Logo Daihatsu
Menu

8 Cara Memperbaiki Otomatis Kipas Radiator yang Bermasalah

Otomotif

2022-09-09

cara memperbaiki otomatis kipas radiator yang tidak berfungsi

Pernahkah mobil Anda mati secara tiba-tiba karena mesin mobil overheat? Jika Anda pernah mengalami hal tersebut, maka Anda harus memperbaiki bagian komponen engine fan cooling (kipas radiator). Berikut beberapa cara memperbaiki otomatis kipas radiator yang mati dan sering bermasalah. 

Cara Mengatasi Otomatis Kipas Radiator yang Mati

Pernahkah Anda terbesit pertanyaan di benak Anda, apa hubungannya overheat mesin dengan kipas radiator? Pada dasarnya kipas radiator merupakan komponen mobil yang berfungsi untuk mendinginkan suhu udara di sekitar bagian radiator agar selalu dingin.

Lantas, kapan kipas radiator mobil berputar dan menyala? Kipas radiator akan menyala ketika dalam dua kondisi yaitu saat suhu mesin panas, dan saat AC dihidupkan. Jika tidak bisa menyala dalam dua kondisi tersebut, maka dapat dipastikan ada yang bermasalah dalam komponen ini.

Apa akibat kipas radiator mati? Jika komponen tersebut rusak atau mati, maka suhu dalam mesin mengendap dan tidak dapat keluar. Sehingga suhu temperatur mobil meningkat tajam dan menyebabkan overheat. Cara mengatasi kipas radiator mati, Anda bisa perhatikan cara-cara dibawah ini :

1. Matikan Mesin Mobil dan Biarkan Dingin

Ketika Anda baru mengetahui masalah jika kipas radiator rusak dan tidak berputar ketika mobil baru digunakan, sebaiknya matikan lagi mobil Anda.

Anda putar kunci kontak ke off dan biarkan mobil selama 40 menit hingga 60 menit agar suhu mobil stabil. Untuk mempercepat penurunan suhu panas pada bagian mesin mobil, Anda bisa membuka kap mobil. 

2. Lepas Bagian Kipas Radiator

Selain mematikan mesin mobil, cara memperbaiki otomatis kipas radiator yang bermasalah yaitu dengan melepaskan semua barut dan tarik secara perlahan kipas angin pada radiator. 

3. Bersihkan Bagian Kipas Radiator

Apa penyebab kipas radiator mobil tidak berputar? Kipas radiator yang bermasalah biasanya disebabkan karena komponen ini jarang dibersihkan sehingga kotor.

Sehingga kotoran tersangkut pada celah-celah kipas. Anda bisa membersihkan komponen ini dengan mengelap area komponen yang kotor. Anda bisa menggunakan kompresor angin untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada bagian-bagian kecil kipas yang sulit terjangkau. 

4. Perbaiki Kinerja Relay Motor

Cara mengetahui kipas radiator yang tidak berfungsi, Anda bisa cek bagian relay motor apakah bisa berfungsi sebagaimana mestinya atau tidak.

Kemudian untuk memperbaiki otomatis kipas radiator Anda bisa menggunakan alat avometer untuk mengecek kinerja relay. Apabila relay masih dapat berputar maka masalahnya disebabkan oleh bagian lain.

5. Perbaiki dengan Arus Listrik yang Berasal dari Aki

Cara memperbaiki otomatis kipas radiator yang rusak berikutnya, Anda bisa tes arus listrik kipas radiator dengan menggunakan aki.

Pastikan aki mobil Anda tidak soak atau rusak. Sambung bagian kabel aki ke bagian motor kipas atau sambung jumper soket kipas radiator ke bagian fuse box. Jika kipas dapat berputar maka rangkaian listrik tidak bermasalah. 

6. Memperbaiki Sekring Kipas

Cara berikutnya, Anda cek terlebih dahulu bagian sekring apakah ada korsleting atau tidak. Karena sekring memiliki fungsi sebagai penyambung dan pemutus arus listrik. Jika ada korsleting maka secara otomatis kipas radiator tidak bisa menyala. Sebaiknya segera ganti sekring yang rusak dengan sekring baru.

Baca Juga : 16 Arti Kode Sekring Mobil & Cara Membaca Dengan Mudah

7. Perbaiki Mesin dan Kipas Radiator

Bagi Anda yang menggunakan kipas radiator kw atau tidak orisinil pabrikan. Biasanya komponen akan mudah retak, patah, bahkan meleleh. Sehingga menimbulkan bunyi pada bagian kap mesin.

Jika bunyi tersebut timbul, maka segera cek kondisi kipas radiator. Ganti dengan komponen yang baru, apabila putaran kipas masih berat maka masalah ada pada bagian komponen lainnya.

8. Ganti Carbon Brush dengan yang Baru

Cara memperbaiki otomatis kipas radiator selanjutnya, Anda bisa cek terlebih dahulu bagian carbon brush apakah terjadi kerusakan apa tidak. Jika carbon brush rusak, segera ganti dengan yang baru. 

Nah, itulah beberapa cara memperbaiki otomatis kipas radiator yang mati hingga rusak tidak berfungsi lagi yang bisa Anda contoh. Biasanya komponen otomatis kipas radiator bermasalah karena disebabkan pemasangan soket yang kurang pas, ada komponen yang putus, dan motor kipas tidak berfungsi.

Jika Anda mengetahui bahwa komponen otomatis kipas radiator Anda mati, sebaiknya segera lakukan perbaikan. Bila Anda kurang ahli dalam memperbaikinya, Anda bisa menghubungi dealer Daihatsu terdekat atau bengkel resmi untuk mengatasi masalah mobil Anda.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

4 Ciri yang Menandakan Cross Joint Mobil Sudah Rusak

2022-09-09

Cross joint atau joint kopel berfungsi sebagai penghubung dua as yang tidak segaris sumbu. Pada dasarnya, semua kendaraan bermotor akan memiliki komponen s

thumbnail

Cara Gampang Cek Resi Tilang Online

2022-09-09

Cek resi tilang merupakan langkah yang perlu dilakukan sebelum membayar denda serta bertujuan mengetahui berapa kisaran dendanya. Resi tilang ini berupa kode huruf dan n

thumbnail

Fuel Pressure Regulator : Fungsi, Cara Kerja dan Setting

2022-09-09

Di dalam dunia otomotif, ada komponen penting mobil yang disebut fuel pressure regulator (FPR). Meski komponen ini begitu penting, namun tidak sedikit orang yang belum mengetahui tentangnya. Lalu a

thumbnail

Manfaat Ganti Oli Mesin Sebelum Melakukan Purging pada Mobil Mesin Diesel

2022-09-09

Setiap kendaraan tentu membutuhkan perawatan yang rutin untuk performa yang tetap optimal, seperti halnya membersihkan saluran pembakaran dengan cara purging mesin diese