Logo Daihatsu
Menu

Berkendara Dengan Banyak Muatan, Ini 6 Resiko Yang Bisa Terjadi

Tips & Trick

2020-09-08

mobil banyak muatan

Saat akan melakukan perjalanan jauh, sepertinya sudah menjadi kebiasaan kalau kita terbiasa membawa banyak barang yang akan dibutuhkan. Sehingga mobil akan memiliki muatan yang berlebih dari kapasitas yang dianjurkan.

Tentunya hal ini akan membuat keamanan saat berkendara berkurang. Dengan demikian, maka resiko kecelakaan juga menjadi semakin tinggi karena berkurangnya stabilitas dan manuver akan membuat antisipasi dan respon mobil menjadi berkurang saat menghadapi situasi yang mendadak.

Resiko Berkendara dengan Banyak Muatan

Berikut resiko yang bisa ditimbulkan dari mengendarai mobil dengan muatan banyak:

1. Di Tilang Polisi

Di Indonesia sendiri mobil dengan muatan banyak dipastikan akan ditindak oleh polisi. Karena akan melanggar pasal 307 jo pasal 169 ayat 1 menjelaskan kalau muatannya tidak sesuai peraturan yang berlaku, Anda bisa di kenai denda tilang sebesar Rp 500.000.

2. Bensin Anda Boros

Mobil yang membawa banyak beban akan boros bahan bakar. Banyaknya barang di dalam mobil membuat mobil lebih berat dan pedal gas harus diinjak lebih dalam. Hasilnya, energi yang dibutuhkan pun lebih banyak sehingga bahan bakar mobil semakin cepat habis. 

3. Bahaya Ban Akan Meledak

Efek buruk dari muatan mobil yang berlebihan juga akan menjalar ke ban mobil. Kendati ban dapat menanggung beban berat, namun jika digunakan untuk menempuh jarak jauh, ban bisa saja meledak dan berpotensi mengancam keselamatan penumpang.

4. Akan Menimbulkan Bahaya Saat Berbelok

Mobil terasa limbung saat berada ditikungan karena bermuatan penuh. Terutama bila kita menempatkan barang di atap mobil akan semakin mengurangi kemampuan mobil untuk bermanuver. Resiko kecelakaan sangat besar, mengingat jalur yang dilewati yang berkelok penuh tanjakan dan jurang di kanan dan kiri jalan. 

5. Akselerasi Lambat

Semakin berat beban mobil maka beban mesin akan bertambah, dan efeknya akselerasi menjadi berkurang. Karena itu bersabarlah dan harus rela jika mobil disalip mobil lain.

6. Membuat Berkendara Jadi Tidak Nyaman

Terakhir adalah komponen suspensi. Jangan biarkan muatan berlebih menyiksa suspensi. Apabila mobil mengenai lubang, suspensi akan menjadi sulit memantul akibat beban berlebih, sehingga kenyamanan berkendara berkurang. Yang paling parah, suspensi dapat patah karena hal tersebut.


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

3 Arti Warna pada Lampu Lalu Lintas, Ini Penjelasannya!

2022-10-17

Ketika berada di persimpangan jalan, pasti Anda pernah bertanya-tanya mengapa lampu lalu lintas berwarna merah, kuning, dan hijau? Mengapa tidak menggunakan warna la

thumbnail

Mengulik Lebih Dalam Sejarah Kerajaan Kalingga

2021-03-31

Kerajaan Kalingga atau yang juga biasa disebut dengan Kerajaan Holing, merupakan kerajaan bercorak Hindu Budha. kerajaan ini  pertama kali muncul di wilayah pantai

thumbnail

7 Cara Menjaga Kebersihan Diri yang Harus Dibiasakan Setiap Hari

2021-01-16

Kebersihan diri sangat erat kaitannya dengan rutinitas menjaga kesehatan. Oleh karena itu, sahabat perlu menjadikan kebersihan diri sebagai salah satu prioritas selama m

thumbnail

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11 Dibuka, Perhatikan 5 Hal Ini

2020-11-04

Banyak polemik yang muncul dari penyelenggaraan program Kartu Prakerja. Evaluasi juga telah dilakukan untuk dapat mengoptimalkan fasilitas bantuan ini kepada masyarakat. Bagi siapa pun yang ingin m