Logo Daihatsu
Menu

5 Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis & Tips Mengatasinya

Otomotif

2022-10-06

penyebab  air radiator cepat habis

Tidak sedikit orang yang mengetahui beberapa penyebab air radiator mobil cepat habis sehingga mesin cepat panas (overheat).

Padahal selain mesin cepat panas, air radiator pada kendaraan roda empat yang rusak akan berakibat pada kesehatan mesin mobil lainnya. Misalnya saja akibat dari rusaknya air radiator yaitu kendaraan kesayangan akan lebih sering mogok atau sulit untuk dihidupkan.

Lalu apakah wajar kalau air radiator cepat berkurang? Tentu saja tidak. Ada beberapa penyebab air radiator mobil cepat habis padahal tidak bocor seperti pembahasan dibawah ini!

Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis dan Mesin Cepat Panas

Seperti yang sudah Sahabat tahu, jika air radiator rusak maka akan berpengaruh kepada kesehatan mesin seperti mesin mobil akan lebih cepat panas. Lantas, sebenarnya apa sih yang menjadi penyebabnya? Kenapa air radiator mobil cepat habis padahal tidak bocor?

Jika Sahabat sudah penasaran jawabannya, langsung saja simak beberapa penyebabnya dibawah ini :

1. Sirip Radiator Bocor

Bila sirip pada radiator mengalami kebocoran, maka hal satu ini bisa saja menjadi penyebab air radiator mobil cepat habis. Mesin kendaraan yang terus berputar dan berjalan, menyebabkan Anda tidak mengetahui sirip radiator bocor.

Hal ini terjadi karena sirip radiator berada di lokasi yang sangat susah untuk dijangkau dan dilihat. Lazimnya kebocoran terjadi karena adanya penguapan.

Untuk mengatasinya, Anda harus memastikan bagian terpenting dari radiator secara rutin. Dengan begitu, Anda bisa mengantisipasi jika terdapat kebocoran yang terjadi pada bagian siripnya.

Apabila hal ini telah terindikasi, maka hendaknya Anda membawa kendaraan kesayangan langsung ke tempat servis resmi atau bengkel demi mencegah penyebab air radiator cepat habis.

Baca Juga : 5 Tanda Air Radiator Mobil Habis & Cara Mengatasinya

2. Terjadinya Kebocoran pada Kompresi Mesin

Apa penyebab air radiator mobil selalu habis? Tak hanya sirip saja, bila kompresi mesin mengalami kebocoran maka hal ini merupakan salah satu penyebab yang wajib Anda ketahui.

Umumya, kebocoran pada kompresi mesin terjadi karena kala Anda membuka tutup radiator bersamaan dengan mesin yang dinyalakan. Dengan begitu, kompresi mesin akan mengeluarkan gelembung tiada henti.

3. Rusaknya Water Pump

Water pump atau dikenal dengan istilah pompa air merupakan komponen yang berperan untuk memompa serta mengatur sirkulasi air yang terdapat di dalam tangki bawah radiator menuju mesin.

Penyebab air radiator cepat habis selanjutnya yaitu ketika pompa air atau water pump alami kerusakan atau bocor. Bahkan kala pompa air rusak atau bocor, maka mobil tidak akan bisa dijalankan akibat mesin terus berada dalam keadaan panas dan terjadi overheat. Hal ini terjadi karena air radiator akan terbuang dalam jumlah yang banyak.

Baca juga: Air Radiator Mobil yang Bagus

4. Selang pada Radiator Kurang Rapat

Pastinya sebagian besar pemilik kendaraan roda empat tidak ingin merasakan air radiator cepat habis. Namun terkadang masalah ini terus menimpa siapa saja karena beragam penyebab, misalnya saja selang radiator yang kurang rapat.

Bila kondisi ini terjadi di kendaraan kesayangan, maka air radiator pada mesin akan terus keluar dari celah yang dimunculkan.

5. Tutup Radiator Telah Rusak atau Sudah Melemah

Apa penyebab air radiator mobil cepat habis padahal tidak bocor? Salah satu penyebab yang seringkali terjadi yaitu ketika tutup radiator mengalami kerusakan atau memang sudah melemah.

Hal ini terjadi karena kendaraan sering digunakan dalam waktu yang lama, sehingga seal pada tutup radiator alami kerusakan. Tak hanya itu saja, seal tutup radiator juga tidak akan bisa menahan tekanan air panas.

Berkendara dengan nyaman memang hal yang selalu diidam idamkan oleh sebagian besar orang. Untuk itu, setiap pemilik kendaraan selalu diminta melakukan perawatan mobil secara berkala. Misalnya dengan melakukan kuras dan ganti air radiator mobil secara rutin.

Hal ini diperlukan, mengingat seringnya pemakaian kendaraan serta untuk mencegah adanya kerusakan yang terjadi pada komponennya salah satunya air radiator.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Fungsi Timing Light dalam Otomotif & Cara Menggunakannya

2023-03-21

Fungsi timing light dalam dunia oto

thumbnail

Mesin Kendaraan Tidak Stabil? Berikut Cara Menurunkan RPM Mobil Injeksi

2020-12-29

Berbahagialah Anda bila memiliki mobil dengan sistem injeksi. Karena kendaraan yang dibekali sistem satu ini memiliki performa bagus serta pemakaiannya yang lebih halus.

thumbnail

Jangan Keliru, Ini Perbedaan Subwoofer 2 Ohm dan 4 Ohm

2021-03-24

Anda mungkin sering melihat pecinta musik lebih memilih menggunakan speaker dibandingkan dengan headset. Pasalnya, suara speaker memiliki performa yang lebih natural unt

thumbnail

Fungsi Bushing Arm Mobil yang Jarang Diketahui

2021-01-04

Fungsi bushing arm mobil adalah hal yang jarang diketahui, padahal sangat penting diketahui oleh para pemilik mobil. Dengan mengetahui fungsi tersebut, Sahabat bisa lebi