Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Oli Mesin Bisa Tercampur Dengan Air Radiator

Otomotif

2022-05-22

Oli Mesin Tercampur Air Radiator

Bagi pemilik kendaraan, apabila oli mesin bercampur dengan air menjadi salah satu hal yang paling ditakuti. Bagaimana tidak? Oli pada mesin yang tercampur dengan air ini bisa menyebabkan kerusakan. Akibatnya kendaraan tidak bisa digunakan dengan baik dan tidak lagi terasa aman dan nyaman.

Oli mesin tercampur air radiator bisa mengubah kandungan dan struktur kimia oli, sehingga menyebabkan kehilangan fungsinya. Pada saat hal ini terjadi, maka komponen mesin yang bekerja bisa saling bergesekan. Hal ini bisa menjadikan mesin dapat cepat aus dan cepat panas dan sangat mudah mengalami kerusakan.

Bagaimana Bisa Oli Mesin Tercampur Air Radiator?

Salah satu penyebab mesin mudah mengalami kerusakan karena oli mesin tercampur air radiator. Jika Anda menemukan cairan radiator semakin berkurang, bisa saja mengalami kebocoran atau bahkan tercampur dengan oli mesin. Hal ini dapat  membuat cairan radiator bisa merembes ke saluran dan dapat mengalir pada oli mesin.

Sebelum mengatasi hal tersebut, alangkah baiknya jika Anda mengetahui dengan pasti apa penyebab oli mesin pada kendaraan bisa tercampur dengan air radiator. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui penyebabnya.

1. Oli Cooler mengalami Keocoran

Oil cooler yang mengalami kebocoran terjadi bisa menjadi salah satu penyebab tercampurnya oli mesin dengan air radiator. Terdapat beberapa jenis mobil yang saat ini sudah dilengkapi dengan oil cooler. Adanya oil cooler ini memiliki fungsi penting untuk mendinginkan suhu pada oli mesin.

Cara kerjanya, oli mesin akan didinginkan menggunakan kisi kipas yang dialiri dengan air radiator. Pada saat melakukan hal ini, rawan terjadi kebocoran sehingga dapat menyebabkan oli bisa mengalir ke dalam air radiator tersebut.

2. Bagian Blok Mesin Atau Head Mengalami Keropos

Tahukah Anda bahwa korosi pada bagian mesin juga bisa menyebabkan air radiator dapat bercampur dengan oli mesin. Keropos ini sering dijumpai pada bagian blok mesin atas. Untuk mengatasi hal ini bisa dengan mengelas bagian yang korosi. Namun akan lebih awet dan efektif jika Anda mengganti dengan yang baru.

3. Cylinder Head yang Mulai Bengkok

Penyebab oli mesin tercampur air radiator selanjutnya karena cylinder head yang sudah mulai bengkok. Jika masalah ini terjadi pada mobil Anda, maka harus segera diatasi agar komponen mesin tidak rusak semakin parah.

Untuk mengatasinya bisa dengan membuka bagian cylinder head tersebut, kemudian Anda bisa meratakan permukaannya agar bisa menghentikan kebocoran. Apabila masih terjadi kebocoran lagi, akan lebih baik jika Anda mengganti komponen tersebut dengan yang baru.

4. Gasket Cylinder Head Mengalami Kerusakan

Meskipun masih jarang terjadi, namun apabila gasket cylinder head yang mengalami kerusakan bisa mengakibatkan oli mesin tercampur air radiator. Atasi hal ini dengan cara menggantinya dengan komponen yang baru agar tidak lagi mengalami masalah kebocoran.

Baca Juga: Penyebab Volume Oli Mesin Berkurang

Beberapa penyebab oli mesin tercampur air radiator di atas bisa Anda atasi sesuai dengan masalahnya. Jika sudah mengetahui permasalahannya, maka akan semakin memudahkan Anda untuk memperbaikinya. Jangan anggap masalah ini sepele, karena bisa mengakibatkan kerusakan pada mesin mobil Anda.

Tentunya hal ini tidak ingin terjadi pada Anda bukan? Untuk itu segera perbaiki sebelum kerusakan bisa semakin parah. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan informasi otomotif yang terupdate dan menarik lainnya dengan mengunjungi pranala resmi Daihatsu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.


Tag

Otomotif

Share This