Logo Daihatsu
Menu

7 Kegiatan yang Dirindukan saat Berkemah Pramuka

Travel

2020-11-22

kegiatan yang dilakukan saat berkemah pramuka

Persami atau perkemahan Sabtu-Minggu, acara perkemahan paling terkenal untuk bagi anak sekolah, mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Perkemahan ini biasanya dilaksanakan pada pertengahan bulan Agustus sekaligus untuk memperingati hari lahirnya pramuka.

Sahabat masih ingat dengan acara perkemahan tersebut bukan? Membuat rindu ya? Supaya Sahabat semakin merasakan kerinduan dari kegiatan Persami, berikut terdapat 7 kegiatan yang biasanya diadakan saat Persami berlangsung.

Upacara Hari Pramuka

Ketika sampai di bumi perkemahan, sebelum membangun tenda dan mempersiapkan semua perlengkapannya, semua anggota akan dikumpulkan di lapangan untuk memulai upacara pembukaan. Upacara tersebut sebagai tanda bahwa acara perkemahan sudah dimulai.

Senam Pagi Bersama

Senam pagi tidak bisa dihindari. Sekitar pukul setengah enam, semua anggota akan dibangunkan dan dikumpulkan di lapangan dengan memakai seragam olahraga. Mereka akan melakukan senam bersama. Biasanya, setiap regu akan dinilai kekompakan dan ketepatan gerakannya lalu ditentukan pemenang yang akan diumumkan di upacara penutupan kemah.

Jelajah Alam

Jelajah alam biasanya diadakan di hari kedua pramuka. Dari pagi hingga siang menjelang sore. Di sini nanti setiap regu akan mengirim 7 hingga 10 anggota untuk melakukan jelajah alam.

Kegiatan ini akan dibagi menjadi beberapa pos. Setiap posnya memiliki tugasnya masing-masing untuk diselesaikan setiap regu, seperti memecahkan sandi semaphore, melakukan lomba tali-temali, hingga cerdas cermat dengan materi kepramukaan.

Upacara Api Unggun

Upacara api unggun menjadi acara yang sangat menyenangkan. Di malam hari setelah maghrib, semua anggota pramuka dikumpulkan dan disuruh untuk mengelilingi api unggu yang berukuran begitu besar. Pembina pramuka akan memberikan sambutan. Setelah itu, semua anggota akan menyanyikan lagu-lagu pramuka sambil bergerak mengelilingi api unggun tersebut.

Hasta Karya

Hasta karya diadakan untuk melatih keterampilan anggota pramuka. Mulai dari membuat kerajinan dari kain hingga kerajinan seperti gerabah. Kerajinan ini kemudian akan dipamerkan di setiap tenda. Biasanya itu digunakan sebagai hiasan tenda karena kerapian dan keindahan tenda akan dinilai dan diambil juaranya.

Perlombaan

Kegiatan lomba-lomba ketika pramuka tidak bisa dihilangkan. Ada banyak jenis lomba, mulai dari lomba memasak, menari, bahkan ada beberapa sekolah yang mengadakan lomba adzan hingga dakwa loh, Sahabat.

Dari acara lomba ini akan diambil beberapa juara yang diumumkan ketika upacara penutupan. Bagi regu yang memperoleh banyak predikat sebagai juara pertama, akan menjadi juara umum dan mendapatkan piala yang tinggi dan terlihat prestise.

Jelajah Malam

Lewat tengah malam, dibangunkan dari tidur yang nyenyak, lalu disuruh untuk menutup mata menggunakan hasduk. Masih ingat, kan, Sahabat? Betul sekali, kegiatan jelajah malam.

Kegiatan ini adalah satu-satunya kegiatan yang sering kali dihindari oleh anggota perempuan karena takut bertemu hantu. Bagaimana tidak takut kalau acara jelajah malam dengan mata tertutup?

Biasanya sih setiap anggota diwajibkan saling memegang pundak satu sama lain agar gerak mereka bisa dikontrol dan ada pemandung juga yang mengarahkan. Namun, pemandu juga akan dengan sengaja memutus pegangan antaranggota sehingga terpisah lalu mulailah acara jerit-menjerit. Dan ternyata, acara jelajah tersebut hanya memutari area bumi perkemahan saja loh.

Dari ketujuh kegiatan berkemah saat pramuka di atas, mana saja yang Sahabat rindukan? Mungkin, dulu ketika masih sekolah sering sebal ya ketika ada kegiatan berkemah, tetapi ternyata kegiatan tersebut begitu asyik ketika diingat dan membuat rindu.

Jika mendapat kesempatan untuk kembali melaksanakan Persami, mau mengajukan diri untuk ikut kegiatan yang mana? Jelajah alam atau jelajah malam?

Baca juga: Camping dengan Anak: Kegiatan Seru yang Wajib Dilakukan dengan Anak

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Dampak Jembatan Suramadu Terhadap Ekonomi Kreatif di Madura

2020-11-03

Terasa aneh ketika Madura lebih terkenal dengan sebutan pulau ketika kabupaten yang masih termasuk dalam wilayah pemerintahan Provinsi Jawa Timur. Letaknya yang berdekatan dengan Surabaya juga tida

thumbnail

Budaya Unik di Vietnam yang Membuat Geleng Kepala

2021-04-20

Budaya unik merupakan hal yang pasti dimiliki oleh semua negara. Entah itu budaya unik yang positif dan membanggakan maupun budaya unik yang negatif dan memalukan. Indon

thumbnail

5 Tips Liburan ke Bali Ala Backpacker, Murah dan Nagih!

2020-11-20

Bali masih menjadi primadona bagi para wisatawan. Meskipun banyak kota yang menyajikan destinasi wisata pantai yang tak kalah cantik seperti Yogyakarta, Belitung, hingga Karimunjawa, tetapi Bali se

thumbnail

Selain Batik! Ini 5 Oleh-oleh Khas Pekalongan Ini Tak Kalah Menarik

2020-10-28

Pekalongan dikenal sebagai salah satu kota penghasil batik terbaik di Indonesia. Motif batik yang khas membuat banyak orang sengaja datang ke kota ini untuk berburu batik. Berbagai toko oleh-oleh d