Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
6 Penyebab Kipas Radiator Mobil Tidak Berputar & Solusinya
19 Agustus 2022
Kipas Radiator Mobil Tidak Berputar? Ini Penyebab & Solusinya

Anda pasti pernah mengalami masalah kipas radiator mobil yang tidak bisa berputar. Masalah tersebut menyebabkan mesin mobil overheat dan membuat suhu di dalam mobil terasa panas.

Meski masalah ini sering terjadi, banyak orang yang belum mengetahui penyebab kipas radiator mati. Berikut beberapa penyebabnya dan solusinya.

6 Penyebab Kipas Radiator Mobil Tidak Berputar

Apa yang menyebabkan kipas radiator tidak berputar? Berikut ini 6 penyebab kipas radiator mobil mati dan tidak berputar :

1. Drive belt putus

Penyebab pertama kipas radiator tidak berputar adalah putusnya drive belt. Pada dasarnya drive belt terbuat dari bahan karet yang sangat sensitif dengan panas, debu, dan oli.

Drive belt yang terkena oli akan menyebabkan permukaan menjadi licin. Kondisi ini akan membuat drive belt selip sehingga gesekan yang ditimbulkan terlalu cepat.

Hal ini menyebabkan drive belt menjadi putus. Akibatnya kipas pendingin, pompa power steering, dan alternator menjadi rusak. 

Baca Juga : Efek Buruk Bila Extra Fan Radiator Bermasalah

2. Fuse kipas putus

Fuse atau sekring berfungsi sebagai pemutus arus listrik yang berlebihan. Saat fuse putus, otomatis arus listrik kipas radiator juga ikut mati sehingga kipas tidak bisa berputar. 

3. Kabel kipas putus

Tidak berputarnya kipas radiator juga dapat disebabkan oleh putusnya kabel kipas.

Hal ini bisa terjadi karena gigitan tikus atau kabel memuai. Kabel yang terputus tentu tidak akan bisa mengalirkan arus listrik.

4. Kipas terbalik

Penyebab selanjutnya, adalah pemasangan kipas radiator yang terbalik. Kipas yang terbalik menyebabkan aliran angin juga terbalik hingga membuat kipas tidak bisa berputar. 

5. Motor kipas radiator tidak berfungsi

Motor kipas berfungsi sebagai penggerak kipas radiator. Apabila komponen ini bermasalah maka kipas radiator akan mati. Motor kipas yang rusak biasanya tidak bisa digunakan lagi dan diperbaiki sehingga harus diganti baru. 

6. Soket kendor

Penyebab lainnya disebabkan oleh pemasangan soket yang kurang kencang atau kendor dan usia soket.

Cara Mengatasi Kipas Radiator Tidak Bisa Berputar

Bingung mengatasi kipas radiator yang sering bermasalah? Tenang, kami ada solusi yang mudah. Simak cara mengatasinya berikut ini :

1. Mengecek bagian relay motor fan

Langkah pertama, cek bagian relay motor fan apakah masih bisa berputar atau tidak? Cek menggunakan avometer, jika komponen tersebut bisa berputar maka bagian temperatur suhu yang bermasalah. Namun jika tidak bisa berputar, berarti harus mengganti relay motor fan dengan yang baru.

Baca Juga : 5 Tanda Air Radiator Mobil Habis & Cara Mengatasinya

2. Ganti dengan sekring baru

Cek apakah benar penyebab kipas radiator tidak berputar karena adanya masalah pada sekring? Jika benar ganti dengan sekring baru.

3. Tes arus listrik

Anda bisa memperbaiki otomatis kipas radiator dengan melakukan tes arus listrik. Caranya cukup mudah, pasang kabel di motor kipas atau pasang jumper soket relay ke fuse box.

Jika kipas berputar maka rangkaian listrik tidak mengalami masalah. Namun, bisa jadi aki yang bermasalah sehingga kipas radiator tidak berputar. 

4. Ganti carbon brush dengan yang baru

Carbon brush merupakan komponen di dalam mesin kipas yang berfungsi sebagai mendistribusikan arus listrik dari bagian motor diam menuju motor bergerak.

Carbon brush yang sudah habis membuat kipas radiator tidak akan berputar karena tidak ada arus listrik yang dialirkan. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya ganti carbon brush dengan yang baru. 

5. Mengerti kapan harus menghubungi teknisi

Jika, langkah-langkah di atas sudah Anda coba tetapi belum berhasil membuat kipas radiator berputar. Sebaiknya Anda menghubungi teknisi ahli atau kunjungi dealer Daihatsu terdekat. 

Itulah beberapa penyebab kipas radiator mobil tidak berputar dan cara mengatasinya. Jadi tidak usah panik ketika kondisi tersebut terjadi pada kipas radiator mobil Anda. Selamat mencoba. 

Tips Sahabat Lainnya
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor