Logo Daihatsu
Menu

Agar Tak Menyesal Nanti,Ajari Anak 4 Kebiasaan Menyetir yang Baik Ini

Tips & Trick

2020-11-24

menyetir mobil

Seringkali kita melihat banyak pengendara baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat yang masih mengenakan seragam sekolah. Rata-rata mereka adalah anak-anak yang masuk dalam kategori belum cukup umur untuk mengendarai roda dua dan empat serta memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

Namun pemandangan ini tak lepas dari kurangnya kepedulian orang tua terhadap keselamatan anak-anak. Bahkan banyak juga orang tua yang tidak mengajari anak-anaknya bagaimana menyetir dengan baik, terutama untuk roda empat. Tak heran jika kasus kecelakaan yang melibatkan anak-anak tanpa SIM makin banyak terjadi, nahasnya seringkali menimbulkan korban.

Itulah pentingnya mengajarkan anak-anak soal tata cara menyetir yang baik. Tentunya hal ini bertujuan agar nantinya saat anak sudah beranjak dewasa mereka sudah bisa mengerti kapan waktunya yang tepat untuk bisa mengendarai suatu kendaraan sekaligus sudah punya pondasi dasar saat mengemudi nanti.

Berikut 4 hal yang wajib diajarkan pada anak-anak saat berkendara.


1. Ajarkan soal kontrol emosi saat berada di jalan raya 

Jangan sesekali Anda berkendara di depan anak saat dalam kondisi emosi. Buang jauh-jauh segala umpatan atau gerakan emosi meskipun saat itu dirimu sudah tidak bisa menahan lagi. Apalagi kebiasaan anak-anak sekarang mudah mengikuti apa yang dicontohkan anak dewasa. Saat kondisi itu terjadi sebaiknya Anda lebih sabar dan legowo bila ada pengemudi lain yang membuatmu dongkol.

2. Beri mereka pemahaman soal pentingnya menaati rambu lalu lintas 

Seringkali anak-anak baru memahami soal simbol-simbol rambu lalu lintas ketika sedang mengikuti tes untuk mendapatkan SIM. Padahal hampir setiap hari mereka diajak berkendara, mestinya sebagai orang yang lebih tua kita sudah mengejari soal simbol-simbol ini, tidak mesti semuanya namun beberapa yang penting saja. Tanamkan pada dirinya sedini mungkin pentingnya menaati simbol-simbol tersebut serta bahaya jika mengabaikannya.

3. Jangan Lakukan Kebiasaan Buruk Saat Menyetir di Depan Anak

Jangan sekali-kali melakukan kebiasaan buruk saat menyetir seperti memainkan HP, berhenti disembarang tempat, menerobos lampu merah dan lain sebagainya. Setelah sebelumnya Anda memberikan pemahaman soal menyetir yang baik, sebaiknya Anda juga mempraktekan hal tersebut didepan dia. 

4. Beritahu ia soal bagaimana pentingnya merawat kendaraan

Biasanya poin ini sering dilupakan, padahal salah satu yang paling penting. Merawat kendaraan artinya ada keterikatan antara pengendara dan kendaraannya. Tunjukkan kepada anak bagaimana caranya mengecek oli atau kapan mestinya mengganti ban, sehingga pada saatnya nanti ia mulai mengendarai sendiri tidak kaget jika sewaktu-waktu mengalami masalah pada kendaraannya.


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail
New

Jenis-jenis Bawang Putih dan Ciri-cirinya

2020-11-24

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang sering dipakai dan memiliki banyak jenis. Setiap jenis dari bawang putih memiliki ciri-ciri dan kelebihan tersendiri.

thumbnail
New

Tips Menabung untuk Memenuhi Kebutuhan dalam Jumlah Besar

2020-11-24

Kebutuhan dan keinginan yang dimiliki setiap orang berbeda-beda dan tidak dapat dengan mudah didapatkan meskipun dalam kondisi sudah bekerja dan memiliki penghasilan sen

thumbnail
New

7 Cara Membuka Usaha Secara Bertahap Agar Lancar

2020-11-24

Memulai sebuah usaha memang bukan langkah yang mudah. Saat seseorang memutuskan untuk membuka usaha, pasti sudah banyak hal yang dipikirkan sebelum melakukan eksekusinya. Tidak sedikit orang yang j

thumbnail
New

Doa Ketika Turun Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang agar Berhenti

2020-11-24

Dikala musim penghujan tiba, pastinya banyak orang yang mendambakannya. Lantaran turunnya hujan merupakan suatu anugerah yang didatangkan dari Sang Pencipta. kepada para