Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
7 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan, Pejuang Diet Wajib Tahu!
16 Februari 2021
manfaat jahe merah

Manfaat jahe merah untuk kesehatan adalah hal yang tentu tidak perlu diragukan lagi. Banyak sekali zat di dalam tanaman herbal itu yang bisa menyembuhkan keluhan kesehatan dalam tubuh, mulai dari tentang masuk angin biasa hingga penyakit dalam.

Jahe merah berukuran lebih kecil daripada jahe biasanya. Namun, rasa yang dimiliki oleh jahe jenis ini jauh lebih pedas sehingga khasiat untuk kesehatan terasa lebih mujarab. Nah, penasaran apa saja manfaat jahe merah untuk kesehatan? Sahabat bisa mempelajari 7 manfaat jahe merah untuk kesehatan berikut ya!

Mengurangi Kadar Kolesterol

Bukan hanya orang yang lanjut usia, orang dengan usia muda juga banyak yang memiliki catatan kolesterol tinggi di dalam tubuhnya. Hal tersebut tentu saja disebabkan oleh konsumsi makanan dengan kandungan lemak jahat yang tidak terkontrol.

Kandungan kolesterol dalam tubuh yang tak terkontrol menjadi satu di antara banyak masalah kesehatan yang bisa diatasi dengan rutin mengonsumsi jahe merah loh, Sahabat. Jangan dikonsumsi ketika sudah mengetahui kolesterol sudah tinggi, melainkan konsumsilah untuk mencegah kadar kolesterol di tubuh di angka yang tidak seharusnya.

Meredakan Sakit Kepala

Seringkali, ketika sakit kepala melanda, kita akan mengonsumsi obat lepasan yang diiklankan di televisi. Namun, obat-obat tersebut memiliki banyak efek samping yang justru tidak baik untuk tubuh, terlebih rasa kantuk yang ditimbulkan akan menghambat aktivitas lainnya.

Manfaat jahe merah untuk kesehatan selanjutnya adalah bisa meredakan sakit kepala loh, Sahabat. Hal ini dikarenakan jahe merah mengandung zat kamfena, yaitu zat yang menimbulkan rasa pedas di badan, sehingga bisa meredakan sakit kepala.

Cukup rebut jahe merah tersebut lalu minum air rebusannya. Dijamin, tidak membutuhkan waktu lama, rasa pusing yang Sahabat rasakan akan berkurang.

Meringankan Sakit Tenggorokan

Untuk Sahabat yang hobi makan makanan gurih, tetapi akan mendapat efek samping gatal tenggorokan, batuk, hingga radang, pasti menyebalkan, bukan? Ingat, jangan sembarangan mengonsumsi obat eceran di apotek untuk meredakan gejala batuk hingga radang tenggorokan yang timbul tersebut. Sahabat bisa mencoba untuk mengonsumsi jahe merah untuk menyembuhkannya.

Jahe merah memiliki kandungan zat flavonoid yang bisa menyembuhkan masalah tenggorokan, baik radang maupun batuk. Zat tersebut akan bekerja secara efektif jika Sahabat konsumsi secara rutin.

Menekan Nafsu Makan

Tahukah Sahabat jika jahe merah sangat efektif untuk membantu menyukseskan program diet? Hal tersebut dikarenakan jahe merah sangat mujarab untuk menekan nafsu makan sehingga efek kenyang akan bertahan lama meskipun konsumsi makanan sedikit.

Manfaat jahe merah untuk kesehatan yang satu ini tentu saja sangat digemari oleh pejuang diet. Terlebih, efek hangat yang ditimbulkan ketika mengonsumsi jahe merah juga bisa membakar kalori dan lemak jahat di dalam tubuh. Wah, kombo manfaatnya ya!

Menyembuhkan Rematik

Masih ingat dengan zat flavonoid yang bisa menyembuhkan batuk dan radang tenggorokan? Nah, zat ini juga bisa membantu meredakan rematik yang diakibatkan oleh peradangan sendi. Konsumsi jahe merah secara rutin sehingga akan memberikan efek yang terlihat di dalam tubuh.

Mengurangi Risiko Sakit Jantung

Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh tentu saja akan mengakibatkan risiko sakit jantung juga tinggi, bukan? Jahe merah bisa mengurangi risiko sakit jantung ini seiring dengan manfaatnya untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh.

Sahabat bisa meminum air rebusan jahe merah secara rutin, setiap malam, untuk menghindari terkena risiko penyakit paling mematikan di dunia ini ya. Dengan konsumsi rutin ini, kandungan kolesterol dan trigliserida dalam tubuh yang bisa memicu penyakit jantung akan berkurang.

Menjaga Kesehatan Lambung

Manfaat jahe merah untuk kesehatan yang satu ini sedikit banyak berhubungan dengan program diet nih, yaitu menjaga kesehatan lambung dan pencernaan. Terlebih bagi pejuang diet yang memiliki sakit maag, jahe merah tentu akan membantu sekali melancarkan rencana diet.

Tidak hanya supaya lambung tetap bekerja dengan baik meskipun konsumsi makanan berkurang, jahe merah juga tercatat bisa menyembuhkan infeksi dan luka dalam lambung loh, Sahabat. Hal ini karena dengan mengonsumsi jahe merah, jumlah asam lambung akan tetap terjaga sehingga rasa mual dan muntah akan terhindar. Jadi, lambung tetap sehat.

Wah, banyak sekali kan manfaat jahe merah untuk kesehatan? Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi jahe merah secara rutin ya. Tidak hanya tentang kesehatan, bahkan jika Sahabat memiliki insting usaha yang bagus, jahe merah memiliki peluang besar untuk dikembangbiakan sehingga memberikan keuntungan yang melimpah loh.

Penulis: Nisa Maulan Shofa

Tips Sahabat Lainnya
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
7 Rekomendasi Pembersih Kaca Mobil Terbaik
Di musim penghujan seperti ini, semua kendaraan yang beroperasi di jalanan tentu tidak luput dari yang namanya kena hujan. Hujan yang hampir mengguyur setiap hari, membuat kendaraan menjadi cepat koto
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku