Logo Daihatsu
Menu

Berkendara Dengan Banyak Muatan, Ini 6 Resiko Yang Bisa Terjadi

Tips & Trick

2020-09-08

mobil banyak muatan

Saat akan melakukan perjalanan jauh, sepertinya sudah menjadi kebiasaan kalau kita terbiasa membawa banyak barang yang akan dibutuhkan. Sehingga mobil akan memiliki muatan yang berlebih dari kapasitas yang dianjurkan.

Tentunya hal ini akan membuat keamanan saat berkendara berkurang. Dengan demikian, maka resiko kecelakaan juga menjadi semakin tinggi karena berkurangnya stabilitas dan manuver akan membuat antisipasi dan respon mobil menjadi berkurang saat menghadapi situasi yang mendadak.

Resiko Berkendara dengan Banyak Muatan

Berikut resiko yang bisa ditimbulkan dari mengendarai mobil dengan muatan banyak:

1. Di Tilang Polisi

Di Indonesia sendiri mobil dengan muatan banyak dipastikan akan ditindak oleh polisi. Karena akan melanggar pasal 307 jo pasal 169 ayat 1 menjelaskan kalau muatannya tidak sesuai peraturan yang berlaku, Anda bisa di kenai denda tilang sebesar Rp 500.000.

2. Bensin Anda Boros

Mobil yang membawa banyak beban akan boros bahan bakar. Banyaknya barang di dalam mobil membuat mobil lebih berat dan pedal gas harus diinjak lebih dalam. Hasilnya, energi yang dibutuhkan pun lebih banyak sehingga bahan bakar mobil semakin cepat habis. 

3. Bahaya Ban Akan Meledak

Efek buruk dari muatan mobil yang berlebihan juga akan menjalar ke ban mobil. Kendati ban dapat menanggung beban berat, namun jika digunakan untuk menempuh jarak jauh, ban bisa saja meledak dan berpotensi mengancam keselamatan penumpang.

4. Akan Menimbulkan Bahaya Saat Berbelok

Mobil terasa limbung saat berada ditikungan karena bermuatan penuh. Terutama bila kita menempatkan barang di atap mobil akan semakin mengurangi kemampuan mobil untuk bermanuver. Resiko kecelakaan sangat besar, mengingat jalur yang dilewati yang berkelok penuh tanjakan dan jurang di kanan dan kiri jalan. 

5. Akselerasi Lambat

Semakin berat beban mobil maka beban mesin akan bertambah, dan efeknya akselerasi menjadi berkurang. Karena itu bersabarlah dan harus rela jika mobil disalip mobil lain.

6. Membuat Berkendara Jadi Tidak Nyaman

Terakhir adalah komponen suspensi. Jangan biarkan muatan berlebih menyiksa suspensi. Apabila mobil mengenai lubang, suspensi akan menjadi sulit memantul akibat beban berlebih, sehingga kenyamanan berkendara berkurang. Yang paling parah, suspensi dapat patah karena hal tersebut.


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail
New

4 Fungsi Televisi Head Unit Din yang Perlu Kamu Ketahui!

2020-09-08

Bagi Sahabat pecinta film, tidak perlu lagi murung kalau kena macet di jalan. Kamu bisa bawa koleksi film favorit lewat Flash Disk dan DVD, langsung aja nonton di

thumbnail
New

Jadi TKI Lewat Agen Kerja Luar Negeri dan Keuntungannya

2020-09-08

Agen kerja luar negeri merupakan pihak ketiga yang memiliki izin resmi dari Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) untuk menyalurkan tenaga kerja ke luar negeri. Pekerja Migran Indonesia (P

thumbnail
New

Nyaman dan Aman Saat Berkendara, Ini 7 Tips Menyetir Mobil Jarak Jauh

2020-09-08

Hai Sahabat, pastinya kamu pernah melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan kendaraan pribadi, bukan? Walaupun melelahkan, tetap saja masih banyak orang memilih menggu

thumbnail
New

Daftar Makanan Khas Indonesia yang Dibuat dari Jagung

2020-09-08

Makanan khas Indonesia bisa dibuat dari apa saja, termasuk jagung. Makanan khas Indonesia yang dibuat dari jagung sendiri cukup banyak. Beberapa di antaranya ada yang di