Logo Daihatsu
Menu

Yuk, Cari Tahu 5 Cara Mengganti Air Radiator

Otomotif

2021-01-07

cara mengganti air radiator

Tatkala Anda menyalakan mobil secara terus menerus, maka akan menyebabkan mesin menjadi panas. Untuk itu, hadirnya radiator di mobil memberikan jalan keluar terbaik. 

Namun akibat seringnya pemakaian, membuat air radiator akan cepat habis dan menjadikannya tidak berfungsi dengan baik. Lantas bagaimana cara mengganti air radiator yang benar? Yuk, simak ulasan berikut

1. Membuang Air Radiator yang Lama

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu membuang air radiator yang sudah lama dan berkeruh. Sebelum melakukan hal ini, pastikan terlebih dahulu mesin kendaraan kesayangan dalam keadaan dingin. 

Hal ini perlu dilakukan supaya tidak melukai tangan Anda. Tak hanya itu saja, usahakan pula dikala melakukannya mesin masih menyala.

Bila ingin membuangnya, buka tutup lubang radiator yang berada di bagian atasnya terlebih dahulu. Tak lupa juga untuk membuka baut yang masih menempel pada bagian pembuangan air radiator, tepatnya di bagian bawah radiator kendaraan. 

2. Mengisi Air Radiator

Jika semua air di dalam radiator telah terkuras habis, maka Anda bisa mematikan mesin kendaraan kesayangan. Berikutnya, memasang kembali baut baut pada radiator di tempatnya semula. 

Buka kembali baut yang berada di bagian tempat pembuangan angin, yang digunakan sebagai tempat untuk pengisian air radiator dengan cairan khusus.

Perlu Anda ketahui, jika cairan khusus yang seringkali digunakan pada air radiator ini terdiri dari berbagai macam. 

Jadi Anda harus memilih cairan manakah yang sesuai dengan kondisi pada mesin mobil. Bahkan Anda pun bisa menggunakan air mineral ataupun air keran. 

3. Menyalakan Mesin Kendaraan

Usai mengisi air radiator menggunakan cairan khusus, pasang kembali baut di bagian pembuangan angin. Biarkan penutup lubang radiator tetap dalam kondisi terbuka. Kemudian nyalakan kembali mesin kendaraan, untuk pastikan kipas radiator dapat berputar. Biarkan mesin tetap menyala hingga skala temperatur pada speedometer mencapai setengah.

Baca juga: Mesin Kendaraan Tidak Stabil? Berikut Cara Menurunkan RPM Mobil Injeksi

4. Mengisi Kembali Air Radiator Jika Dirasa Kurang

Ketika mesin dinyalakan, Anda bisa memantau keadaan air radiator apakah kurang atau tidak. 

Bila Anda merasa volume air di dalamnya masih kurang, maka tambahkan kembali air radiator dengan cairan yang sama hingga mencapai batas maksimal. 

Usai diisi, pasang kembali penutup lubang radiator dengan erat agar air radiator tidak menguap ataupun berceceran. 

5. Mengecek Tangki Cadangan

Hal ini perlu dilakukan dikala Anda selesai mengganti air radiator pada kendaraan kesayangan. Bila kondisi air didalamnya sudah kotor, maka Anda bisa membuangnya dan mengisi kembali dengan air bersih ataupun cairan pendingin radiator.

Kondisi yang stabil pada komponen kendaraan roda empat memang perlu dilakukan. Dengan begitu Anda bisa mengendarai kendaraan kesayangan dengan nyaman dan aman. 

Bahkan Anda pun tidak perlu khawatir, jika di tengah perjalanan ada masalah. Terutama pada bagian radiator, yang mana memegang peranan penting guna mendinginkan mesin jika overheating.

Baca juga:  Inilah yang Menjadi Penyebab Mobil Terbakar


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Cara Membersihkan Karburator Mobil dengan Mudah

2020-12-30

Bagi Anda pemilik kendaraan bermotor mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah karburator. Karburator merupakan salah satu komponen yang penting pada mobil, yang san

thumbnail

Fungsi Fogging Mobil dan Tips Melakukannya

2020-12-07

Ketika mendengar kata fogging, mungkin sebagian besar akan langsung teringat dengan metode pengasapan untuk memberantas sarang nyamuk. 

thumbnail

12 Aksesoris Interior Mobil, Bikin Tampilan Keren dan Trendy

2023-10-30

Untuk mempercantik dan menambah kesan keren di dalam mobil, tidak harus melakukan modifikasi secara besar-besaran. Namun, bisa dengan cara menambahkan beberapa akses

thumbnail

Inilah Cara Pasang Wifi di Mobil Dengan Mudah

2022-08-08

Anda mempunyai mobil pribadi dan ingin internetan di mobil tanpa terkendala sinyal? Solusinya yaitu menggunakan Wifi. Lantas bagaimana cara pasang Wifi di mobil? Simak berikut ini.