sedang dalam usia aktif. Namun, tetap biasakan rutinitas tidur malam secara disiplin dengan waktu tidur 8 – 10 jam setiap hari agar tubuhnya bisa beristirahat. Dengan begitu, sistem metabolisme di dalam tubuh akan tetap optimal.

Nah, itulah beberapa cara sederhana yang bisa dibiasakan pada anak-anak agar tubuhnya tetap sehat. Sahabat bisa melakukan beberapa rutinitas bersama agar menjadi contoh yang baik bagi anak-anak untuk hidup sehat.

Penulis : Rizkita Darajat

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku