Logo Daihatsu
Menu

5 Tanda Air Radiator Mobil Habis & Cara Mengatasinya

Otomotif

2022-08-10

tanda air radiator mobil habis

Air radiator mobil adalah sebuah cairan pendingin dan komponen penting yang berfungsi untuk menjaga suhu pada mesin supaya stabil dan tidak overheat. Jangan sampai komponen ini habis. Lantas, apa tanda air radiator mobil habis? Simak selengkapnya dibawah ini!

Pada dasarnya setiap mobil yang diproduksi di pasaran sudah dilengkapi dengan air radiator guna menjaga temperatur suhu mobil sehingga mobil tidak mengalami overheat. Untuk menghindari kondisi overheat sebaiknya Anda selalu cek volume air radiator agar jangan sampai habis.

Karena jika dibiarkan habis, mobil dapat mengalami kerusakan yang lebih serius hingga mesin mobil bisa mati. Agar kondisi tersebut tidak terjadi, pastikan Anda mengetahui jika komponen ini sudah habis. Jika belum tahu, perhatikan tanda-tandanya serta cara mengatasinya.

Baca Juga : Beberapa Penyebab Air Radiator Keruh

Tanda Air Radiator Mobil Habis

Seperti yang kita ketahui, fungsi air radiator pada mobil sangatlah penting. Maka dari itu, jangan sampai komponen ini habis. Bagaimana cara mengetahui jika air radiator habis? Terdapat 5 tanda-tandanya, simak selengkapnya dibawah ini.

1. Suara Mesin Menjadi Kasar

Cara pertama yang bisa Anda perhatikan untuk mengetahui air radiator habis adalah suara mesin menjadi kasar. Kondisi ini terjadi karena suhu mesin sangat panas sehingga mempengaruhi sistem pembakaran.

Seharusnya pembakaran berjalan dengan normal, tetapi apabila suhu panas maka prosesnya akan berjalan lebih cepat.

2. Suhu AC Menjadi Kurang Sejuk

Tanda kedua yang bisa terjadi jika air radiator mobil habis bisa Anda ketahui dari udara yang dihasilkan AC menjadi kurang sejuk dan dingin meskipun AC sudah dinyalakan dalam waktu yang cukup lama, serta kondisi freon AC masih belum habis.

Hal tersebut terjadi karena mesin akan otomatis mematikan putaran dari kompresor AC bila suhu mobil terlalu panas.

3. Indikator Temperatur pada Mesin Bergerak Menuju Merah

Ciri-ciri air radiator harus ganti adalah jarum pada indikator temperatur pada mesin berubah arah ke warna merah. Apabila kondisi ini terjadi berarti tandanya Anda harus segera mengisi air radiator mobil.

4. Kap Mesin Mengeluarkan Uap

Tanda selanjutnya, kap mesin mobil akan mengeluarkan uap. Hal ini terjadi karena penguapan air radiator yang terlalu penuh atau adanya kebocoran selang radiator entah karena terlepas atau pecah. 

5. Mesin Mobil Menjadi Kurang Bertenaga

Penyebab air radiator mobil cepat habis padahal tidak bocor bisa yang bisa Anda rasakan adalah performa mesin mobil Anda menjadi kurang bertenaga meskipun Anda sudah menginjak gas lebih kencang, dan menaikkan tingkat RPM ketika mobil sedang melaju. 

Cara Mengatasi Air Radiator Mobil Agar Tidak Cepat Habis

Jika Anda sudah mengetahui tanda-tanda dan penyebab diatas, maka Anda harus mengetahui cara untuk mengatasi air radiator agar tidak cepat habis. Berikut langkah-langkahnya.

1. Menutup Radiator dengan Penutup yang Berkualitas

Salah satu faktor yang menyebabkan air radiator habis adalah adanya kerusakan pada tutup radiator. Pastikan Anda menutup radiator dengan penutup yang berkualitas dan dari material yang terbaik.

Anda bisa menggunakan produk asli sesuai dengan merk produsen mobil Anda atau mencari rekomendasi produk terbaik dan terlaris di marketplace.

2. Selalu Rutin Menguras Air Radiator

Berapa lama air radiator mobil habis? Untuk mobil, setiap 2 bulan sekali. Anda bisa melakukan proses pengurasan air radiator secara rutin dan berkala minimal setiap 2 bulan sekali agar menghindari terjadi korosi dan mesin overheat.

3. Periksa Selang Radiator Secara Berkala

Selang radiator yang terlepas atau pecah dapat menimbulkan masalah kap mobil mengeluarkan uap. Pastikan juga selang radiator tidak ada sumbatan agar tidak menimbulkan masalah lainnya.

Baca Juga : Air Radiator Mobil yang Bagus

4. Konsultasi dengan Teknisi Profesional

Jangan sampai putus asa hingga mengganti air radiator mobil pakai air biasa. Apabila Anda sudah mencoba dengan cara-cara sebelumnya tetapi masih belum  menemukan titik terang, Anda bisa konsultasikan dengan teknisi profesional.

Mereka akan membantu mengatasi engine overheat atau masalah-masalah lainnya yang berkaitan dengan air radiator. Pastikan Anda selalu melakukan perawatan mobil di bengkel resmi Daihatsu untuk mencegah segala macam kerusakan mobil yang lebih parah. 

Semoga ulasan artikel di atas dapat menambah wawasan Anda tentang tanda-tanda air radiator mobil habis sehingga Anda tidak panik ketika mobil berada dalam kondisi overheat. Dapatkan juga artikel seputar tips otomotif lainnya dengan mengunjungi website Daihatsu ini.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Yuk Kenali Pengertian dan Fungsi Charcoal Canister pada Mesin Mobil

2022-08-10

Seperti yang telah diketahui, bahwa bahan bakar merupakan hal penting dalam sebuah kendaraan. Tanpa adanya bahan bakar, kemungkinan besar kendaraan tidak akan bisa berge

thumbnail

3 Komponen yang Harus Dicek Ketika Starter Mobil Bunyi Cetek Cetek

2022-08-10

Adanya bunyi bunyian pada mesin pada saat mobil dinyalakan, bisa  menjadi penanda bahwa terdapat masalah serius yang harus segera diperbaiki. Pastinya terdapat sala

thumbnail

Nggak Bakal Rugi, Begini Cara Menaksir Harga Mobil Bekas

2022-08-10

Menjual mobil bekas terkadang suka bikin bingung. Apalagi ada tugas yang paling berat dalam menjual mobil yaitu soal harga. Mau dibanderol berapa? Pernyataan seperti itu tentu jadi hal yang sulit d