Logo Daihatsu
Menu

Pendingin Tidak Berfungsi dengan Baik, Berikut Ciri-Ciri Air Radiator Mobil Harus Diganti

Otomotif

2021-01-07

ciri ciri air radiator mobil harus diganti

Kehadiran air radiator sebagai komponen pendingin berfungsi untuk membantu suhu mesin pada kendaraan tetap stabil. 

Sehingga Anda dituntut untuk selalu memperhatikan cairan yang ada di dalamnya untuk selalu ada. Lantas bagaimana ciri ciri air radiator mobil harus diganti? 

1. Warna dari Cairan Pendingin Telah Memudar

Hal yang perlu Anda lakukan agar keadaan mesin tetap stabil yaitu memeriksa kondisi air radiator. Bila warna pada cairan pendinginnya tersebut telah memudar, maka Anda harus menggantinya dengan yang baru. 

Sebetulnya, warna cairan berubah terdapat dua kemungkinan. Pertama, terdapat zat yang memaksimalkan kinerja cairan pendinginnya. Kedua, memang mengharuskan sang pemilik untuk menggantinya segera. 

Tidak hanya memudar saja, bila warna air radiator mulai keruh atau bahkan terlihat layaknya coklat kotor maka harus diganti segera mungkin. Anda pula tidak perlu menunggu jarak tempuh yang memang telah direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan bermotor terlampaui.

Baca juga: 8 Komponen Utama Sistem Pendingin Mesin Mobil

2. Melewati Jarak Tempuh yang Direkomendasikan

Ciri-ciri air radiator mobil harus diganti yang kedua yaitu melewati jarak tempuh yang direkomendasikan. Umumnya setiap pabrikan kendaraan bermotor memiliki standarisasi jarak tempuh tertentu, yang diterapkan pada kendaraan keluarannya untuk melakukan servis berkala. 

3. Munculnya Gejala Overheat

Sebetulnya, overheat atau naiknya suhu mesin merupakan dampak dari air radiator tidak bisa bekerja dengan selayaknya. Bila ciri-ciri air radiator mobil harus diganti ini muncul di kendaraan kesayangan, maka jalan satu satunya yaitu membawanya ke tempat servis berkala. 

Biasanya overheat muncul, ketika suhu mesin tiba tiba naik atau panas hingga menimbulkan asap dari bawah kap mobil. Sebelum hal ini terjadi di mobil kesayangan, segeralah mengganti cairan pendingin di dalam radiator. 

Kondisi cairan pendingin yang telah memburuk akan menyebabkan radiator tidak maksimal bekerja menyerap suhu panas pada silinder mesin. Hendaknya Anda melakukan pemeriksaan secara menyeluruh, guna memastikan kondisi radiator.

Jika gejala overheat ini muncul dikala sedang dalam perjalanan, maka alangkah baiknya Anda menepi ke pinggir jalan dan mematikan mesin. Tunggu beberapa saat hingga suhu mesin kendaraan mereda, kemudian jalankan kembali. 

Akan tetapi, jalan terbaik yang harus dilakukan saat ciri ciri air radiator mobil harus diganti ini menimpa Anda yaitu menghubungi bengkel terdekat.

Ingin mengendarai mobil kesayangan lebih nyaman dan aman lagi? Maka tidak ada salahnya jika Anda memeriksa keadaan setiap komponen di dalamnya secara berkala, salah satunya radiator. 

Bila merasakan hal yang mengganggu kenyamanan berkendara seperti pada ciri ciri diatas, alangkah baiknya jika Anda melakukan tindakan penanganan selanjutnya. Misalnya saja dengan membawa ke tempat servis.

Baca juga :  Air Radiator Mobil yang Bagus


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Sejarah Singkat Transportasi Darat dan Jenis-jenisnya

2021-01-05

Transportasi darat adalah segala bentuk kendaraan yang menggunakan jalan untuk mengangkut penumpang atau barang. Jenis transportasi satu ini termasuk yang paling dominan

thumbnail

Ini Tips Membeli BBM di SPBU Agar Aman dan Tidak Dicurangi

2021-01-16

Stasiun pengisian bahan bakar (SPBU) sering kali mendapatkan kecurigaan dari masyarakat atas kecurangan pengisian bahan bakar. Namun, apakah hal ini murni merupakan kesalahan dari pihak SPBU? Belum

thumbnail

Plat AD Kota Apa? Temukan Jawabannya di Sini!

2024-01-15

Ketika road trip di Jawa Tengah, Anda akan terbiasa dengan kendaraan yang memiliki plat AD berlalu lalang di jalanan. Lantas dari kota manakah kendaraan tersebut ber

thumbnail

Cara Daftar SIM Online dan Buat Baru Serta Biayanya 2023

2023-11-23

Proses pendaftaran dan pembuatan SIM secara online kini semakin memudahkan warga untuk mendapatkan surat izin mengemudi. Namun, sebelum melangkah ke proses tersebut, penting untuk memahami syarat-s