Logo Daihatsu
Menu

Efek Buruk Bila Extra Fan Radiator Bermasalah

Otomotif

2022-05-06

extra fan radiator rusak

Setiap komponen mobil yang bermasalah pastinya bisa berdampak buruk pada penggunaan mobil. Ini juga bisa saja terjadi saat extra fan radiator bermasalah. Fungsi dari kipas radiator adalah untuk mendapatkan air yang dingin dari pendinginan kipas ini.

Namun jika kipas radiator mengalami masalah, sudah pasti air yang didapatkan menjadi panas. Jika hal ini terjadi, maka dapat menyebabkan mesin mobil menjadi overheat. Mesin mobil yang mengalami overheat bisa saja menyebabkan komponen lain mengalami kerusakan.

Segera Perbaiki, Jika Extra Fan Radiator Bermasalah

Perlu diketahui bahwa kipas radiator memiliki dua macam yang berbeda. Yaitu kipas radiator konvensional dan juga kipas radiator mobil elektronik. Untuk jenis kipas radiator konvensional bisa menyala saat mesin moi ikut dinyalakan. Kipas ini juga akan mengikuti putaran pada mesin mobil Anda.

Kebanyakan mobil saat ini menggunakan extra fan radiator dengan  jenis elektrik. Kipas radiator elektrik ini bisa menyala saat mobil memiliki suhu yang cukup tinggi dan akan kebutuhan pendingin ekstra. Apabila sudah mencapai suhu panas tertentu, maka extra fan ini akan hidup dan bisa langsung bekerja untuk menurunkan suhu air radiatornya.

Akan tetapi, apa jadinya jika extra fan radiator bermasalah? Pastinya akan menimbulkan efek tertentu. Masalah yang paling banyak terjadi adalah suhu mesin mobil yang semakin panas. Kondisi suhu mesin yang panas ini tentunya bisa membuat kinerja mesin menjadi terganggu dan tidak bisa bekerja secara maksimal.

Saat Anda menemukan suhu mesin tidak segera turun, maka ini segera cek kondisi dari extra fan radiatornya. Mungkin saja hal tersebut menjadi pertanda bahwa extra fan pada mobil Anda mengalami masalah tertentu. Jika memang terdapat kerusakan pada extra fan radiatornya, sudah pasti Anda harus segera memperbaikinya.

Kerusakan pada extra fan ini memang harus segera diperbaiki. Jika tidak segera melakukan perbaikan, memungkin komponen mesin lain juga bisa ikut bermasalah dan mengalami kerusakan. Apalagi jika dibiarkan saja, justru bisa mempercepat komponen lain mengalami kerusakan dan Anda perlu mengeluarkan uang yang lebih besar untuk memperbaikinya.

Penyebab Kerusakan Extra Fan Radiator

Extra fan radiator yang mengalami masalah bisa terjadi karena berbagai penyebab tertentu. Seperti sekring kipas yang terputus, kabel yang rusak, sensor temperatur pendingin yang rusak dan masih banyak lagi. Penyebab extra fan bermasalah seperti ini bisa diketahui saat Anda mengeceknya.

Pengecekan seperti ini bisa dilakukan secara berkala. Selain itu, bisa melakukan pengecekan ketika Anda pernah mengalami mesin yang overheat. Bisa jadi mesin overheat ini merupakan pertanda kipas radiator pada mobil Anda mengalami kerusakan tertentu.

Pada saat Anda sudah mengetahui penyebab extra fan menjadi bermasalah, segera diperbaiki secepatnya. Jangan sampai mobil Anda mengalami overheat terlalu sering. Mesin yang overheat memang dapat menimbulkan banyak kerusakan, bahkan pada komponen mesin lainnya. Tentunya hal seperti ini jangan sampai terjadi pada Anda.

Untuk melakukan perbaikan pada kipas radiator mobil Anda, pastikan dilakukan oleh orang yang berpengalaman. Jika asal-asalan memperbaikinya, maka mungkin saja kerusakan bisa semakin parah. Jangan lupa untuk selalu melakukan servis secara rutin dan pengecekan seluruh komponen mobil secara berkala.

Anda bisa melakukan perbaikan di dealer Daihatsu yang dilakukan oleh orang profesional dan berpengalaman. Ingin mendapatkan berbagai artikel yang informatif mengenai dunia otomotif? Anda bisa membaca tulisan-tulisan kami lainnya di web daihatsu.co.id secara lengkap khususnya untuk kebutuhan kendaraan Daihatsu. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Ini Tips Membeli BBM di SPBU Agar Aman dan Tidak Dicurangi

2021-01-16

Stasiun pengisian bahan bakar (SPBU) sering kali mendapatkan kecurigaan dari masyarakat atas kecurangan pengisian bahan bakar. Namun, apakah hal ini murni merupakan kesalahan dari pihak SPBU? Belum

thumbnail

Rangkaian Cara Membuat Lampu Hazard Pada Motor Tanpa Mengganti Flasher

2020-11-09

Siapa yang tidak mengenal lampu hazard? Lampu darurat satu ini kerap ditemukan pada kendaraan roda empat, baik mobil pribadi maupun moda transportasi lainnya. Sayangnya

thumbnail

6 Cara Mengisi Air Aki Kering Pada Mobil, Ternyata Mudah!

2022-11-15

Apakah air pada mobil Anda memiliki penurunan volume tetapi Anda tidak mempunyai waktu untuk pergi ke bengkel serta mengisi air aki? Bila masalah tersebut terjadi, s

thumbnail

Bahan Pembuat Knalpot Mobil dan Cara Merawatnya!

2020-12-04

Supaya dapat berjalan, mesin mobil harus melakukan pembakaran. Sisa pembakaran tersebut harus dikeluarkan melalui knalpot. Jadi, fungsi utama knalpot adalah sebagai salu