Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Awas! 10 Makanan ini Bikin Kamu Ngantuk Saat Berkendara
02 Oktober 2018
makanan bikin ngantuk

Biasanya banyak orang yang merasa mengantuk saat berkendara, karena dirinya kelelahan. Padahal penyebabnya banyak sekali loh, bukan hanya karena merasa dirinya capek dan stres saja. Bisa jadi sebelum berkendara, kamu mengkonsumsi makanan yang bisa membuat kamu lebih rileks dan menyebabkan kamu mudah mengantuk. Nah, berikut ini adalah makanan yang bisa membuat kamu cepat mengantuk.

1. Oatmeal

Oatmeal menjadi makanan yang bisa membuat Sahabat ngantuk lebih cepat. Kenapa? Karena, oatmeal mampu memicu produksi insulin pada tubuh dan juga meningkatkan kadar gula. Selain itu, oatmeal juga mengandung melatonin yang bisa membuat tubuh kamu menjadi lebih tenang. Makanya, nggak heran kalau memakan oatmeal kamu akan lebih cepat mengantuk. Bahkan sampai ada yang mengatakan kalau oatmeal merupakan obat tidur loh Sahabat.

2. Salad

Ternyata roti gandum yang dimakan pagi hari bisa membuat kadar gula kamu menjadi naik. Makanya nggak heran kalau kamu menjadi lebih aktif dan energik. Akan tetapi, kandungan glukosa pada roti gandum juga cepat sekali menurun. Sehingga, bisa membuat kamu lebih cepat mengantuk juga. Jadi, makan roti gandum seperlunya saja ya!

3. Roti Gandum

Oatmeal menjadi makanan yang bisa membuat kamu ngantuk lebih cepat. Kenapa? Karena, oatmeal mampu memicu produksi insulin pada tubuh dan juga meningkatkan kadar gula. Selain itu, oatmeal juga mengandung melatonin yang bisa membuat tubuh kamu menjadi lebih tenang. Makanya, nggak heran kalau memakan oatmeal kamu akan lebih cepat mengantuk. Bahkan sampai ada yang mengatakan kalau oatmeal merupakan obat tidur loh Sahabat.

4. Kacang Kenari

Kacang kenari mengandung tryptophan yang juga bisa menghasilkan melatonin sendiri. Sehingga kacang kenari juga bisa meningkatkan hormon darah menjadi naik. Makanya kalau kamu memakan kacang kenari akan merasa cepat mengantuk.

5. Ikan Berminyak

Ikan berminyak adalah ikan yang pada dagingnya mengandung banyak minyak. Contohnya seperti ikan tuna, ikan salmon, ikan sarden, ikan teri dan lain sebagainya. Walaupun ikan berminyak mengandung vitamin A dan D, ikan tersebut juga mengandung asam yang bisa meningkatkan produksi melatonin. Produksi asam tersebut mengurangi hormon darah dan stres. Makanya banyak orang yang mudah mengantuk setelah memakan ikan berminyak, Sahabat.

6. Susu

Susu di sini bisa termasuk susu kemasan dan produk yang mengandung susu seperti keju dan yogurt. Produk yang mengandung susu memang bisa membuat kamu menjadi rileks dan mengurangi stres. Jika Sahabat mengkonsumsi produk yang mengandung susu, maka tidur kamu akan menjadi nyenyak. Makanya nggak heran deh, kalau banyak orangtua yang menyuruh anaknya mengkonsumsi susu sebelum tidur.

7. Nasi Putih

Pasti banyak deh orang-orang yang sehabis makan nasi putih merasa mengantuk, benar kan? Yups, nasi putih ternyata mengandung indeks glikemik yang begitu tinggi. Peneliti mengatakan, kalau kandungan indeks glikemik inilah yang menyebabkan kamu lebih mudah mengantuk.

8. Buah Ceri

Buah ceri yang dimaksud adalah buah ceri yang berjenis ceritart. Buah ceri tersebut mengandung melatonin yang cukup tinggi. Kalau kamu hanya memakan 1 buah ceri memang tidak berpengaruh. Akan tetapi, kalau kamu memakannya sampai sebanyak mungkin, ini akan membuat kamu merasa lebih rileks dan menyebabkan ngantuk.

9. Pisang

Selain buah ceri, buah pisang ternyata juga bisa membuat kamu mengantuk loh Sahabat. Bedanya, buah pisang mengandung vitamin B6 yang mampu merubah zat triptofan pada tubuh menjadi serotonin yang bisa membuat kamu lebih santai dan rileks.

10. Almond

Percaya atau tidak kalau almond bisa membuat irama jantung kamu lebih stabil loh Sahabat. Kenapa? Karena, almond mengandung triptofan dan magnesium yang sangat tinggi. Kedua kandungan ini berfungsi untuk membuat tubuh kamu menjadi rileks dan perlahan-lahan akan membuat kamu cepat mengantuk.

Jadi Sahabat, kalau ada rencana ingin berkendara menggunakan mobil. Pastikan kamu tidak memakan makanan tersebut secara berlebihan ya! Karena, bisa membahayakan nyawa kamu dan juga orang lain.

Baca juga : Nyaman dan Aman Saat Berkendara, Ini 7 Tips Menyetir Mobil Jarak Jauh

Tips Sahabat Lainnya
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku