Logo Daihatsu
Menu

6 Penyebab Kipas Radiator Mobil Tidak Berputar & Solusinya

Otomotif

2022-08-19

Kipas Radiator Mobil Tidak Berputar? Ini Penyebab & Solusinya

Anda pasti pernah mengalami masalah kipas radiator mobil yang tidak bisa berputar. Masalah tersebut menyebabkan mesin mobil overheat dan membuat suhu di dalam mobil terasa panas.

Meski masalah ini sering terjadi, banyak orang yang belum mengetahui penyebab kipas radiator mati. Berikut beberapa penyebabnya dan solusinya.

6 Penyebab Kipas Radiator Mobil Tidak Berputar

Apa yang menyebabkan kipas radiator tidak berputar? Berikut ini 6 penyebab kipas radiator mobil mati dan tidak berputar :

1. Drive belt putus

Penyebab pertama kipas radiator tidak berputar adalah putusnya drive belt. Pada dasarnya drive belt terbuat dari bahan karet yang sangat sensitif dengan panas, debu, dan oli.

Drive belt yang terkena oli akan menyebabkan permukaan menjadi licin. Kondisi ini akan membuat drive belt selip sehingga gesekan yang ditimbulkan terlalu cepat.

Hal ini menyebabkan drive belt menjadi putus. Akibatnya kipas pendingin, pompa power steering, dan alternator menjadi rusak. 

Baca Juga : Efek Buruk Bila Extra Fan Radiator Bermasalah

2. Fuse kipas putus

Fuse atau sekring berfungsi sebagai pemutus arus listrik yang berlebihan. Saat fuse putus, otomatis arus listrik kipas radiator juga ikut mati sehingga kipas tidak bisa berputar. 

3. Kabel kipas putus

Tidak berputarnya kipas radiator juga dapat disebabkan oleh putusnya kabel kipas.

Hal ini bisa terjadi karena gigitan tikus atau kabel memuai. Kabel yang terputus tentu tidak akan bisa mengalirkan arus listrik.

4. Kipas terbalik

Penyebab selanjutnya, adalah pemasangan kipas radiator yang terbalik. Kipas yang terbalik menyebabkan aliran angin juga terbalik hingga membuat kipas tidak bisa berputar. 

5. Motor kipas radiator tidak berfungsi

Motor kipas berfungsi sebagai penggerak kipas radiator. Apabila komponen ini bermasalah maka kipas radiator akan mati. Motor kipas yang rusak biasanya tidak bisa digunakan lagi dan diperbaiki sehingga harus diganti baru. 

6. Soket kendor

Penyebab lainnya disebabkan oleh pemasangan soket yang kurang kencang atau kendor dan usia soket.

Cara Mengatasi Kipas Radiator Tidak Bisa Berputar

Bingung mengatasi kipas radiator yang sering bermasalah? Tenang, kami ada solusi yang mudah. Simak cara mengatasinya berikut ini :

1. Mengecek bagian relay motor fan

Langkah pertama, cek bagian relay motor fan apakah masih bisa berputar atau tidak? Cek menggunakan avometer, jika komponen tersebut bisa berputar maka bagian temperatur suhu yang bermasalah. Namun jika tidak bisa berputar, berarti harus mengganti relay motor fan dengan yang baru.

Baca Juga : 5 Tanda Air Radiator Mobil Habis & Cara Mengatasinya

2. Ganti dengan sekring baru

Cek apakah benar penyebab kipas radiator tidak berputar karena adanya masalah pada sekring? Jika benar ganti dengan sekring baru.

3. Tes arus listrik

Anda bisa memperbaiki otomatis kipas radiator dengan melakukan tes arus listrik. Caranya cukup mudah, pasang kabel di motor kipas atau pasang jumper soket relay ke fuse box.

Jika kipas berputar maka rangkaian listrik tidak mengalami masalah. Namun, bisa jadi aki yang bermasalah sehingga kipas radiator tidak berputar. 

4. Ganti carbon brush dengan yang baru

Carbon brush merupakan komponen di dalam mesin kipas yang berfungsi sebagai mendistribusikan arus listrik dari bagian motor diam menuju motor bergerak.

Carbon brush yang sudah habis membuat kipas radiator tidak akan berputar karena tidak ada arus listrik yang dialirkan. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya ganti carbon brush dengan yang baru. 

5. Mengerti kapan harus menghubungi teknisi

Jika, langkah-langkah di atas sudah Anda coba tetapi belum berhasil membuat kipas radiator berputar. Sebaiknya Anda menghubungi teknisi ahli atau kunjungi dealer Daihatsu terdekat. 

Itulah beberapa penyebab kipas radiator mobil tidak berputar dan cara mengatasinya. Jadi tidak usah panik ketika kondisi tersebut terjadi pada kipas radiator mobil Anda. Selamat mencoba. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Begini Cara Pasang APAR di Mobil yang Mudah Dipraktekkan

2021-02-26

Salah satu alat keselamatan yang wajib ada di dalam mobil adalah Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Alat satu ini bisa membantu Sahabat untuk memadamkan api secara mandiri.

thumbnail

Jangan Langsung Tambah Freon, Penanganan Jika AC Kurang Dingin

2022-05-06

Pada saat mengendarai mobil, pastinya AC harus dinyalakan agar tidak merasa panas dan gerah saat di dalam mobil. Namun apa jadinya jika AC kurang dingin? Pastinya kondis

thumbnail

Ketahui Makna dan Fungsi dari Rambu Petunjuk Lalu Lintas

2021-01-04

Rambu petunjuk adalah salah satu bagian dari rambu lalu lintas yang fungsinya sebagai pemandu dan pemberi informasi bagi pengguna jalan. 

thumbnail

Rekomendasi Speaker Mobil Terbaik

2020-12-04

Keberadaan speaker mobil dapat membantu memberikan hiburan bagi mereka yang lelah menyetir mobil seharian. Oleh sebab itu banyak dari pengendara yang memilih mengganti a