Logo Daihatsu
Menu

Cara Mudah Mengetahui Radiator Sudah Berkarat

Otomotif

2022-02-07

Radiator  Berkarat

Radiator merupakan salah satu komponen penting yang berperan sebagai sistem pendingin dalam sebuah kendaraan. Sebagai salah satu komponen penting dalam kendaraan, Anda perlu rutin melakukan pengecekan dan perawatan untuk mencegah terjadinya radiator berkarat.

Jika sudah terlanjur berkarat, radiator kendaraan Anda akan mulai mengalami pengikisan dan lebih rawan jebol. Sebelum bertambah parah, alangkah baiknya Anda perlu mengetahui cara mengetahui radiator yang sudah berkarat beserta faktor penyebabnya.

Cara Mengetahui Radiator  Berkarat

Radiator merupakan sistem pendingin kendaraan yang berfungsi sebagai penstabil suhu mesin selama melakukan proses pembakaran agar tidak overheat

Semakin lama mesin kendaraan menyala, maka akan semakin tinggi pula suhu panas yang ditimbulkan dari proses pembakaran mesin. Untuk mengurangi suhu panas pada mesin, diperlukan sistem pendingin mesin kendaraan bernama radiator.

Radiator ini akan memindahkan kalor panas yang dihasilkan dari mesin kendaraan ke udara. Cara kerjanya, radiator akan mengalirkan air atau coolant ke saluran radiator yang sudah terpasang di sekeliling mesin kendaraan.

Pada saat coolant-nya mengalir, cairan ini akan menyerap suhu panas dari mesin agar temperaturnya menjadi lebih stabil. Setelah selesai menyerap panas, cairan coolant akan mengalir kembali ke bagian radiator.

Nantinya, radiator tersebut akan mendinginkan suhu coolant kembali dan melepaskan suhu panas ke udara. 

Setelah Anda sedikit memahami cara kerja radiator kendaraan, harapannya Anda akan bisa lebih memahami pembahasan seputar cara menemukan radiator berkarat beserta faktor penyebabnya. 

Penyebab dan Cara Menemukan Radiator Berkarat pada Kendaraan

Seringkali, para pemilik kendaraan mendapati beberapa masalah pada komponen kendaraan seperti munculnya karat pada radiator. Bagaimana cara menemukan radiator berkarat pada kendaraan? Berikut penjelasannya untuk Anda :

1. Melihat Kondisi Tutup Radiator

Cara yang paling mudah, Anda bisa melihat kondisi tutup radiator bagian dalam dan mulut lubangnya. Jika Anda mendapati adanya endapan warna coklat pada celah lubang mulut dan karet tutup radiatornya, itu tandanya radiator kendaraan Anda sudah mengalami perkaratan.

Peristiwa radiator berkarat ini terbentuk karena adanya proses oksidasi dan penguapan cairan coolant yang terkikis dan terbawa naik ke saluran radiator saat terjadi proses sirkulasi (pendinginan mesin).

2. Melihat Isi Tabung Reservoir

Selain dari melihat tutup radiatornya, cara lain untuk mengetahui radiator kendaraan berkarat adalah dengan melihat isi tabung reservoir atau tabung yang berisi cadangan air radiator.

Jika Anda mendapati warna air dalam tabung reservoir tersebut berwarna coklat karat, maka bisa dipastikan bahwa radiator kendaraan Anda mengalami perkaratan. 

Baca Juga: Begini Efek Membiarkan Tutup Radiator Rusak

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa mengetahui kondisi radiator kendaraan berkarat dengan cara mengecek selang tutup reservoir atau menguras isi dalam tabung reservoir. Jika Anda menemukan pasir-pasir berwarna coklat karat, itu juga menandakan bahwa radiator kendaraan Anda sudah berkarat.

Bagaimana bisa Anda mengetahui kondisi radiator kendaraan berkarat dari melihat isi tabung reservoir? Hal ini terjadi karena proses sirkulasi atau pendinginan mesin kendaraan juga berkemungkinan untuk membawa residu karat ke dalam tabung reservoir.

3. Melihat Plat dalam Radiator

Cara mengetahui radiator berkarat selanjutnya adalah dengan melihat plat atau kisi dalam radiator melalui lubang pengisian air radiator. Adapun, langkah yang dapat Anda lakukan adalah membuang sejumlah air dalam radiator sampai terlihat kisi bagian dalamnya.

Selanjutnya, cek kondisi dan warna kisi-kisi dalam radiator menggunakan bantuan senter. Jika kisi-kisinya berwarna perak atau putih, itu tandanya radiator Anda masih normal. Namun jika warnanya coklat hingga kehitaman, itu berarti radiatornya sudah berkarat.

Perlunya Mengecek Radiator Berkarat Sebelum Membeli Kendaraan

Jika Anda hendak membeli kendaraan bekas, jangan lupa cek dulu kondisi fisik kendaraan termasuk radiatornya. 

Namun, jika Anda tertarik memboyong mobil baru, Anda bisa mengunjungi laman penawaran daihatsu.co.id untuk menemukan banyak varian mobil menarik dan berkualitas.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Kelebihan Daihatsu Charade, Si Mungil yang Penuh Daya Tarik

2022-02-07

Saat ingin memiliki sebuah mobil, hal pertama yang dilihat adalah kelebihannya yang dibawa oleh mobil tersebut. Begitu juga saat ingin membeli mobil klasik seperti Daiha

thumbnail

Bisakah Klaim Asuransi Mobil Baru Yang Tiba-tiba Berkarat?

2022-02-07

Apakah bisa mobil baru berkarat klaim asuransi. Bila Anda ingin mengetahui informasi tentang hal ini maka jangan alihkan perhatian pada hal lain. Anda harus menyimak inf

thumbnail

Panduan Membaca Tabel Ukuran Baut Dan Kuncinya Lengkap

2022-02-07

Bagi Anda yang bergelut di bidang otomotif, tentu tidak asing dengan mur maupun sekrup. Kedua alat ini memiliki peran untuk menggabungkan beberapa komponen kendaraan aga

thumbnail

Mengenal Mobil LCGC yang Irit dan Ramah Lingkungan di Masa Kini

2022-02-07

Semakin berkembangnya teknologi yang ada membuat berbagai macam inovasi diciptakan, termasuk dalam kendaraan roda empat. Untuk it