Logo Daihatsu
Menu

Beberapa Penyebab Air Radiator Keruh

Otomotif

2022-05-22

air radiator keruh

Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada radiator mobil adalah adanya air radiator keruh. Hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal yang terkadang tak terduga. Untuk itu, perlu dilakukan perawatan yang baik agar air radiator tidak mudah keruh.

Radiator menjadi salah satu komponen sistem pendinginan di dalam kendaraan yang berfungsi untuk mendinginkan kinerja mesin mobil. Nah, lalu apa yang sebenarnya menjadi penyebab air radiator mudah keruh itu? Berikut penjelasannya!

Penyebab Air Radiator Keruh

Jika Anda mengamati air radiator pada mobil Anda berwarna kecoklatan, itu tandanya air radiator mobil Anda dalam keadaan kotor. Ada beberapa hal yang memicu berubahnya air radiator pada kendaraan Anda.

Berikut adalah penyebab lainnya yang biasa terjadi pada air radiator yang keruh :

·Bahan dasar pembuatan mesin berbeda

Penyebab air radiator keruh yang pertama adalah adanya perbedaan bahan dasar pada pembuatan mesin. Bahan blok mesin pada mobil terdiri atas dua bahan, yaitu besi tuang dan aluminium.

Jika kendaraan Anda sudah berumur tua atau kendaraan diesel, maka bahan yang sering digunakan adalah menggunakan besi tuang. Hal inilah yang bisa menjadi penyebab berubahnya air radiator pada kendaraan Anda.

Air radiator berubah warna karena air berubah panas dingin dengan cepat, akan tetapi hal ini termasuk kondisi yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Sedangkan jika mesin kendaraan Anda menggunakan bahan baku dasar alumunium, maka itu tidak akan menyebabkan berwarna sehingga sama dengan air biasa dan sulit dibedakan.

· Komponen berkarat

Penyebab selanjutnya yang bisa membuat air radiator keruh adalah komponen sistem pendingin yang mulai berkarat. Hal ini karena air yang ada pada radiator akan bersirkulasi ke dalam engine melewati mantel air.

Jika radiator, blok mesin, atau komponen lainnya mulai berkarat, maka hal ini bisa menyebabkan air pada radiator mudah keruh atau berwarna kecoklatan.

· Endapan mineral dari air

Sistem pendingin memang sudah seharusnya mendapatkan perawatan yang baik dengan cara rutin membersihkan dan mengganti airnya. Jika air radiator sudah berwarna keruh, maka hal ini bisa jadi karena adanya endapan mineral dari airnya.

Hal ini terjadi karena radiator diisi dengan air biasa, baik air ledeng atau air sumur. Air yang mendidih secara terus-menerus bisa meninggalkan kerak dan menyebabkan air radiator berwarna kecoklatan.

Endapan mineral pada air juga bisa memicu komponen-kompenen lainnya hingga menyebabkan karat. Akibatnya, air yang bercampur karat dan endapan tersebut bersirkulasi dalam mesin melalui mantel air.

· Pemakaian yang sering

Siring dengan lama pemakaian hingga melewati batas pemakaian idealnya, maka air radiator juga bisa berubah menjadi keruh sehingga kualitasnya pun menurun.

Anda bisa memeriksa warna air radiator dengan melihat ke bagian tabung reservoir yang berisi cairan coolant tersebut. Warnanya yang berubah menjadi keruh biasanya sudah terkontaminasi dengan air dan kandungan aditif di dalamnya sudah memburuk.

Jika hal ini terjadi, Anda harus menguras habis air radiator tersebut dan menggantinya dengan yang baru. Karena apabila hal ini dibiarkan terus-menerus, maka kendaraan akan lebih cepat panas bahkan bisa menjadi overheat.

Periksa kelayakan Air Radiator Anda di Bengkel Daihatsu Terdekat!

Jika Anda mengalami kondisi seperti di atas, maka solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan menguras air radiator yang keruh dan menggantinya dengan air coolant yang telah direkomendasikan pabrik.

Akan tetapi, jika hal ini tidak mampu mengatasi air radiator keruh pada kendaraan Anda, maka segera mungkin Anda mendatangi bengkel Daihatsu terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga: Cara Mudah Mengetahui Radiator Sudah Berkarat

Melalui kami di bengkel Daihatsu, Anda bisa mendapatkan layanan service kendaraan dengan mudah dan cepat. Dengan menggunakan fasilitas booking service yang kami sediakan, Anda bisa melakukan kebutuhan service kendaraan Anda tanpa harus menunggu antrian yang lama.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera periksa kelayakan air radiator kendaraan Anda sekarang juga untuk mengoptimalkan performa mobil Anda! Dapatkan informasi selengkapnya melalui laman website kami hanya di laman resmi Daihatsu! Mari sayangi mobil Anda dengan melakukan service berkala!


Tag

Otomotif

Share This