Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
7 Tujuan Berkemah yang Menjaga Diri Tetap Waras
15 Desember 2020
berkemah

Berkemah adalah kegiatan yang dilakukan bersama sekelompok orang di alam terbuka. Biasanya, berkemah bisa dilakukan oleh kelompok tidak resmi, misal bersama teman atau rekan kerja. Namun, ada juga kegiatan berkemah yang dilakukan oleh lembaga resmi seperti sekolah atau kampus melalui organisasi Pramuka.

Banyak hal yang dilakukan ketika berkemah, seperti melakukan penjelajahan alam, lomba-lomba, hingga kegiatan seni dan olahraga. Bagi anak Pramuka, kemampuan-kemampuan khusus bahkan bisa diperoleh melalui kegiatan berkemah, seperti tali-temali hingga penguasaan kode morse dan bendera semafor.

Akan tetapi, sebenarnya apa sih tujuan diadakannya perkemahan? Bagi teman-teman yang tidak terbiasa dengan penjelajahan alam mungkin tidak terlalu betah untuk menginap di alam terbuka. Namun, coba deh simak 7 tujuan berkemah berikut yang bisa menggoda Sahabat untuk berkemah.

Refreshing Setelah Penat Berkegiatan

Belajar dengan rutin, bekerja dan seharian terjebak macet di antara banyak kendaraan, pasti akan terasa begitu segar ketika memutuskan untuk berkemah di alam terbuka. Pohon-pohon hijau dan udara yang masih bersih akan menyegarkan otak.

Mungkin hanya bisa dilakukan dua hari, yaitu Sabtu dan Minggu, ketika hari libur. Namun, itu sudah menjadi anugerah untuk rehat sejenak dari aktivitas yang melelahkan, bukan?

Meningkatkan Kewaspadaan

Berkemah tidak hanya dilakukan di bumi perkemahan, banyak juga yang mendirikan tenda di pos-pos ketika mendaki gunung. Karena wilayah yang berbeda, bisa saja ada binatang yang belum dijinakan berkeliaran. Di bumi perkemahan saja masih rawan didatangi ular ketika malam hari.

Di situasi seperti ini, manusia akan secara otomatis meningkatkan kewaspadaannya supaya tetap aman. Jika ini rutin dilatih, kita bisa bertahan di alam terbuka dengan baik loh, Sahabat.

Terampil setelah Hidup Beberapa Hari di Alam Terbuka

Tidak bisa dimungkiri, hidup di alam terbuka membuat setiap orang mau tidak mau untuk memutar otak untuk bertahan dengan baik. Meskipun hanya melalui kegiatan berkemah yang pasti membawa bekal cukup dan tempat tidur yang lumayan hangat, tetapi tetap saja berbeda dengan tinggal di rumah sendiri dan tidur di kamar yang nyaman.

Melalui berkemah, pasti akan tumbuh keterampilan khusus, minimal lebih mahir dalam mengolah bahan makanan sederhana menjadi santapan lezat. Biasanya, karena penerangan yang kurang dan hangat malam yang begitu dingin, orang yang berkemah akan belajar untuk membuat api unggun yang bisa awet menyala semalaman, tetapi aman untuk sekitar.

Bakti Sosial

Tidak semua berkemah dilakukan hanya untuk rekreasi belaka. Beberapa orang berkemah di suatu alam terbuka yang dekat dengan pemukiman warna yang masih pelosok dan melakukan kegiatan sosial di sana. Dari kegiatan membantu masyarakat tersebut akan tumbuh jiwa saling menolong.

Meningkatkan Kerja Sama Tim

Jarang sekali atau bahkan tidak ada yang berkemah hanya sendirian. Berkemah pasti dilakukan bersama kelompok. Tidak jarang, usai kegiatan perkemahan selesai, tingkat kerja sama antar anggota akan meningkat. Hal tersebut karena selama berkemah selalu melakukan segala aktivitas bersama, saling membantu sejak awal hingga akhir.

Bisa Lebih Bertanggung Jawab

Hidup di alam, tidur dengan alas seadanya, tanpa kemewahan toilet atau lampu tidur di kamar yang nyaman, pasti mengajarkan kita untuk tetap menjaga diri dengan baik, kan? Terlebih, baik anak sekolah yang selama berkemah dituntut untuk melakukan segala aktivitas secara mandiri pasti rasa tanggung jawab terhadap kesehatan diri sendiri menjadi meningkat. Menjaga barang pribadi supaya tidak hilang karena barang-barang yang dibawa sangat terbatas bahkan biasanya tidak ada gantinya sampai perkemahan berakhir.

Peduli dan Menjaga Alam

Meskipun bagi pekerja atau pelajar dan mahasiswa biasanya melakukan kegiatan berkemah hanya beberapa hari, mungkin paling lama hanya 4 hari 3 malam, tetapi kegiatan tersebut sukses menumbuhkan sikap peduli terhadap alam. Menyatu dengan alam selama berkemah pasti mengajarkan banyak hal. Terlebih, biasanya keindahan alam membuat kita ingin menjaganya supaya tetap indah, kan?

Nah, dari 7 tujuan tersebut, mana nih yang sudah Sahabat dapatkan ketika dulu berkemah saat sekolah? Atau bagi Sahabat yang terbiasa dengan menjelajah alam, sudahkah peka terhadap alam sekitar? Jangan lupa untuk menjaga kebersihan ya selama berkemah. Tidak lucu kan kalau kita malah mengotori alam?

Penulis: Nisa Maulan Shofa

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Kabin yang senyap merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemilik mobil untuk bisa mendengarkan audio berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Hanya mobil y
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku