Logo Daihatsu
Menu

Cara Kuras & Ganti Air Radiator Mobil Sendiri di Rumah

Otomotif

2022-07-28

cara kuras air radiator mobil

Sebagai pemilik mobil, tentu saja kita ingin agar kendaraan tersebut dapat digunakan dalam waktu yang lama. Bila demikian, sistem pendingin atau radiator yang baik menjadi sebuah keharusan. Dengan menggantinya, keawetan mesin akan terjaga dengan baik. Lantas, bagaimana cara kuras air radiator mobil? 

Pada dasarnya, sistem pendingin mobil dirancang agar dapat menjaga mesin tidak terlalu panas saat bekerja.

Agar suhu mesin tidak terlalu panas, digunakanlah cairan pendingin mesin serta radiator. Fungsi air radiator ini juga dapat menghilangkan panas dari cairan pendingin yang melewati blok mesin. 

Namun, cairan pendingin mesin ini harus diganti serta dibilas agar melindungi gasket mesin, dan melindungi sistem pendingin dari adanya korosi.

Baca Juga : Penyebab Oli Mesin Bisa Tercampur Dengan Air Radiator

Ciri-Ciri Air Radiator Harus Diganti

Supaya kita tidak terlambat untuk mengganti air radiator, tentunya kita harus mengetahui kapan melakukan kuras air radiator.

Ada beberapa ciri air radiator harus segera diganti, contohnya saja seperti sudah melewati jarak tempuh. Mobil tentu saja memiliki standarisasi jarak tempuh dan harus melakukan service secara berkala.

Pastinya Anda akan bertanya-tanya, berapa km untuk kuras dan ganti air radiator mobil? Biasanya setiap pemakaian 80.000 km atau setiap 6 bulan sekali.

Jika mobil sudah melewati jarak tempuh yang direkomendasikan, tentu air radiator mobil harus segera diganti. Ciri-ciri air radiator harus diganti lainnya adalah air radiator berubah menjadi cokelat, kotor atau keruh. 

Overheat juga bisa menjadi ciri lain. Saat air radiator sudah tidak bagus, mesin bisa mengalami overheat. Mesin akan mengalami panas dan akhirnya menimbulkan asap dari kap mesin. 

Cara Mudah Kuras Air Radiator Mobil Sendiri

Bagaimana cara menguras air radiator mobil? Caranya sangat mudah dan simpel. Anda bisa melakukannya sendiri dirumah. Berikut langkah yang dapat diikuti, antara lain:

1. Temukan Komponen Radiator

Langkah pertama, Anda harus mengeluarkan komponen radiator dahulu. Cara mengeluarkan air radiator mobil sangat mudah.

Angkat kap kendaraan kemudian cari area logam yang rata di bagian depan. Ini adalah lokasi radiator.

Kemudian, cari tutup berbentuk lingkaran yang dibuat dari logam serta mengarah ke arah radiator. 

Anda juga harus memperhatikan tulisan “pendingin radiator” atau tulisan lain yang mirip di atasnya.

Jika sudah menemukannya, perhatikan lokasi tutupnya karena, nantinya Anda akan menambahkan cairan ke dalamnya.

Baca Juga : Awas Keliru! Berikut 3 Jenis Air Radiator yang Bagus Untuk Mobil Tua

2. Mulai Kuras Radiator

Untuk mulai menguras radiator, Anda harus merangkak ke bagian bawah kendaraan kemudian cari katup serta selang karet yang memiliki diameter besar. Nantinya selang ini akan terhubung ke radiator. 

Siapkan tempat yang akan digunakan untuk pembuangan air radiator, kemudian pindahkan panci ke bawah katup maupun klem selang. Kemudian, buka katup dan kendurkan klem. 

Biarkan radiator terkuras selama kurang lebih 10 menit hingga hanya tersisa tetesan cairan pendingin mesin.

3. Bersihkan Radiator dengan Menggunakan Air

Setelah pembersihan selesai, cara kuras air radiator mobil berikutnya dengan mengencangkan kembali klem yang menahan selang di tempatnya dan tutup katup pembuangan, bila kendaran Anda memilikinya.

Kemudian lepaskan tutup radiator serta tuangkan air mineral ke radiator hingga penuh. 

Pasang tutupnya kembali dan nyalakan kendaraan. Biarkan kendaraan beroperasi selama kurang lebih 15 menit.

Nantinya, kegiatan ini dapat mengalirkan air ke mesin, kemudian buang kotoran yang lepas bersama dengan sisa cairan air radiator keruh.

4. Tambahkan Pendingin Baru

Jika pembersihan sudah selesai, Anda dapat melihat manual untuk melihat banyaknya cairan pendingin yang diperlukan radiator, buka tutup radiator kemudian tempatkan corong ke saluran masuk serta cairan pendingin. 

Periksa tangki kemudian tambahkan cairan pendingin hingga ketinggian mencapai garis service.

Kemudian hidupkan kendaraan selama beberapa menit serta periksa, apakah terdapat kebocoran.

Bila Anda takut tidak dapat mengikuti cara kuras air radiator mobil di atas, Anda bisa langsung membawa kendaraan ke bengkel resmi atau dealer Daihatsu. Di sini, mobil akan melalui sejumlah pengecekan, sehingga pembersihan dapat dilakukan dengan maksimal.

Selain itu, Anda juga tidak perlu cemas antri hingga berlama-lama, karena Anda dapat melakukan booking service, sehingga dapat mengatur waktu kedatangan sesuai dengan antrian service.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Kenali Perbedaan BEV, HEV, PHEV, dan FCEV pada Mobil di Sini!

2023-09-29

Apa perbedaan HEV, PHEV. BEV, dan FCEV? Anda pasti sudah tidak asing dengan pertanyaan tersebut. Beberapa tahun terakhir, pertanyaan tersebut kerap kali ditanyakan s

thumbnail

Cara Membersihkan Plafon Mobil Beludru Kotor & Berjamur

2022-08-03

Merawat plafon mobil secara berkala adalah hal yang perlu dilakukan. Apalagi jika plafon berbahan beludur. Cara membersihkan plafon mobil beludru yang kotor dan berjamur sangat mud

thumbnail

Perbedaan Kaca Tempered dan Kaca Laminated untuk Mobil

2020-12-03

Ada dua jenis kaca mobil yang dikenal di dunia otomotif. Namanya, kaca tempered dan kaca laminated. Dua-duanya ini mampu meminimalkan c

thumbnail

5 Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes dan Cara Mengatasinya

2022-12-28

Ban tubeless diklaim mampu menghemat biaya perawatan ban yang diakibatkan kebocoran ban. Meski terbilang efektif, terkadang ban tubeless juga kempes walaupun baru di